Menangani Merpati Ganti Bulu(Mabung)

Burung Merpati selalu mengalami proses ganti bulu(mabung). Begitu juga burung merpati. Ganti bulu/mabung ini dimulai ketika burung masih berumur 6 bulan atu 7 minggu. Disaat ini bulu-bulu berganti dari ”bulu-anak” ke ” bulu-dewasa”

Selanjutnya merpati dewasa akan berganti bulu setiap tahunnya. Gunanya untuk menggantikan bulu-bulunya yang aus dengan bulu-bulu baru. Sebelum orang tahu permasalahannya, orang mengira ganti bulu itu ada hubungannya dengan penyakit.

Artikel terkait.

Hal ini tidak lah aneh, sebab proses ganti bulu itu memang dapat menimbulkan penyakit, dalam arti bahwa proses ganti bulu merupakan hal yang wajar dan dialami oleh setiap burung, tetapi keadaan burung yang kekurangan gizi dan kurang mendapatkan perawatan yang tepat menyebabkan proses yang wajar dari ganti bulu itu tampak sebagai tidak wajar sebab burung dapat menjadi sakit.

Para ahli sudah sampai pada kesimpulan bahwa proses ganti bulu tidaklah berbahaya bagi merpati selama burung ini mendapatkan makanan yang baik dan gizi yang diperlukan untuk menguatkan tulang dan memproduksi bulu terpenuhi. Dengan demikian, cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan memberikan makanan yang mengandung kadar vitamin tinggi, termasuk memberikan minuman yang diberi larutan vitamin.Merpati mabung/Ganti bulu

Bagi para peternak merpati konsumsi, keadaan ganti bulu tidaklah selalu digubris, sehingga banyak yang membiarkan burung-burungnya tetap berkembang biak. Tetapi untuk mempertahankan mutu para peternak merpati pos dan merpati hias akan menangguhkan masa kawin burung-burung itu agar sewaktu pergantian bulu tidak bertepatan pada saat mengeram dan membesarkan anak.

Sebenarnya hal itu tidak akan menimbulkan masalah bagi burung yang sedang berganti bulu dalam membesarkan anak, asal selama itu burung cukup mendapat perawatan dan makanan yang diperlukan.

Karena ganti bulu itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, ada juga pihak yang “nakal” dengan mengusahakan agar burungnya berganti bulu sebelum waktunya, sehingga pada saat pertandingan atau pameran burung maka burung nya telah berganti bulu dan bulunya dalam keadaan yang terbaik.

Caranya dengan memisahkan suatu pasangan burung dan menahannya untuk tidak makan selama 24 jam, atau mengurangi frekuensi makan dari dua kali sehari menjadi sekali sehari. Karena orang memperkirakan masalah diet ada kaitannya dengan ganti bulu. Begitu proses ganti bulu hampir selesai maka makanan burung dikembalikan menjadi dua kali sehari.

Artikel terkait.

Ganti bulu itu banyak dipengaruhi oleh keadaan setempat (iklim dan cuaca), makanan (diet), penyakit, luka-luka akibat kecelakaan, atau faktor-faktor lain. Dengan adanya berbagai jenis burung, pengaruh yang disebutkan itu juga berbeda bagi jenis-jenis itu.

Tulisan terkait :
loading...
Menangani Merpati Ganti Bulu(Mabung) | Penulis | 4.5