Mengenal Ragam Burung Kenari Alam Liar

Mengenal ragam burung kenari liar-Kecil itu indah atau small is beautiful adalah ungkapan yang tepat untuk disematkan kepada burung kenari. Betapa tidak, dengan ukuran tubuhnya yang mungil, corak warna yang beragam, suara yang kuat, serta merdu melengking,, burung kenari sungguh menarik minat para penggemar burung.

Harus diakui bahwa burung merupakan salah satu jenis satwa yang banyak dipilih untuk dipelihara. Sebagian masyarakat masih memercayai bahwa memelihara burung akan membawa keberuntungan dan kicauan atau nyanyian suara burung dapat menenangkan pikiran atau menurunkan stres, sehingga belum lengkap rasanya jika di rumah tidak terdengar kicauan burung.

Artikel terkait.

Sebagian salah satu jenis satwa yang tersebar di seluruh dunia, jumlah jenis burung dapat mencapai sebanyak 8.000 jenis. Dari sekian banyaknya jenis burung, burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang akhir-akhir ini menjadi primadona.Mengenal Ragam Burung Kenari Alam Liar

Burung kenari yang dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Serinus canaria, termasuk ke dalam Famili Fringilidae atau burung pemakan biji. Burung kenari banyak digemari sebagai hewan peliharaan untuk dinikmati keindahan warna tubuh dan suaranya, selain itu burung kenari pun sudah masuk ke warna tubuh dan suaranya, selain itu burung kenari pun sudah masuk ke dalam kontes-kontes burung dan sudah memiliki kelas sendiri.

Nenek moyang dari beragam burung kenari yang kita kenal di dunia berasal dari kepulauan Caary di Samudera Atlantik, Azors, Madeira, hingga ke Bermuda. Sejak Italia menyebarluaskan burung kenari keberbagai negara di Eropa seperti Rusia, Jerman, dan Inggris, burung kenari terus berkembang menjadi salah satu jenis burung yang diperdagangkan secara luas di berbagai belahan dunia sehingga mempunyai keragaman jenis yang bermacam-macam.

Adanya keragaman jenis burung kenari yang ditandai dengan karakter warna, bentuk tubuh, serta kemerduan suara, merupakan hasil dari program pembiakan melalui rekayasa genetik atau persilangan antarjenis (cross-breeding). Sehingga tidak mengherankan jika di beberapa pasar burung di Indonesia, selain kita mengenal banyak ragam burung kenari impor, kita juga menemukan kenari jenis lokal.

Peluang Bisnis di Rumah Sendiri

Penggemar burung kenari terus meningkat, baik sebagai penghobi yang hanya menyalurkan kesenangan terhadap keindahan burung kenari, maupun sebagai penangkar (breeder) yang melakukan usaha pengembangbiakan.

Artikel terkait.

Pilihan untuk menjadikan penangkaran burung kenari sebagai salah satu unit usaha ekonomi (bisnis) perlu terus didorong. Penangkaran burung kenari menjanjikan keuntungan besar di kalangan penggemar burung. Pasalnya, harga jual burung kenari hingga kini masih cukup mahal dan relatif stabil.

Di Indonesia sendiri burung kenari mempunyai urutan tertinggi sebagai jenis burung berkicau yang paling banyak dipelihara masyarakat, berdasarkan survei yang diadakan Burung Berkicau (2006). Survei yang dilakukan di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar menyatakan bahwa dari 1.417 responden yang memelihara 10 jenis burung berkicau, 424 responden diantaranya memilih burung kenari sebagai burung peliharaannya. Pada urutan kedua terdapat burung cenden sebanyak 171 responden dan menempati urutan terbawah burung parkit dengan 51 rsponden.

Burung kenari dikenal sebagai burung berkicau yang mempunyai pasaran yang stabil. Maksudnya, tingginya permintaan kenari tidak bergantung musim atau tidak naik-turun, seperti burung perkutu. Dengan kestabilan permintaan pasar, harga burung kenari pun relatif stabil.

Kestabilan harga tersebut sangat menguntungkan bagi penghobi dan juga penangkar burung kenari. Permintaan burung kenari yang tinggi, berbanding lurus dengan peluang bisnis di masyarakat.

Peluang bisnis penangkar burung kenari semakin terbuka lebar, selain dilihat dari permintaan yang stabil juga dari kemudahan menangkarkan burung berkicau ini. Dengan arti lain, burung kenari kini bukan hanya dicari untuk dipelihara saja, tetapi juga dapat menjadi komoditas untuk menunjang penghasilan dan ekonomi masyarakat.

Meraih sukses dalam usaha penangkaran burung kenari memang tidak mudah, Seringkali kesuksesan seseorang dimulai dari kemampuannya bangkit dari setiap kegagalannya. Namun, bukan berarti memulai dari kegagalan merupakan satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan dapat dimulai dengan cara belajar dan mengambil kiat sukses dari orang lain.

Tulisan terkait :
loading...
Mengenal Ragam Burung Kenari Alam Liar | Penulis | 4.5