Manfaat Pakan Herbal untuk pakan Itik Berkualitas

Manfaat herbal untuk pakan itik berkualitas-Saat ini, berbagai macam herbal telah digunaakn oleh peternak maupun peramu pakan itik. Herbal tersebut dicampurkan ke dalam ransum atau air minum sebagai salah satu upaya untuk menambah kandungan nutrien pakan sekaligus meningkatkan produktivitas ternak.

Perkembangan penggunaan herbal sebagai tambahan pakan didasari oleh beberapa hal seperti harga obat kimia yang mahal dan keinginana untuk menghasilkan produk (daging dan telur) yang aman untuk kesehatasn konsumen.

Artikel terkait.

Di sisi lain, herbal relatif mudah diperoleh dan murah harganya. Keunggulan lain dari herbal yakni mempunyai efek samping yang lebih kecil. Umumnya, satu tanaman herbal mempunyai suatu efek farmokologi dari berbagai zat aktif yang terkandung di dalamnya.

Adapun kelemahan tanamana herbal yakni belum ada standardisasi dari bahan pakan yang digunakan dan efeknya sangat lemah sehingga penggunaannya memerlukan lebih lama dibandingkan dengan obat kimia sintetik.Manfaat Pakan Herbal untuk pakan Itik Berkualitas

Berbagai jenis herbal yang dipadukan dalam formulasi pakan itik bertujuan untuk mendapatkan produk daging dan telur eksklusif, misalnya produk yang rendah kolestrol. Selain itu, penambahan herbal ini juga meningkatkan efisiensi pakan pengganti antibiotika, membunuh parasit, dan meningkatkan daya tahan tubuh itik.

Bagi masyarakat Indonesia, penggunaan herbal sebagai “jamu ternak” sudah tidak asing, apalagi ketersediaannya di alam sangat banyak, serta relatif mudah tumbuh secara alami. Penggunaan herbal dalam pakan dapat dilakukan secara tuunggal maupun kombinasi dari dua atau lebih herbal untuk memperoleh efek yang lebih baik.

pakan dengan tepung daun katuk

Salah satu feed additive alami yang berpotensi untuk menggantikan feed additive komersial adalah daun katuk (Sauropus androgynus). Berdasarkan hasil penelitian, daun katuk kaya akan B-karoten, yakni sebanyak 10.020 ug. Artinya, pemberian daun katuk dan ekstraknya dapat meningkatkan kadar pigmen terutama B-karoten dalam daging itik.

Artikel terkait.

Penggunan tepung daun katuk sampai 15% juga dapat menurunkan kolesterol daging itik serta meningkatkan vitamin A dan mineral Fe pada daging dan hati. Selain itu, formula ini dapat menurunkan kolesterol pada kuning telur (21,74-19,92 mg/g kuning telur). Pembuatan tepung daun katuk yakni dengan cara mengeringkannya di udara terbuka selama 1-2 hari, lalu dimasukkan ke dalam oven pada suhu 50 derajat C selama 25 jam.

pakan itik periode grower dengan kayambang

Kayambang (Salvinia molesta) merupakan gulma air yang banyak terdapat di sawah, kolam, sungai, dan saluran air. Kayambang merupakan gulma tanaman padi yang cukupi merugikan. Sebutan lain dari kayambang yaitu jukut cai (Sunda) atau maskumambang. Masyarakat Jawa menyebutnya dengan kiambang.

Kayambang mengandung beberapa nutrien yakni, energi metabolis 2.200 kkal/kg; protein kasar 15,9 kkal/kg; lemak 2,1 kkal/kg; serat kasar 16,8 kkal/kg; kalsium 1,27 kkal/kg; fosfor 0,789 kkal/kg; lisin 0,611 kkal/kg; metionin 0,765 kkal/kg; dan sistin 0,724 kkal/kg. Nilai nitrogennya yakni 66,15%.

pakan dengan tepung daun beluntas

Daun beluntas atau Pluchea indica merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat sejak zaman dahulu. Sebutan lain untuk beluntas yaitu, luntas (Jawa), beruntas (Sunda), lamutase (Makassar), dan lenabou (Timor).

Daun beluntas mengandung alkaloid, tanin, natrium, minyak asiri, kalsium, flavonoid, magnesium, dan fosfor. Kadar minyak asiri daun beluntas 5% dapat mengahambat pada pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.

Penggunaan 1-2% tepung daun beluntas dalam pakan itik dapat mengurangi arooma amis (off odor) pada daging itik, terutama itik betina apkir. Bisa juga ditambahkan pada pakan itik komersial, sebanyak 1-2%tepung daun beluntas, kemudian dicampur hinggga rata. Pakan ini diberikan beberapa hari sebelum itik dipotong.

Tulisan terkait :
loading...
Manfaat Pakan Herbal untuk pakan Itik Berkualitas | Penulis | 4.5