Membedakan Jenis Kelamin Anakan Burung kenari

Membadakan jenis kelamin anakan burung kenari-Burung kenari termasuk kategori burung monomorfik yang memiliki tampilan luar (morfologi) relatif sama, sehingga membedakan jenis kelamin antara burung jantan dan betina dari segi morfologinya relatif sulit.

Oleh karena itu, dalam memilih bibit atau bakal indukan untuk pengembangbiakan di penangkaran perlu dilakukan dengan tepat dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian bibit.

Artikel terkait.

Sebenarnya di kalangan para penghobi burung kenari sudah dikenal beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin (sexing). Berikut ini uraian singkat masing-masing teknik sebagai berikut.Membedakan Jenis Kelamin Anakan Burung kenari

kelamin kenari melalui pengenalan fisik

Secara teknis pembedaan jenis kelamin kenari melalui pengenalan fisik dilakukan dengan melihat alat kelamin burung atau kloaka. Burung jantan umumnnya ditandai dengan ukuran vent atau kelamin yang lebih besar dan panjang.

Mesipun cara ini dipandang praktis, tetapi seringkali para penangkar mengalami ketidaktepatan dalam membedakan jenis kelamin. Untuk lebih memastikan ketepatan perbedaan jenis kelamin, maka sesudah penilaian fisik melalui alat kelamin, selanjutnya burung yang sudah dibedakan jenis kelaminnya sebaiknya dijodohkan. Untuk selanjutnya diamati perilaku seksual dari masing-masing untuk mengonfirmasi akurasi pembedaan jenis kelamin tersebut.

kelamin kenari melalui tes DNA

Pembedaan jenis kelamin melalui tes DNA (Deoxribose Nucleat Acid) adalah suatu teknik yang dilakukan dengan teknologi molekuler melalui peenganalisisan terhadap DNA. Tekik ini memerlukan keahlian khusus dengan peralatan dan biaya yang cukup mahal, tetapi tentu saja dengan akurasi hasil yang lebih tinggi.

Artikel terkait.

Penerapan teknologi ini biasa dilakukan untuk suatu unit usaha penangkaran komersial dengan skala usaha yang besar dan penerapan teknologi rekayasa genetik atau program persilangan yang kompleks dan terpadu.

kelamin kenari dengan pendulum

Penerapan teknik pendulum dapat dilakukan pada burung kenari, minimum umur empat bulan atau sudah memasuki masa dewasa kelamin karena berkaitan dengan tingkat produksi hormon dalam tubuhnya.

Alat yang digunakan yaitu bahan logam sebagai bandul atau pendulum. Secara praktis dapat menggunakan peniti atau jarum jahit. Lalu, sebagai alat pengikat dan penggantung logam bandul diperlukan benang (+/- 20-25 cm).

Pegang burung yang akan diuji dengan tenang, usahakan agar tangan tidak bergoyang lalu gantung atau julurkan benang dengn jarum di depan dahi atau dubur burung sejauh +/- 2 cm. Tahan agar tangan dan jarum atau peniti tidak goyang.

Jauhkan lingkungan tempat pengujian dari benda-benda logam sekitar 8-10 m dan angin yang bertiup karena dapat berpengaruh terhadap akurasi hasiil pengujian.

Hasilnya apabila logam bergerak ke kiri dan kanan seperti bandul lonceng dengan gerakannya tegas dan jelas, maka kenari tersebut diindikasikan berkelamin jantan. Apabila jarum bergerak berputar melingkar maka mengindikasikan kenari tersebut berkelamin betina.

Tulisan terkait :
loading...
Membedakan Jenis Kelamin Anakan Burung kenari | Penulis | 4.5