Mendatangkan Burung Walet Menggunakan Pakan dan Air Sarang

Mendatangkan burung walet menggunakan pakan dan air sarang.Burung Walet merupakan burung yang menyukai sarang berukuran kecil dan lunak.Penyediaan pakan tambahan diharapkan memancing kedatangan walet ke gedung baru. Penyediaan pakan (extra fooding) bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu persediaan pakan di dalam gedung dan di luar gedung.

Penyediaan makanan di dalam gedung/rumah walet dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Artikel terkait.
  • Tebarkan jerami di lantai rumah kemudian perciki jerami tersebut dengan air, setelah jeraminya membusuk maka hama pun akan keluar, hal ini dimaksudkan untuk memunculkan para hama sumber pakan walet.
  • Tebarkan pecahan beras (menir) yang diperciki air. Setelah 4-5 bulan kutu-kutu dari pecahan beras tersebut akan mulai muncul.
  • Menimbun bekatul, jagung, gabah, dan gaplek, jika memungkinkan tebar bahan-bahan tersebut seluas 1-2 m persegi.Mendatangkan Burung Walet Menggunakan Pakan dan Air Sarang

Penyediaan makanan di luar gedung/rumah walet dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menanam pohon penghasil serangga.
  • Menumpuk buah-buah busuk di pekarangan rumah.
  • Menimbun sampah organik, kotoran ternak, dan menumpuk jerami basah.
  • Buatlah kolam yang tidak jauh dari rumah walet sekitar 1-2 m. Air kolam sebaiknya diambil dari sungai atau rawa-rawa karena mengandung jentik larva, keberadaan kolam di sekitar rooving area juga dapat memikat walet untuk memasuki gedung.

Ketersediaan makanan yang berlimpah di sekitar gedung maupun di dalam gedung akan membuat walet merasa nyaman dan betah untuk tetap tinggal dan berkembang biak, hal ini dikarenakan walet memiliki jam makan yang sangat unik dan tersusun rapih.

Menggunakan sarang imitasi/palsu

Metode sarang imitasi atau sarang palsu cenderung diterapkan di gedung yang mulali terisi oleh walet, disebut sarang imitasi karena bukan sarang asli, melainkan sarang palsu, sarang buatan manusia. Bahannya bisa dari plastik, karet, kain, rerumputan, daun cemara kering atau karton. Warnanya ada yang putih ada yang cokelat.

Bentuknya ada yang balkom/mengkok, ada yang sudut. Sarang imitasi bisa bikin sendiri atau membli di penyedia perlengkapan budidaya walet. Biarkan bukan sarang asli, namun walet mau menggunakan sarang palsu ini. Walet tidak pilih-pilih. Apapun bahan sarang imitasi tersebut. bagi walet yang penting ada tempat nyaman untuk meletakkan tubuhnya. Seolah-olah itu juga sarnag asli. Pemasangan sarang imitasi menempel di papan sirip seperti sarang asli.

Sarang imitasi ini dibuat dari kertas duplek yang dibentuk seperti mangkuk menyerupai sarang walet asli. Usahakan, kertas duplek ini jangan sampai tercemat oleh minyak, oli, atau zat kimia lainnya. Sebelum dipasang sarang-sarang tersebut diberi air liur walet. Dalam radius satu meter dipasang sarang kertas minimal empat buah dengan jarak masing-masing 20-25 cm.

Artikel terkait.

Pemasangan dilakukan di sirip-sirip gedung, terutama di sisi yang terlindungi sinar matahari.

Pemilik gedung/rumah walet kosong yang akan dipergunakan sebagai rumah seriti/walet, sebaiknya dipasang sarang-sarang imitasi berbahan baku daun cemara asli. Semakin banyak memasangnya, semakin besar kemungkinan rumah tersebut segera ddihuni oleh burung-burun seriti atau walet.

Pemilihan bahan sarang imitasi disesuaikan dengan kebutuhannya, untuk mmikat walet yang belum pernah ke gedung, sebaiknya menggunakan sarang imitasi yang terbuat dari daun cemara asli.

Keuntukngan menggunakan jenis sarang imitasi ini adalah:

  • Anak-anak burung seriti/walet liar mudah mengenali bahwa rumah kosong yang dipasangi sarang imitasi berbahan baku daun cemara asli sebagai rumah burung seriti/walet dan berani menempatinya.
  • Anak-anak burung walet hasil dari penetasan infuk asuhnya dapat dengan udah menempati sarang imitasi disebelah kanan dan kirinya sehingga tidak kabur ke rumah burung milik tetangga.
  • Burung seriti sebagai induk asuh anak-anak burung walet biasanya diusir oleh anak-anak asuhnya. Kalau pemilik memasang sarang imitasi berbagan baku daun cemara asli ini maka induk asuh tersebut akan dengan mudah membangun sarangnya diatas arang imitasi tersebut.
Tulisan terkait :
loading...
Mendatangkan Burung Walet Menggunakan Pakan dan Air Sarang | Penulis | 4.5