Membuat Sarang Burung Walet Kualitas Harga Tinggi

Membuat sarang burung walet kualitas harga tinggi.Kualitas sarang walet berbeda-beda, inilah yang memengaruhi sarang walet itu sendiiri, dalam sebuah gedung yang sama, hasil produksi srang walet bisa memiliki kualitas yang berbeda-beda, ada yang 75 hingga 85% kualitas sarang waletnya bagus, sehingga nilai jualnya tinggi, namun sebaliknya ada yang 75% kualitas sarangnya kurang bagus, sehingga nilai jualnya rendah. Hal ini yang perlu kita perhatikan agar kualitas sarang walet bisa maksimal.

Kualitas sarang walet antara lain ditentukan dari bentuk sarang, warna sarang, ukuran sarang, keutuhan sarang, serta kebersihan.

Artikel terkait.

Bentuk sarang walet dipengaruhi oleh tempat dimana sarang tersebut menempel, cara pembuata sarang, cara panen, dan cara menyimpan.Cara membuat sarang burung walet kualitas harga tinggi adalah seperti berikut.Membuat Sarang Burung Walet Kualitas Harga Tinggi

Tempat menempel

Beberapa bentuk sarang walet yang terbentuk dari tempat menempel yaitu:

  • Sarang mangkokan, sarang walet ini berbentuk seperti mangkok dibelah dua. Sarang mangkokan diperoleh dari sarang yang menempel di tengah-tengah sirip. Bentuk sarang inilah ynag paling banyak disukai, sehingga harganya paling mahal.
  • Sarang sudut, sarang walet ini berbentuk seperti mangkok yang dibelah empat. Sarang sudut diperoleh dari sarang yang menempel di sudut pertemuan dua sirip. Bentuk sarang sudut ini kurang disukai.
  • Sarang tidak rata, sarang ini dijumpai pada sarang yang menempel pada bidang tidak rata, misalnya di pasangan batu-batu merah yang tidak rata atau sarang yang diperoleh dari dinding gua. Sarang walet yang menempel di tempat-tempat tersebut mempunyai telapak sarang atau pondasi dan kaki sarang yang mengikuti bidang tempat menempel, sehingga bentuk sarang tidak rapi. Kadang-kadang pada sarang ini terdapat potongan kecil batu merah atau pasir, sehingga menurunkan mutu dan nilai jual sarang.

pembuatannya

Bentuk sarang walet yang disukai orang dan mempunyai harga tinggi adalah bentuk yang rapi seperti mangkokan yang sempurna. Namun, pada saat pembuatannya, sarang walet ada yang bentuknya memanjang seperti belahan perahu memanjang.

Ada pula sarang walet yang bentuknya melekuk karena tabrakan. Ada sarang walet yang bentuk bibirnya tidak rata atau dindingnya tidak rapat sempurna tetapi bercelah. Ketidaksempurnaan bentuk ini menurun kan harga sarang walet.

Artikel terkait.

Penyimpanan

Cara penyimpanan sarang walet dari hasil panen juga dapat mempengaruhi kualitasnya. Sarang walet yang telah dipanen harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika sarang walet ditimbun begitu saja setelah dipanen, apalagi timbunannya tinggi atau dalam tas yang rapat udara (misalnya tas plastik) yang diikat erat, maka sarang walet tersebut dapat mengalami perubahan bentuk, ditumbuhi jamur, bahkan warnanya pun bisa berubah. Hal ini harus selalu diingat untuk dihindari, karena sangat merugikan.

 

Tulisan terkait :
loading...
Membuat Sarang Burung Walet Kualitas Harga Tinggi | Penulis | 4.5