Membuat Pupuk Kandang Kotoran Ayam Petelur

Membuat pupuk kandang kotoran ayam petelur.Peternak ayam ras petelur terbukti menjadi lokomotif bergeraknya bidang pertanian yang lain. Begitu Singkawan tumbuh menjadi sentra peternak ayam ras petelur di Kalimantan Barat tahun 80-an, sejak saat itu tergerak pula petani di wilayah subur tetangganya, yakni Sanggau Ledo-Bengkayang, untuk rame-rame menanam jagung.

Bahkan antara peternak di Singkawang dengan petani jagung di Sanggau Ledo yang umumnya transmigran dari Jawa, menjalin kemitraan ‘barter’ jagung dengan kotoran ayam.

Artikel terkait.

Kalaulpun sekarang produksi jagung dari Sanggau Ledo turun lantaran banyak tanaman jagung yang berganti dengan sawit, peran lokomatif agribisnis ayam petelur tidaklah surut, tanaman sawit juga memerlukan pupuk organik berbahan dasar kotoran ayam.

Satu lagi manfaat peternak ayam ras petelur dirasakan oleh petani sayur di Kota Singkawang sendiri. Singkawang memang status administrasi-nya ‘kota’ tetapi warganya banyak yang bermatapencaharian di bidang peternakan, pertanian tanaman pangan dan sayur-mayur, serta berdagang kebutuhan pokok di pasar.membuat pupuk kandang kotoran ayam petelur

Pasangan suami istri Legimin dan Supatmi adalah keluarga petani sayur Singkawang, bahkan sang istri sekarang ini menjadi Ketua Kelompok Tani REJEKI yang berdomisili di Singkawang Tengah.

Keberadaan pupuk kandang sangat penting dalam penanaman sayuran, bukan latah ingin menghasilkan sayuran organik, tapi dari sisi biaya jauh lebih murah, ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya.

“Pupuk kandang baik dari kotoran sapi maupun kotoran ayam sejak lama telah digunakan oleh petani sayur di sini. Kemudian untuk pemberatasan hama juga dilakukan penyemprotan dengan pestisida organik.

Memang sudah bisa disebut sebagai sayuran oraganik, tapi di pasaran kami tidak memberi label khusus sayuran organik, dan harganya pun tidak beda.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Membuat Pupuk Kandang Kotoran Ayam Petelur | Penulis | 4.5