Membuat Formulasi Bahan Pakan Itik Sendiri

Membuat formulasi bahan pakan itik sendiri-Saat ini sudah ada software formulasi pakan dijual di pasaran. Software ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan formula pakan yang mempunyai harga termurah. Pengguna hanya perlu memasukkan data penggunaan bahan pakan minimum dan maksimum dengan harga per kg berdasarkan pertimbangan penggunaan memilih bahan pakan tersebut.

Software ini dapat menghasilkan formula pakan yang memenuhi seluruh nutrien yang diperlukan itik, yaitu protein, asam amino, mineral, vitamin, serta keseimbangan antarrnutrien yang diharuskan. Contoh software formulasi pakan komersial yakni WUFF DA.

Artikel terkait.

Produksi Pakan

Produksi pakan dilakukan melalui berbagai tahap, yaitu penggilingan bahan pakan, penimbangan bahan pakan, pencampuran bahan pakan, pengemasan, serta penyimpanan pakan. Jika mencampurkan pakan dalam jumlah sedikit, bisa menggunakan secara manual dengan tangan atau sekop.Membuat Formulasi Bahan Pakan Itik Sendiri

Jika jumlah pakan yang akan dicampur berskala besar dapat menggunakan mesin pencampur (mixer). Prinsip pencampuran pakan yaitu mengusahakan bahan pakan tercampur merata. Secara manual agar bahan pakan dapat tercampur merata yaitu dengan cara sebagai berikut.

  • Campur bahan pakan yang jumlahnya sedikit, seperti lisin, metionin, DCP, CACO3, dan premiks. Kemudian sedikit demi sedikit campuran tersebut ditambah dengan pakan lain seperti tepung ikan. Aduk hingga rata.
  • Jika menggunakan minyak (CPO) dalam jumlah banyak, lebih baik dicampur terlebih dahulu dengan jagung atau dedak padi.
  • Pencampuran semua bahan pakan menggunakan cara lapisan. Lapisan paling bawah adalah jumlah bahan yang paling banyak di pakai. Kemudian ditambahkan secara bertahap hingga lapisan paling atas digunakan untuk bahan yang jumlahnya paling sedikit. Pengadukan dimulai dari bawah ke atas pada semua sudut, kemudian diratakan kembali dan diaduk sampai bahan pakan sudah tercampur merata. Hal ini terlihat dari warna pakan yang menjadi sama.

Pencampuran dimulai dengan menggiling bahan pakan yang bertekstur kasar. Bahan pakan tersebut digiling menggunakan mesin penggiling (hammer milli). Bahan pakan tersebut antara lain jagung dan bungkil kedelai.

Penggilingan bahan pakan bertujuan agar semua bahan pakan dapat tercampur merata. Setelah semua bahan pakan berbentuk tepung, dilanjutkan dengan menimbang masing-masing bahan pakan sesuai dengan formula yang digunakan. Ketelitian dalam penimbangan bahan pakan akan mempengaruhi kandungan nutrien dalam pakan.

Cara Mencampurkan Pakan Itik

Artikel terkait.
  1. Timbang semua bahan pakan yang akan digunaka sesuai kebutuhan.
  2. Campurkan dahulu bahan pakan yagn berjumlah sedikit hingga homogen.
  3. Tambahkan bahan pakan yang berjumlah besar, aduk hingga homogen.
  4. Aduk seua bahan pakan menjadi satu dna merata.

Bahan pakan yang jumlahnya sedikit memerlukan timbangan dengan skala kecil.

Proses pencampuran bahan pakan dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan mixer bila dalam jumlah yang besar. Pada dasarnya, prinsip pencampuran yakni mengusahakan bahan pakan tercampur merata (homogen) dan tidak banyak bahan pakan yang terbuang.

Jika bahan pakan dicampur secara manual, hal yang dilakukan terlebih dahulu adalah mencampur bahan pakan yang jumlahnya sedikit seperti premiks, garam, DCP, DL-metionin, dan L-lisin dengan bahan pakan lainnya sedikit demi sedikit sehingga jumlahnya menjadi banyak.

Pengadukan sebaiknya dilakukan dari bawah ke atas, lalu diratakan kembali, dan diaduk lagi dari bawah ke atas dan berbagai sudut. Alat yang bisa digunakan untuk mengaduk adalah tangan atau sekop (jika pakan yang dicampur dalam jumlah besar).

CPO atau crude palm oil dapat dicampur secara manual terlebih dulu dengan jagung atau dedak atau polar dengan cara meletakkan minyak di tengah jagung atau dedak. Minyak yang dicampur dengan jagung dapat cepat merata, tetapi apabila dicampur dengan dedak padi ataupun polar, akan terjadi penggumpalan dan harus dihancurkan kembali. Namun, keuntungan dari hal itu adalah dedak padi akan terlihat basah.

Tulisan terkait :
loading...
Membuat Formulasi Bahan Pakan Itik Sendiri | Penulis | 4.5