Mencegah Dan Mengobati Hama Dan Penyakit Pada Ikan Nila

Sebagai suatu kegiatan produksi pengendalian Hama Serta Penyakit pada budidaya ikan Nila juga sangat penting.jika anda menargetkan angka kematian sekita 4% dari jumlah ikan yang anda tebar,tentu sudah dapat memperkirakan berapa ekor ikan yang di toleransi untuk hilang di mangsa hama atau mati karena penyakit.

Jika angka kematian atau kehilangan ikan melebihi targetmhal itu berarti upaya pengendalian yang kita lakukan belumlah tergolong baik.

Bedasarkan artinya dalam kegiatan akuakultur,hama dan organisme yang di anggap mematikan dan merugikan bagi pembudidaya ikan.dengan demikian,tentu saja keberadaanya tidak di inginkan oleh para pembudidaya.untuk kita melakukan kegiatan pembasaran,tidak banyak hama yang sering menyerang ikan nila,namun demikian,beberapa di antaranya adalah ular dan burung pemangsa ikan.kebersihan lahan pembudidaya menjadi penting untuk di kelola agar serangan hama ular dapat kita hindari.

Untuk lahan budidaya yang dekat dengagan kawasan burung bangau pemakan ikan,pengendalian dapat kita lakukan dengan memasang orang-orangan di setiap tambak kita.

Jenis hama yang sering menyerang pada pemelihara ikan nila yang di mulai sejak Larva hingga ukuran 4-6 cm antara lain Notonecta dan cybester.hama menyerang benih ikan dengan cara menghisap cairan tubuh benih ikan yang berhasil di tangkapnya.

Dalam sehari saja,puluhan benih ikan Nila dapat mati karena serangan satu ekor hama jenis ini.serangan hama ini sering terjadi di kolam-kolam.cara penaggulangan dengan cara pengeringan kolam.oleh karena tergolong insekta,beberapa jenis inteksida yang dapat di gunakan untuk mencegah d engan dosis0,4-1,1cc air atau sesuai petunjuk dalam isi kemasan.images (7)

Dalam pengolahan kesehatan ikan,terdapat dua kegiatan yang dapat di lakukan,yaitu pencegahan dan pengobatan dari penyakit,kegiatan pencegahan lebih di sarankan untuk di lakukan karena cara ini akan menekan biyaya produksi yang di keluarkan di bandingkan dengan pengobatan.

Namun yang sering muncul jenis penyakit apa yang mau di cegah,apakah penyakit tersebut menyerang benih dan atau ukuran konsumsi? pertanyaan tersebut di ajukan untuk mempermudah dalam mengenali beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ikan nila,kegiatan kedua adalah dengan pengobatan penyakit.kegiatan ini di lakukan ketika di temukan adanya penyakit pada tubuh ikan.

Artikel terkait.

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbunya penyakit.

  1. Mengelola kualitas air tetap pada kondisi optimal agar ikan terhindar dari stras.
  2. Menjaga kwalitas dan kuantitas pakan yang di berikan sehingga kesehatan ikan terjaga.
  3. Melakukan senitasi dan desinfeksi wadah dan alat yang di gunakan.
  4. Melakukan karantina terhadap ikan yang baru masuk ke daerah pemeliharaan.
  5. Mengisolasi ikan yang menunjukan gejala penyakit secara visual.
  6. Mencegah penyakit dengan menambah bahan antiparasitik atau anti bekterial secara rutin.

Apabila terpaksa melakukan pengobatan ikan,perlu di perhatiakn seberapa hal penting,yaitu volume air,jumlah ikan,wadah uang di gunakan,penyakit yang menyerang serta jenis dan dosis obat.

 

Tulisan terkait :
loading...
Mencegah Dan Mengobati Hama Dan Penyakit Pada Ikan Nila | admin | 4.5