Memilih Bibit Calon Kenari Indukan Super kontes

Memilih bibit calon kenari indukan super kontes wholesale nfl jerseys-Memilih bibit kenari indukan untuk tujuan pengembangbiakan di penangkaran harus memerhatikan kriteria yang tepat. Hal ini akan menentukan keberhasilan program pengembangbiakan yang akan dilakukan.

Adapun beberapa kriteria yang dapat dijadikan acuan berdasarkan pengelaman dari penangkar sukses dalam memilih pejantan atau betina sebagai induk yang baik, yaitu sebagai berikut.

Artikel terkait.

Umur Burung

Secara umum, kenari bakalan yang dipersiapkan sebagai indukan dapat dipilih yang berumur di atas 3-4 bulan. Hal ini terkait dengan kemapuan menghasilkan benih (sperma dan ovum) yang dapat dibuahi. Namun, burung kenari jantan yang siap kawin baru dapat dilihat ketika berumur minimal 8-12 bulan.

Pada usia ini jantan umumya sudah menghasilkan sperma yang matang, sehingga peluang keberhasilan membuahi sel telur yang dihasilkan induk betina lebih tinggi. Untuk kenari betina dapat dipilih yang berumur lebih dari 7 bulan.Memilih Bibit Calon Kenari Indukan Super kontes

Selain itu, ada juga penangkar yang menggunakan patokan dalam memilih kenari indukan dengan memacu pada kenari yang sudah berganti bulu. Burung kenari betina yang sudah berganti bulu dapat dikatakan sudah dewasa yang berarti sudah matang kelamin dan mempunyai kemampuan menghasilkan benih yang dapat dibuahi (ovum atau sel telur) dan membuahi (sperma).

postur tubuh

Bentuk tubuh kenari yang porporsional dan secara umum dikategorikan baik sebagai indukan adalah seperti wortel, tegak, dan mengerucut ke bawah. Dalam praktik penangkaran apabila kita ingin menghasilkan anakan dengan postur dan ukuran tubuh yang besar, maka bibit kenari indukan yang dipilih juga berukuran tubuh besar atau memiliki postur proporsional.

Artikel terkait.

kicauan

Pilih kenari jantan yang memiliki kriteria kicauan bagus, bersuara keras, nyaring, dan panjang. Adapun untuk kenari betina dipilih bibit yang memiliki bunyi “cuit-cuit” panjang yang biasanya dilakukan untuk memanggil jantan.

kelamin

Pilih jantan yang memiliki alat kelamin (vent) yang berukuran relatif besar dan panjang.

kesehatan tidak cacat

Pilih burung yang sehat dan tidak cacat. Burung sehat terlihat dari geraknya yang lincah, pandangan mata tampak tajam, nafsu makan tingi, bulu mengilap, warna bulu terang, dan bulu tidak lusuh.

Kondisi bulu tipis

Kriteria ini diakui banyak penangkar tidak begitu berpengaruh karena tergantung pada jenis kenari yang akan ditangkarkan. Namun demikian, penting juga untuk diperhatikan karena dari pengalaman beberapa penangkar, kenari berbulu tipis biasanya lebih mudah dan berhasil ditangkarkan.

Burung kenari merupakan jenis peliharaan yang sudah banyak dikembangbiakan. Hendaknya pemilihan bakalan induk harus memiliki kejelasan asal-usul. Pemilihan bakalan induk dari keturunan yang baik mendapatkan sedikit jaminan bahwa indukan yang digunakan tersebut memiliki potensi yang baik dan berpeluang menghasilkan keturunan yang baik juga.

Tulisan terkait :
loading...
Memilih Bibit Calon Kenari Indukan Super kontes | Penulis | 4.5