Membuat Bahan Pakan Itik Jadi Cepat Besar

Membuat bahan pakan itik jadi cepat besar-Peternak yang sudah memutuskan membuat pakan sendiri untuk memenuhi kebutuhan itik yang dipeliharanya harus sudah mempunyai formula yang ditetapkan. Selanjutnya, peternak harus menentukan jumlah pakan yang akan diproduksi.

Jika pakan yang akan diproduksi jumlahnya banyak, perlu dilakukan pengadaan bahan pakan dengan melakukan pembelian dalam jumlah yang besar. Pada kondisi inilah, penyimpanan bahan pakan atau pakan jadi merupakan suatu faktor yang sangat diperlukan untuk menjamin kualitasnya.

Artikel terkait.

Sebelum melaksanakan penyimpanan bahan pakan, peternak tentu melaksanakan pengadaan bahan pakan. Pengadaan bahan pakan adalah penyediaan kebutuhan bahan pakan untuk kelancaran proses produksi pakan. Berikut persyaratan bahan pakan yang ideal.Membuat Bahan Pakan Itik Jadi Cepat Besar

  • Bahan pakan harus mudah diperoleh dan terdapat di daerah sekitarnya.
  • Bahan pakan terjamin ketersediaannya dalam jumlah yang mencukupi keperluan.
  • Bahan pakan mempunyai harga yang layak.

Kegiatan mengadakan bahan pakan meliputi pembelian, penerimaan, dan penyimpanan bahan pakan. Pembelian bahan pakan dilakukan dengan mempertimbangkan kesulitan dalam pengadaannya, apakah harus dipesan dulu atau tidak.

Setelah penerimaan bahan pakan, kegiatan yang harus dilakukan yaitu pengambilan sempel untuk diperiksa secara fisik, apakah dapat diterima atau ditolak, kemudian dilakukan penimbangan dan pembokaran bahan pakan dari alat transportasi.

Pemeriksaan kualitas pakan dapat dilakukan secara fisik dan kimia. Pemeriksaan secara kimia dilakukan jika sangat dibutuhkan. Sebagai langkah awal, dilakukan secara fisik dengan memperhatikan bentuk, bau, dan warna bahan baku pakan. Contohnya sebagai berikut.

  1. Jagung berkadar air <13%, tidak terdapat warna berbeda, tidak berjamur dan tidak berkutu.
  2. Dedak padi tidak berbau dan tidak berkutu, kandungan sekam sedikit, dan tidak mengandung kapur.
  3. Bungkil kacang kedelai memiliki kandungan protein sesuai dengan spesifikasi pembelian.
  4. Tepung ikan memiliki kandungan protein sesuai dengan spesifikasi pembelian serat kadar garamnya tidak terlalu tinggi (maksimum 3-4%).
  5. Tepung daging dan tulang memiliki kandungan protein sesuai dengan spesifikasi pembelian serat tidak dicampur dengan tepung bulu atau benda lain.
  6. Bungkil kelapa tidak berbau tengik.
  7. Polar tidak berbau tengik dan berkutu.
  8. Corn gluten meal (CGM) memiliki kandungan protein sesuai dengan spesifikasi pembelian dan tidak berkutu.

Setelah penerimaan bahan pakan disetujui maka dilanjutkan dengan kegiatan penimbangan. Penimbangan bahan pakan diperlukan untuk menyesuaikan dengan jumlah pembelian bahan pakan. Bahan pakan yang sudah ditimbang dimasukkan ke tempat penyimpanan. Lamanya bahan pakan di tempat penyimpanan (gudang) tergantung dari jadwal produksi pakan.

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Membuat Bahan Pakan Itik Jadi Cepat Besar | Penulis | 4.5