Membuat Pakan Ayam Dari Ampas Dan Tepung

Saat ini, para peternak ayam dihadapkan pada masalah mahalnya harga pakan ayam.berikut ini tips membuat pakan ayam dari ampas dan tepung sederhana namun memiliki gizi tinggi. Hal itu disebabkan oleh mahalanya harga bahan baku penyususn pakan ayam tersebut. Akhirnya, para pelaku usaha mulai beralih untuk membuat pakan sendiri dan mencari bahan baku pakan alternatif sebagai bahan penyusun pakannya.

Bahan pakan alternatif mrupakan bahan pakan lokal yang belum umum digunakan dalam pakan terutama untuk pakan yang diproduksi dengan skala besar. Memang, bahan pakan alternatif belum digunakan oleh para peternak secara massal.pakan ayam dari ampas dan tepung

Artikel terkait.

Hal itu karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bahan pakan alternatif tersebut banyak belum diketahui kandungan energi metabolis, mineral, dan asam amino. Ketersediaannya pun belum berkelanjutan. Namun, sudah ada beberapa peternak ayam yang mencoba menggunakan bahan baku pakan tersebut ke dalam formulasi pakan dan hasilnya pun cukup bagus.

Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan limbah padatan dari bubur kedelai yang diproses dan tidak digunakan lagi dalam proses pembuatan tahu. Ampas tahu mengandung protein tinggi, tetapi memiliki kelemahan berupa kandungan serat kasar yang tinggi, lemak tinggi, dan mudah ditumbuhi jamur.

Penggunaan ampas tahu sebagai salah satu bahan pakan penyusun pakan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sampai kadar air mencapai kurang dari 13%. Pemakaian dalam bentuk basah untuk ayam hanya dapat diberikan dalam bentuk tambahan pakan saja dan tempat pakan harus cepat dibersihkan agar tidak tubuhi jamur.

Ampas Tempe

Ampas tempe merupakan limbah dari proses pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai. Pada proses pembuatan tempe, setelah kedelai direndam, kulit ari dilepas dari bijinya. Ampas tempe berpotensi sebagai bahan baku pakan karena ketersediaannya cukup melimpah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik tempe yang ada di Indonesia. Namun penggunaannya dalam pakan ayam terbatas karena kandungan serat kasarnya tinggi.

Artikel terkait.

Onggok

Onggok merupakan limbah pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Onggok sekarang sudah banyak terdapat dalam bentuk kering. Pennggunaannya pada pakan ayam terbatas karena kandungan serat kasarnya cukup tinggi.

Tepung Cacing Tanah

Cacing tanah jenis Lumbricus rubellus merupakan cacing tanah yang cepat berkembang biak dan mengandung protein tinggi. Sudah banyak peternak yang membudidayakan cacing tanah sehingga ketersediaannya potensial untuk dijadikan bahan pakan. Penggunaannya untuk pakan ayam sebaiknya dalam bentuk kering, tetapi dapat juga diberikan sebagai tambahan pakan dalam bentuk segar.

Pembuatan tepung cacing diawali dengan membersihkan cacing, lalu mengeringkannya. Kadar air cacing tanah cukup tinggi, yaitu sekitar 85% sehingga proses pengeringannya cukup lama. Hasil yang diperoleh berupa tepung cacing.

Tepung Limbah Udang

Limbah udang diperoleh dari industri pengolahan udang, terutama berupa kepala dan kulit. Limbah ini sekitar 30-40% dari berat udang ekspor industri pengolahan udang. Potensi tepung limbah udang sebagai bahan pakan ketersediaannya cukup stabil.

Penggunaannya dalam pakan ayam terbatas karena udang mengandung kitin sebanyak 20-30% yang dapat menurunkan kecernaan. Tepung limbah udang baik digunakan pada ayam petelur karena mengandung pigmen berwarna astaxantine kuning kemerahan. Penggunaannya dalam pakan ayam petelur bisa sebanyak 4%.

Tepung Keong Mas

keong mas dikenal juga sebagai siput murbai yang menyerang tanaman dan sangat merugikan. Namun, dengan mengolahnya menjadi tepung, keong mas bisa dijadikan bahan baku dalam pembuatan pakan.

Ketersediaannya bisa menjadi sangat stabil karena perkembangbiakannya cukup cepat, telur menetas 14-16 hari dan dewasa pada umur tiga bulan. Proses pembuatan tepun keong mas adalah degan merebusnya terlebih dahulu selama 20 menit. Setelah itu, dagingnya dikeluarkan, dikeringkan, lalu digiling.

Tulisan terkait :
loading...
Membuat Pakan Ayam Dari Ampas Dan Tepung | Penulis | 4.5