Memilih Dan Memelihara Bibit burung Kenari Berkualitas

Memilih dan memelihara bibit burung kenari berkualitas-Untuk memulai suatu penangkaran burung kenari, baik sedang hobi ataupun dikembangkan sebagai suatu unit bisnis, kunci pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bibit atau bakalan calon induk yang baik.

Ketidaktepatan dalam memilih bakalan induk yang akan ditangkar dapat berdampak pada terjadinya kegagalan dalam penangkarannya. Meskipun pemilihan bibit bagus, tetapi tidak ditangani dengan teknik pemeliharaan bibit yang tepat, juga akan mengalami kegagalan dalam usaha penangkarannya. Jika kondisi ini terjadi, penangkar akan menanggung kerugian ekonomi dan waktu.

Artikel terkait.

Terdapat tiga hal penting yang harus diperhatikan terkait keputusan pemilihan bibit dan menentukan langkah teknis pemeliharaan agar usaha penangkaran burung kenari yang akan dikembangkan dapat berhasil. Hal tersebut, yakni sumber dan jenis bibit, kriteria bibit yang baik atau unggul, dan membedakan jenis kelamin.Memilih Dan Memelihara Bibit burung Kenari Berkualitas

Sumber dan Kategori Bibit Burung Kenari

Di pasaran banyak ditemukan beragam jenis burung kenari. Setiap jenis memiliki keunggulan dan harga jual masing-masing. Jika dilihat dari sumber atau asal bibit kenari yang akan dipilih sebagai bakalan induk penangkaran, paling tidak ada dua kategori sumber bibit kenari yang dapat ditetapkan, yakni burung kenari impor dan burung kenari lokal.

Burung kenari impor adalah jenis kenari hasil penangkaran dari luar negeri, sedangkan burung kenari lokal adalah kenari hasil penangkaran atau persilangan antara kenari lokal dengan kenari lainnya yang dikembangkan oleh penangkar di Indonesia.

Keputusan untuk memilih sumber bibit juga dapat dipengaruhi oleh besar-kecilnya modal usaha yang dimiliki. Masing-masing sumber bibit ataupun kategori jenis burung kenari memiliki harga yang berbeda mulai dari kategori murah yaitu burung kenari dengan harga puluhan hingga seratus ribu rupiah, lalu ada burung kenari dengan berharga sedang, dan burung kenari dengan harga mahal yang dapat mencapai jutaan rupiah per ekor.

Kriteria Memilih Bibit

Artikel terkait.

Tujuan penangkaran burung kenari pada dasarnya diarahkan untuk menghasilkan burung berkualitas baik dalam memenuhi keinginan penggemarnya. Secara umum burung kenari diketahui memiliki beberapa keunggulan, baik sebagai burung berkicau maupun burung hias.

Bagi kalangan penggemar burung kenari  dikenal 4 kategori burung kenari unggulan, diantaranya (1) kenari postur, (2) kenari warna, (3) kenari penyanyi, dan (4) kenari perpaduan ketiganya yang juga dikenal dengan kenari hybrid (silangan).

Kategori keunggulan burung kenari disertai contoh jenis kenari

  1. Kenari Postur (type canary). Ciri yang paling utama adalah keunikan dari segi bentuk dan ukuran tubuh. Bentuk tubuh besar-panjang atau kecil-mungil, keserasian postur mulai dari ujung paruh sampai ujung ekor, ada- tidaknya jambul, dan ada yang berbentuk seperti bola atau bulat. Contohnya, kenari Yorkshire, Lancashire, Gloster, Border, dan Frill.
  2. Kenari Warna (Colorbred Canary). Unggul dalam warna bulu yang unik, kontras, dan menarik. Warna tertentu atau warna khas sebagai warna mutlak. Variasi warna meliputi merah, kuning, hijau, putih, hitam keabuan, oranye, dan lain-lain. Contohnya, kenari Red Intensive, Red Mozaic, Yellow Intensive dan White Dominant.
  3. Kenari Penyanyi (Song Canary). Unggulan utama adalah kekhasan suara atau kicauan yang merdu, nyaring, besar atau bass, ataupun dengan nada (lagu) naik turun yang indah. Contohnya, kenari Roller, American Singer, dan Persian Singer.
  4. Kenari Hibrid/Silangan (Hybrid canary). Keunggulannya merupakan perpaduan dari ketiga keunggulan sebelumnya dan dihasilkan melalui persilangan antar jenis kenari yang mempunyai keunggulan tertentu. Contohnya, Kenari Yorkshire, dan American Singer (silangan dari Border Roler).

Selanjutnya akan dibahas mengenai kriteria yang dapat dijadikan acuan dalam memilih bibit kenari untuk ditangkarkan. Dasar kriteria pemilihan bibit kenari mengacu pada standar kategori keunggulan yang diinginkan. Secara singkat dapat diuraikan kriteria pemilihan bibit untuk memilih kenari indukan.

Kriteria umum pemilihan bibit

Kriteria umum harus menjadi perhatian utama dalam memilih burung kenari. menurut Forum Agri (2012) paling tidak ada 12 kriteria dan ciri bibit kenari yang baik sebelum memilih bibit atau indukan untuk ditangkarkan, seperti dirangkum dalam tabel berikut.

Kriteria umum dan ciri bibit kenari yang bagus untuk penangkaran

No  Kriteria Bibit yang Bagus                                                                                              Ciri-ciri

1.      Sehat dan tidak tampak penyakit                          Mata terbuka lebar, bercahaya, tidak sayu, tidak tampak bengkak, lubang hidung bersih, sayap tampak

kuat, keadaan bulu bagus, dan tidak terdapat benjolan pada tubuh.

2.      Lincah dan aktif bergerak                                       Lincah bergerak, suka terbang, dan hinggap kembali. Burung juga senang berkicau (bila sudah dewasa).

3.      Tidak cacat                                                                 Anggota tubuh lengkap dan tidak ada cacat. Paruh kaki, jari, dan sayap tidak terkulai patah atau bengkok.

4.      Berbulu indah mengilap                                          Bulu terlihat mengilap, rapi, tidak ada yang rontok, kusam, atau patah.

5.      Kaki tidak bersisik                                                     Kaki tidak bersisik dan tampak halus. Meski begitu biasanya sisik bisa jadi pertanda umurnya sudah tua.

6.      Paruh tebal dan panjang                                          Pangkal paruh ebar, tebal, besar, dan panjang.

7.      Jantan dengan vent besar dan panjang                 Sebagai pejantan, burung kenari memiliki alat kelamin (vent) yang berukuran besar dan panjang.

8.      Postur tubuh ideal                                                      Terlihat besar dan proporsional. Serasi antara bagian leher dengan badan serta bagian ekor dengan kaki.

9.      Mata tampak jernih dan pandangan tajam           Mata jernih dan pandangannya yang tajam dapat menjadi indikator kenari yang sehat dan lincah.

10.    Kaki mencengkeram kuat                                         Kaki kuat, cukup besar, terlihat kering, dan terlihat kokoh saat mencengkeram tempat bertengger.

11.     Nafsu makan baik                                                       Terlihat memiliki nafsu makan tinggi dan rajin mengonsumsi pakan yang disediakan.

12.     Leher panjang dan padat berisi                               Leher panjang, padat berisi, sebagai pertanda memiliki kemampuan bersuara bagus dengan volume

cukup besar.

Tulisan terkait :
loading...
Memilih Dan Memelihara Bibit burung Kenari Berkualitas | Penulis | 4.5