Mendistribusikan Dan Pemasaran Ikan Pasca Panen

Kegiatan lain dari pasca panen adalah mendistribusikan dan Pemasaran ikan-ikan yang telah di panen.cara ini ada dua macam,yaitu pengangkutan secara hidup sesuai dengan permintan konsumen atau dalam keadaan mati,akan tetapi ikan masih segar.pengangkutan ikan sebaiknya pada suhu udara yang masih rendah.misalkan pagi,sore atau bahkan malam hari.

unduhan (4)

Gambar google

Pengangkutan pada saat seperti ini akan mengurangi resiko yang akan di peroleh dengan bertambahnya karbondioksida.berkurangan oksigen karena respirasi dan adanya akumulasi bahan buangan seperti sakresi atau kotoran yang dapat meningkatkan amonia dan senyawa metabolit lainya.

Artikel terkait.

Air yang di gunakan sebagai pengangkutan sebaiknya air jernih dengan kandungan oksigen terlarut yang tinggi dan bebas hama penyakit dan racun.selama pengangkutan,obat-obatan dan aktiseptik yang dapat di gunakan antara lain garam kristal dengan dosis 1 gram per liter,Elbayu 2 mg per liter.

Untuk keperluan trasportasi ikan hidup,ada dua cara yang bisa di gunakan,yaitu dengan cara terbuka dan cara tertutup.penggunaan kedua cara tersebut tergantung pada jauh dekatnya jarak yang akan di tempuh dan lama atau singkatnya perjalanan atau efiensi pengangkutan tersebut.

Selama pengangkutan,suhu air media di pertahankan rendah atau berkisar 21-25%c untuk mengurangi konsumsi oksigen.bila itu tidak di perlukan,es batu pada wadah plastik packing bisa di tambahkan.terutama pada pengangkutan secara jarak jauh yang melalu darat atau lewat pesawat terbang.

Penanganan ikan saat panan di lakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Lakukan panen ikan saat pagi,sore atau malam hari setelah ikan di puasakan terlebih dahulu.
  2. Sesuaikan jaring yang di gunakan saat panen dengan ukuran ikan.
  3. Lakukan penagkapan dengan hati-hati.
  4. Ginakan oksigen murni atau erasi jika di perlukan.

Berikut ini penanganan ikan sebelum saat panen.

  • Lakukan pemberokan atau puasa sebelum ikan di trasportasikan untuk mengurangi polutan hasil metabolisme,untuk perjalanan lebih dari 12 jam,sebaiknya pemberokan di lakukan lebih dari 24 jam.
  • Lakukan sortasi dengan hati-hati teruta terhadap ikan hasil polikultur.sebaiknya lakukan sortasi berdasarkan spesies,sebelum berdasarkan ukuran.
  • jika melakukan penimbangan,sebaiknya di lakukan treatment dengan obat anti parasit.
  • Lakukan packing dengan hati-hati.

Secara umum ada dua cara melakukan transportasi ikan,yaitu dengan cara sistem tertutup dan sistem terbuka,sistem transportasi tertutup umum di lakukan untuk telur,larva,benih,konsumsi dan induk.sementara untuk induk dan ikan konsumsi,sistem trasportasi bisa menggunakan sistem terbuka.

Tulisan terkait :
loading...
Mendistribusikan Dan Pemasaran Ikan Pasca Panen | admin | 4.5