Manfaat Lampu LED Pada Kolam Koi

Manfaat lampu led pada kolam ikan koi.Menikmati keindahan ikan koi pada malam hari banyak dilakukan oleh orang yang sibuk. Banyak manfaat lampu led pada kolam ikan koi.Saat siang hari berkutat dengan aktifitas pekerjaan, malam hari menjadi waktu yang tepat untuk duduk di pinggir kolam koi. Selain sorotan lampu pada kolam ikan, warna-warni lampu di sekitar kolam akan menambah indahnya suasana.

Salah satu pilihan lampu kolam ikan adalah lampu LED. Lampu LED selain bisa warna-warni juga memiliki daya rendah, sehingga heemat konsumsi listrik. Berikut beberapa trik dalam menggunakan lampu LED untuk kolam ikan.

Artikel terkait.
  1. Pilihlah lampu LED dengan daya tegangan yang rendah serta perlengkapan pencahayaan untuk penggunaan bawah air. Selalu pilih berdasarkan kualitas, karena kualitas yang bagus akan menjamin usia pakai yang lebih tahan lama. Hindarilah penggunaan perlengkapan pencahayaan dari bahan plastik karena lebih mudah rusak ketika dipasang di bawah air.
  2. Untuk memilih transformator yang sesuai, Anda harus menghitung besarnya daya yang diperlukan. Caranya mudah, akumulasikan besarnya daya semua lampu yang ingin Anda pasang kemudian kalikan jumlahnya dengan 115 persen untuk menentukan besarnya daya minimal transformator yang dibutuhkan.
  3. Beli transformator yang memiliki daya untuk semua besaran lampu yang Anda pasang dikolam tersebut. Jika memungkinkan, memilih transformator dengan daya yang lebih besar akan lebih menguntungkan, jika ternyata kelak Anda berminat menambahkan jumlah pencahayaannya di area kolam tersebut. Jangan lupa tambahkan juga timer (dimer) untuk mengatur besarnya intensitas cahaya dari setiap lampu hias. Penggunaan aksesori photocell juga akan membantu Anda menghemat penggunaan listrik, karena lampu otomatis hanya akan menyala ketika suasana gelap atau senja.
  4. Pasang lampu pada kolam sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan dari pabrik. Jangan lupa tambahkan filter warna jika memang dibutuhkan. Jangan pernah menghubungkan lampu dengan sumber listrik sebelum benar-benar terpasang.
  5. Letakkanlah transformator ke dalam kotak tersendiri, sehingga akan memudahkan Anda ketika terjadi kerusakan instalasi pencahayaan pada kolam.manfaat lampu led untuk ikan koi

Setelah semuanya terpasang dengan benar, ingatlah untuk selalu melakukan pengecekan instalasi lampu LED pada kolam dan taman sehingga memudahkan Anda mengantisipasi adanya kerusakan.

Manfaat Air Terjun Pada Kolam Koi

Sering kita menjumpai kolam koi lengkapi dengan air terun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memang memberikan nuansa natural pada kolam koi. Gemercik air membuat suasana alami dan segar dirasakan pada kolam koi.

Apalagi nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi memberikan sensasi yang lebih. Di samping itu dengan menambahkan air terjun pada kolam koi akan lebih membuat ikan koi di kolam lebih enjoy.

Air terjun pada kolam koi mampu meningkatkan molekul air dan membawa lebih banyak oksigen ke dalam air kolam, sehingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air semakin besar. Kondisi demikian akan menciptakan habitat yang ideal bagi ikan Koi. Waterfall meningkatkan interaksi udara dan air yang membuat oksigen masuk ke dalam air. Dengan demikian waterfall/air terjun menjadi oksigenator alami untuk kolam Anda.

Dalam mendesain air terjun ada beberapa desain yang dibuat dalam beberapa tingkat, hal ini akan memberikan efek yang lebih indah dan natural juga meningkatkan jumlah oksigen terlarut.

Artikel terkait.

Air terjun pada kolam koi juga akan mampu menghambat Alge Booming atau kolam berwarna hijau. Dengan air terjun titik-titik mati pada kolam akan berkurang. Dengan berkurangnya titik mati pada kolam koi menghambat pertumbuhan algae. Meningkatnya jumlah oksigen terlarut (disolved oxigen) juga menghambat pertumbuhan algae sehingga kolam Anda akan lebih jernih.

Tulisan terkait :
loading...
Manfaat Lampu LED Pada Kolam Koi | Penulis | 4.5