Manfaat Pompa Air Pada Kolam Ikan Koi

Manfaat pompa air pada air kolam ikan koi.Bagi sebagian pecinta ikan koi memiliki kolam mini bukan berarti tidak bisa memaksimalkan performa kolam dan ikan di dalamnya. Meski kolam mini terkadang hanya dipakai sebagai kolam karantina namun perlu dipertimbangkan pula pompa air yang memadai.

Memberikan pompa air yang berkapasitas besar sebenarnya tidak masalah namun tentu daya listrik yang dipakai juga akan besar. Untuk kolam mini pompa air bisa memakai pompa yang sering dipakai untuk aquarium. Biasanya tipe pompa dengan debit air yang kecil menggunakan tipe pompa Submersile atau pompa celup.

Artikel terkait.

Memang tidak ada definisi seberapa ukuran kolam mini, namun dalam tulisan ini akan dibahas beberapa pompa yang memiliki flow rate sekitar 3000 liter/Jam. Dengan asumsi ini maka volume air kolam 2500 Liter misalnya maka jika menggunakan pompa air berkapasitas 3000 l/jam maka dalam satu jam air bisa masuk filter paling tidak satu kali siklus.pompa untuk kolam ikan

Berikut beberapa daftar pompa kolam koi mini/aquarium yang bisa dijadikan referensi:

  1. Resun SP 5200                                                                                                                                                    Pompa mini buatan Cina ini memerlukan konsumsi daya listrik: 60 watt dengan output Flow rate Maksimum: 2800 L/H dan ketinggian maksimum: 3.2 Meter. Terbuat dari bahan yang menggunakan Stainless Steel shaff dan magnetic rotor yang tahan lama. Selain itu dilengkapi pengaturan arus air sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pompa air ini diklaim memiliki noise rendah sehingga tidak berisik, efisiensi energi yang baik dan low maintenance.                                                                                                                                                                                                                 Pompa Resun SP 5200 dijual di pasaran pada kisaran Harga Rp. 190.000. Di toko yang berbeda mungkin memiliki harga yang berbeda pula.
  2. Atman AT-105                                                                                                                                                      Pompa kolam mini dengan konsumsi daya listrik sekitar 50 Watt ini memiliki flow rate air yang lumayan lebih tinggi dibandingkan pompa resun di atas yaitu sekitar 3000 Liter/jam dengan ketinggian maksimum 3 meter.                                                                                                                                                            Dilengkapi dengan karet yang dapat menempel di semua ukuran aquarium dan kolam sehingga cukup fleksibel. Selain itu pompa ini tidak berisik dan mudah dalam pengoperasian. Di pasaran dijual pada kisaran harga: Rp. 180.000.
  3. Aquila P5200                                                                                                                                                         Aquila P5200 mengkonsumsi daya listrik 50 Watt dengan output maksimal yang lumayan besar yaitu sekitar 3200 Liter/jam dengan ketinggian maksimal 2.8 Meter. Di pasaran dibandrol pada harga sekitar Rp. 180.000.
  4. Lifetech AP5300                                                                                                                                                  Pompa lifetech AP5300 ini memang relatif besar dalam mengkonsumsi daya listrik yaitu sekitar 80 Watt, dengan flow rate maksimal 2800 Liter/jam dan ketinggin maksimal 2.8 Meter. Harga popa ini juga relatif cukup tinggi dibandingkan pompa merek lain dikelasnya yakni sekitar Rp. 280.000.

Pompa Eksternal

Pompa pada kolam koi (pump) memiliki peranan yang cukup penting bagi kualitas air dan kelangsungan hidup ikan koi kesayangan. Dalam menentukan pompa air sering kita dihadapkan pada beberapa pilihan pompa.

Salah satunya adalah tipe tompa, antara Submersile dan pompa eksternal. Pompa Submersible biasanya lebih murah dan lebih mudah dalam instalasinya. Untuk kolam ukuran kecil biasanya tipe pompa ini banyak dipilih.

Namun, pengalaman beberapa orang biasanya pompa submersile tidak berlangsung selama pompa eksternal. Ada banyak variabel dalam menentukan umur panjang pompa submersile. Umur pompa submersile dipengaruhi oleh air kotor, seberapa sering pompa dibersihkan, dan jika dioperasikan terus menerus atau sebentar-sebentar.

Artikel terkait.

Pompa eksternal umumnya sangat hemat energi dan tahan lama, tetapi memerlukan instalasi pipa yang lebih rumit. Selain itu karena letaknya di luar kolam, jika penempatan tidak rapi dan disamarkan akan mengganggu keindahan kolam.

Tentunya yang diinginkan adalah yang pompa akan bertahan lebih lama dan memenuhi kebutuhan untuk kolam koi kita. Dari beberapa pengalamanan rata-rata sebuah pompa akan berlangsung 2-4 kali masa garansi. Namun ada pompa yang harganya dua kali lipat tetapi berlangsuung 3 kali lebih lama akan menjadi nilai yang lebih baik.

Tulisan terkait :
loading...
Manfaat Pompa Air Pada Kolam Ikan Koi | Penulis | 4.5