Membuat Pakan Starter Untuk Ternak Itik

Pakan starter Untuk Pakan Itik-Kualitas pakan maupun kuantitas pakan pada masa starter harus diperhatikan. Untuk kualitas pakan pada masa starter ini kadar protein yang harus diasup oleh itik minimal 20%.

Untuk meminimkan resiko kekurangan nutrisi para peternak tidak meracik pakannya sendiri melainkan membeli pakan jadi. Untuk kuantitas atau jumlah pakan yang diberikan adalah meningkat dari hari ke hari, artinya setiap hari ada pertambahan jumlah pakan yang diberikan bisa mulai dari 1 kg per hari per 100 ekor dan seterusnya.

Artikel terkait.

Saat memberi pakan tidak boleh telat karena pada masa ini pertumbuhan itik berjalan sangat pesat, sehingga untuk nutrisi yang masuk harus terpenuhi.

Pakan merupakan kunci utama penghasi energi. Setelah energi terbentuk akan dipergunakan untuk memelihara jaringan tubuh. Jika ada kelebihan energi akan dipergunakan untuk memelihara jaringan tubuh.Membuat Pakan Starter Untuk Ternak Itik

Jika ada kelebihan energi akan digunakan untuk berproduksi membentuk daging dan bereproduksi. Pemberian pakan pada anak itik (DOD) masih disalurkan untuk kebutuhan pokoknya yaitu tumbuh dan berkembang, sehingga jika kebutuhan pakan pada periode starter terpenuhi dengan baik maka pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh (kulit, daging, otot dan tulang) akan berjalan dengan baik pula.

Pakan untuk anak itik periode starter baik untuk itik jantan tujuan pedaging atau itik betina tujuan petelur sama. Perbedaan antara itik pedaging dan itik petelur adalah ketika itik tersebut memasuki umur 60 hari.

Pada pemeliharana itik jantan pada umur tersebut bisa dikatakan sebagai fase finisher bahkan di beberapa tempat pemeliharaan itik jantan hanya 35-40 hari sudah bisa mencapai berat 1-1,3 kg. Sedangkan pada pemeliharaan itik betina umur tersebut baru dikatakan menginjak fase grower.

Perlu diketahui bahwa persyaratan mutu standar kebutuhan pakan anak itik untuk fase starter adalah protein kasar 20% – 22%, energi metabolisme 2900 – 3000 kkal/kg, lemak 3,5%, serat kasar 4 – 7%, kalsium 0.6 – 1.06%.

Artikel terkait.

Tingginya kebutuhan kadar protein dalam pakan anak itik dikarenakan pada masa ini itik membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, juga untuk menunjang perkembangan jaringan tubuhnya serta untuk menjaga ketahanan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Ingat, saat itik umur DOD Anda jangan memberikan pakan ala kadarnya saja. Misal dedak saja, dedak+nasi kering, atau hanya limbah dapur.

Kondisi ini akan membuat pertumbuhan itik menjadi lambat sehingga tidak efisien untuk usaha pembesaran. Prinsip usaha penggemukan adalah mendapatkan berat badan ideal pada umur yang singkat.

Tulisan terkait :
loading...
Membuat Pakan Starter Untuk Ternak Itik | Penulis | 4.5