Mengenal Jenis Mutiara Hasil Budidaya

Mengenal jenis mutiara Hasil budidaya.Maraknya penggunaan batu Permata kususnya Batu mutiara baik secara alami maupun hasil budidaya sebagai perhiasan membuat harga beberapa jenis batu perhiasan semakin mahal.kali ini kita akan mengenal jenis mutiara hasil budidaya.

Beberapa jenis perhiasan harganya makin meningkat dan juga cukup langka. Permintaan yang meningkat tak diimbangi dengan stok yang melimpah. Salah satu jenis perhiasan yang keberadaannya cukup terbatas adalah mutiara.

Artikel terkait.

Mutiara atau Pearl merupakan benda keras yang terdapat pada binatang laut yaitu Moluska. Mutiara memang hanya bisa ditemukan di dalam jaringan lunak dari Kerang. Tak sembarang jenis Kerang yang bisa menghasilkan Mutiara, karena jenis Kerang yang bisa menghasilkan Mutiara hanya ada beberapa di dunia.

Sulitnya mencari Kerang Mutiara inilah yang membuat batu Mutiara ini jadi langka dan berimbas pada mahalnya harga batu yang kerap dijadikan kalung tersebut. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini yang sudah dilakukan, yaitu dengan budidaya Kerang Mutiara. Meskipun cukup berhasil budidaya Kerang Mutiara ternyata masih belum bisa memenuhi permintaan pasar.Mengenal mutiara hasil budidaya

Budidaya Kerang Mutiara menghasilkan jenis batu Mutiara di dunia. Meskipun begitu, masih ada juga orang yang kerap mencari Kerang Mutiara liar di laut. Hal ini karena Mutiara dari Kerang liar tersebut lebih alami dan tentu saja harganya lebih mahal.

Ada beberapa jenis Mutiara yang dikenal dan dijual di pasaran. Mutiara-mutiara ini jenisnya cukup beragam yang dihasilkan secara alami atau juga budidaya. Berikut ini beberapa jenis Mutiara berdasarkan cara budidayanya yang ada di pasaran.

1. Mutiara Air Tawar

Seperti namanya, Mutiara jenis ini diperoleh dari Kerang yang dibudidayakan di air tawar. Bentuknya tidak bulat sempurna dan cenderung lonjong. Warna dari Mutiara jenis ini cukup beragam mulai dari putih, orange, hingga kuning.

Artikel terkait.

2. Mutiara Air Laut

Mutiara jenis ini diperoleh dari pengembang biakan Kerang di air laut. Ciri utama dari Mutiara jenis adalah bulat dan kadang tak beraturan. Untuk warna, Mutiara Air laut dominan putih dengan variasi warna kuning, abu-abu, hitam dan juga emas. Untuk harga sendiri, Mutiara air laut lebih mahal daripada Mutiara air tawar.

Baca juga: cara tes keaslian Batu pirus

Itu tadi beberapa jenis Mutiara berdasarkan cara budidayanya. Kelangkaan Mutiara membuat harga dari perhiasan ini selalu meningkat. Tak heran, karena untuk mendapatkannya diperlukan usaha ekstra dan tidak mudah dilakukan.

Tulisan terkait :
loading...
Mengenal Jenis Mutiara Hasil Budidaya | Penulis | 4.5