Memberi Pakan dan Minum Burung Hwa Mei

Memberi pakan dan minum burung hwa mei.Disebabkan yang diharapkan dari hwa mei adalah suaranya tetap baik dalam jangka waktu yang lama, pakan buatan yang diberikan harus memiliki kandungan gizi yang benar-benar baik. Selain itu, pakan kadaluwarsa, berjamur, dan telah berubah warna dan baunya, tidak boleh diberikan. Jika tetap diberikan, kesehatan hwa mei akan terganggu.

Pakan buatan yang berkualitas sekarang mudah diperoleh karena pabrik pakan telah banyak yang memproduksinya. Di samping itu, ada pula pakan buatan yang diimpor dari Taiwan. Menilai mutu atau kualitas pakan sebaiknya tidak sekadar dari penampilan kemasannya, tetapi juga dari komposisi yang tertera di kemasan tersebut.

Artikel terkait.

Pakan seperti ini bisa dibuat sendiri dengan mutu yang tidak kalah baik dengan pakan buatan pabrik yang ada di pasaran. Caranya dengan mencampur beberapa bahan lain dengan kadar protein tidak lebih dari 20%.

Jika lebih dari 20%, protein akan tersalurkan menjadi sumber energi, sehingga bisa membuat burung menjadi lemah. Komposisi bahan pakan sebagai berikut.

  1. Tepung kacang hijau atau kacang hijau yang dihancurkan kecil-kecil 45%.
  2. Tepung kedelai atau kedelai yang dihancurkan kecil-kecil 5%.
  3. Meniran 15%.
  4. Tepung cacing tanah kering 5%.
  5. Susu cokelat bubuk 28,5%.
  6. Tepung tulang, kulit kerang, atau batu kapur 1,5%.

Selanjutnya bahan-bahan diaduk dan ditambah multi-vitamin (misalnya Hemaviton), madu, telur itik, perasan jeruk manis, garam, dan gula pasir. Dalam setiap 1 kg pakan, komposisi bahan-bahan tambahan tersebut sebagai berikut.

  1. Multivitamin 3-5 kapsul.
  2. Madu 6-10 sendok makan.
  3. Telur itik 3-4 butir.
  4. Jeruk manis 4-5 butir.
  5. Garam dapur 1 sendok teh.
  6. Gula pasir 2 sendok makan.

Dalam membuat pakan ini harus diupayakan tidak sampai menggunakan air, tetapi cukup mengandalkan cairan dari telur, madu, dan perasan jeruk manis. Setelah diaduk rata, campuran pakan dijemur hingga kering.memberi pakan dan minum burung hwa mei

Selanjutnya dibuat menjadi butiran-butiran halus, bukan berbentuk pelet. Pakan bisa disimpan setelah benar-benar kering dan didinginkan lebih dulu. Pakan yang belum dikonsumsi, 2-3 hari harus dijemur untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Perlu diperhatikan, jika membeli bahan pakan buatan secara eceran (kiloan) sebaiknya dipastikan bahan pakan buatan tersebut tidak tercemar bahan kimia. Selanjutnya bahan pakan tersebut dijemur sampai kering.

Artikel terkait.

Di samping itu, harus dihindari mengganti pakan buatan dengan merek lain secara mendadak atau sekaligus. Cara seperti ini kurang baik karena bisa mengganggu pencernaan hwa mei. Jika ingin mengganti pakan buatan dengan merek lain, sebaiknya dilakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit.

Jika sudah terbiasa, baru secara keseluruhan. Namun, jika kotoran mengalami perubahan, sebaiknya pergantian pakan tidak dilakukan.

 Alami

Pakan alami sebaiknya diberikan kepada hwa mei setiap hari dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, tetapi rutin dan jenisnya bervariasi, dan semakin bervariasi akan semakin baik. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan kondisi agar tetap sehat dalam jangka lama yang tidak bisa dipenuhi oleh pakan buatan.

Pemberian pakan alami sesuai dengan kegemaran hwa mei sekaligus memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit defisiensi. Pakan alami juga mampu merangsang hwa mei rajin berkicau.

Pakan alami yang dapat diberikan kepada hwa mei di antaranya ulat hong kong, jangkrik, dan ulat daun. Tidak dianjurkan memberikan kroto kepada hwa mei karena bisa menyebabkan kelumpuhan, terutama kroto yang sudah basi, pecah, dan berbau.

Ulat hong kong sebaiknya tidak diberikan dalam jumlah banyak karena dapat membahayakan hwa mei, tetapi cukup 4-5 ekor per hari. Jika ulat hong kong diberikan secara berlebihan bisa mengakibatkan mata hwa mei membengkak dan biasanya sulit diobati, sehingga hwa mei mati.

Sementara itu, jangkrik, belalang, dan ulat daun bisa diberikan 3-4 ekor per hari. Jangkrik dan belalang yang akan diberikan sebaiknya kaki tajamnya dibuang terlebih dahulu.

Minum

Air minum harus selalu tersedia setiap saat. Jika wadahnya sampai kosong, bisa mengakibatkan hal yang kurang baik bagi hwa mei. Kebutuhan hwa mei akan air memang tidak terlalu banyak, tetapi fungsinya sangat penting bagi tubuhnya.

Pakan buatan sebagai pakan pokok yang diberikan kepada hwa mei akan lebih berfungsi atau berguna jika didukung oleh adanya air minum.

Air minum bagi hwa mei memiliki fungsi sebagai berikut.

  1. Membantu pencernaan.
  2. Mengatur metabolisme.
  3. Mengatur temperatur atau suhu tubuh.
  4. Membawa zat-zat makanan ke setiap bagian tubuh.
  5. Membawa dan membuang keluar sisa pakan yang tidak berguna bagi tubuh.

Akibat yang timbul jika hwa mei sering kekurangan air minum adalah daya tahan tubuhnya menurun. Selain itu, kekurangan air minum bisa merusak pita suaranya, sehingga menyebabkan kicaunya serak atau parau. Jika sudah serak akan sulit disembuhkan kembali seperti semula.

Air minum yang baik untuk hwa mei adalah air dingin yang sebelumnya telah dimasak, bukan air mentah dan berbau asap. Air yang belum dimasak atau air hujan dapat menggangu kesehatan hwa mei. Untuk lebih menjaga kesehatan, sebaiknya air minum hwa mei bakalan diganti dengan air baru setiap harinya dan hwa mei yang telah terlatih paling lambat 2 hari sekali harus diganti.

Tulisan terkait :
loading...
Memberi Pakan dan Minum Burung Hwa Mei | Penulis | 4.5