Membuat Bahan Pakan Ayam Sumber Mineral

Bahan baku pakan ayam sumber mineral dibagi menjadi dua, yaitu mineral alami (organik) dan anorganik. Bahan pakan ayam yang merupakan sumber mineral alami adalah bahan pakan yang mengandung mineral tinggi dan berasal dari alam. Beberapa contoh di antaranya adalah kapur (CaCO3), tepung tulang, tepung kerang, dan garam.

Sementara itu, bahan pakan yang merupakan sumber mineral anorganik yang biasa digunakan dalam formulasi pakan antara lain dikalsium pospat (DCP), potasium klorida, sodium pospat, dan magnesium oksida.

Artikel terkait.

Sumber mineral Ca dan P

Minela Ca dan P berfungsi di dalam tubuh untuk pertumbuhan kerangka dan pembentukan kerabang. Penggunaan sumber mineral Ca dan P sebaiknya memperhatikan perbandingannya yang sesuai di dalam ransum. Untuk ayam periode pertumbuhan, perbandingan Ca dan P sebesar 2:1 dan untuk ayam petelur perbandingannya 4:1. Apabila kandungan Ca di dalam pakan melebihi kebutuhan standarnya, akan mempengaruhi penyerapan mineral Mg, Mn, dan Zn sehingga tidak optimal.

Sumber mineral anorganik lebih banyak dimanfaatkan oleh tubuh dibandingkan dengan sumber mineral organik. Untuk sumber mineral P organik, umumnya terikat denan zat antinutrien asam pitat yang menghambat pemanfaatan mineral P di dalam tubuh.bahan pakan ayam sumber mineral

Penggunaan sumber mineral dalam tubuh tergantung dari ukuran partikel dan waktu keberadaannya di dalam tubuh, terutama untuk ayam petelur perlu memperhatikan ukuran partikel dari sumber Ca. Semakin besar ukura partikel, keberadaannya di dalam tubuh akan semakin lama sehigga akan dilepas secara perlahan yang berguna untuk pembentukan kerabang telur.

Sumber mineral Na dan Cl

Mineral Na dan Cl berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh. Sumber mineral Na dan Cl yang umum digunakan dalam pakan adalah garam. Penggunaannya dalam pakan tergantung dari kadar Na dan Cl standar dalam pakan.

Artikel terkait.

Jika kadar Na dan Cl dalam pakan kurang, perlu penambahan garam. Jumlah penggunaan garam dalam pakan yang direkomendasikan sebesar 0,5-1%. Penggunaan garam tidak boleh terlalu tinggi karena dapat menyebabkan konsumsi air minum meningkat sehingga fases akan lebih basah.

Sumber trace mineral

Penambahan trace mineral di dalam pakan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan mineral Co,Mn, Fe, I, Cu, Zn, dan Se. Kebutuhan trace mineral biasanya sangat sedikit dan umumnya ditambahkan dalam bentuk mineral mix atau dicampur dengan vitamin yang disebut dengan premix berbahan dasar mineral anorganik.

Premix mengandung trace mineral dan vitamin dalam konsentrasi yang tinggi sehingga penggunaannya dalam pakan maksimal 0,5% atau tergantung rekomendasi perusahaan.

Bahan Baku Pakan Sumber Vitamin

Semua bahan baku pakan mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh ayam, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K) serta vitamin yang larut dalam air (tiamin, riboflavin, asam pantotenat, niasin, pyridoksin, folasin, cyanocobalamin, dan choline).

Bahan baku pakan mengandung vitamin yang sangat bervariasi. Pada umumnya vitamin tidak dapat dibuat di dalam tubuh dan hanya ada beberapa vitamin dapat dibuat oleh mikroorganisme antara lain vitamin B dan vitamin K. Sumber vitamin yang baik terdapat pada bungkil kedelai yang kandungan vitaminnya mudah digunakan oleh tubuh.

Bahan baku pakan alami mempunyai vitamin yang sangat rendah penyerapannya. Dengan demikian, ayam perlu diberi tambahan suplemen vitamin yang dapat dicampur di dalam pakan atau diberikan melalui air minum.

Suplemen Asam Amino Sintetis

Suplemen asam amino sintetis, yaitu asam amino yang biasa digunkan dalam pakan yang kekurangan asam amino. Asam amino sintetis yang sering digunakan adalah DL-metionin sebagai sumber asam amino metionin, L-lisin sebagai sumber asam amino lisin, dan asam amino sintetis lainnya.

Penggunaannya dalam pakan tidak banyak dan dapat digunakan untuk mengurangi bahan baku pakan sumber protein atau asam amino, seperti tepung ikan dan bungkil kedelai.

Suplemen Vitamin dan Mineral

Suplemen vitamin dan mineral yang umum dicampur dalam pakan diberi nama premix. Premix mengandung berbagai trace mineral dan vitamin yang disesuaikan kebutuhanya pada ayam.

Kandungan premix pada umumnya adalah vitamin dan mineral, tetapi ada juga yang mengandung asam amino metionin dan lisin serta antibiotik. Jumlah vitamin yang perlu ditambahkan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya suhu, kondisi fisiologis (bunting atau sakit), pakan yang diberikan, dan spesies.

Tulisan terkait :
loading...
Membuat Bahan Pakan Ayam Sumber Mineral | Penulis | 4.5