Makanan kusus Burung Merpati Pos

Kemampuan terbang kusus burung merpati pos banyak tergantung dari kesehatannya serta makanan yang kita berikan. Dan kesehatan itu banyak tergantung pada mutu makanan yang diberikan kepadanya. Di sini gizi benar-benar diperlukan oleh burung. Pemberian makanan secara tepat memegang peranan dalam usaha memenangkan pertandingan.

Makanan menjadi bahan penting untnuk menjaga perkembangan tubuh dan juga sebagai ssarana pelumas gerakan, di samping sebagai sarana untuk menghangatkan tubuh, dan menghasilkan energi.

Artikel terkait.

Makanan yang diperlukan oleh burung datang dari dua sumber, yaitu protein dan karbohidrat. Korbohidrat adalah suatu persenyawaan karbon dan hidrogen, seperti pada gula, tepung kanji dan selulosa. Protein itu sendiri merupakan suatu persenyawaan yang mengandung unsur nitrogen, seperti yang ditemukan pada albumin, fibrin, dan casein yang membentuk jaringan-jaringan pada badan burung.

Dengan mengetahui hal itu, maka langkah kita yang baik adalah membeli makanan burung yang sudah jadi. Dan sewaktu kita membelinya kita harus melihat dari sudut mutunya, bukan melihat dari sudut murahnya. Banyak peternak yang menghancurkan karyanya hanya karena segan untuk membeli makanan yang bermutu baik.

Sebenarnya mencampur sendiri makanan untuk merpati pos dapat kita kerjakan, asal kita tahu tentang keperluan gizi burung dan nilai gizi dari biji-bijian yang tidak pakai. Cara ini bahkan lebih baik, sebab kita dapat membuat cammpuran-campuran yang sesuai dengan keperluan burung. Burung yang diternakkan akan memerlukan protein yang tinggi, dan burung yang dipertandingkan untuk terbang dalam jarak pendek tentu akan memiliki kebutuhan jumlah protein berbeda dengan burung yang dipertandingkan dalam jarak jauh.Makanan kusus burung Merpati Pos

Begitu pula campuran makanan di musim panas akan berbeda dengan campuran untuk musim penghujan di negara kita (musim dingin di Eropa). Ada juga pihak yang memberi makanan bagi bburung-burung muda dengan cara yang berbeda. Semua itu memerlukan pegetahuan yang perlu kita miliki. Karena itu kita pun perlu banyak belajar.

Mutu bijian seperti yang telah diutarakan sama pentingnya dengan macamnya bijian yang kita berikan. Yang penting adalah bijian yang diberikan itu benar-benar dalam keadaan matang pohon dan kering.

Penyakit mencret dan penyakit perut lainnya dapat terjadi hanya karena burung memakan bijian yang belum matang. Kita dapat mencoba mengetahuinya dengan cara menggigit bijian itu. Bijian yang baik akan terasa keras dan bila digigit akan pecah dalam butiran-butiran yang keras pula.

Artikel terkait.

Makanan yang diberikan haruslah bebas dari debu dan kotoran. Oleh karena itu kita perlu menyimpannya pada tempat yang kering, basah, dan sejuk, serta bebas dari binatang-binatang penggerek – makanan yang diacak-acak tikus boleh jadi dikencinginya, janganlah diberikan kepada burung.

Tempat menyimpan makanan dianjurkan tidak tertutup rapat tetapi bagian depan (satu sisi) hendaknya terbuka dan diberi kawat halus (kawat nyamuk) agar udara dapat mengalir ke bijian itu. Aliran udara ini penting bagi bijian agar tidak lekas rusak.

Tempat untuk memberi makanan kepada burung dapat berbeda-beda, sesuai selera kita masing-masing. Yang penting bahwa makanan itu terbebas dari kotoran burung. Dan untuk itu cara yang mudah adalah dengan menempatkan makanan pada suatu tempat (dari tembikar yang bulat datar, tidak tinggi permukaannya) dan tempat ini diberi tutup di atasnya yang disangga oleh tiang-tiang kawat, sehingga burung akan makan melalui sela-sela tiang kawat itu.

Selain bijian, burung juga perlu mendapat grit, yaitu suatu campuran mineral, yang juga diperlukan bagi keberhasilan burung untuk ternbang memenangkan pertandingan. Keperluan akan mineral bagi merpati pos (dan merpati pada umumnya) adalah tinggi, dan kita akan menyaksikan bagaimana lahapnya burung akan memakan grit ini, sebagai tanda perlunya burung akan grit ini. Oleh karena itu grit yang masih baru perlu diberikan kepada burung.

Selain itu, grit juga diperlukan burung untuk menghancurkan bijian yang dimakannya, dan ini ditempatkan di bagian empedal yang merupakan bagian terpenting dari burung, sebab makanan dihancurkan di tempat ini dan di tempat inilah grit berfungsi sebagai alat pembantu. Juga grit membantu perkembangan burung-burung muda, dan meniadakan telur-telur dengan kulit lunak.

Diterangkan oleh para ahli bahwa campuran grit yang baik adalah terdiri dari:

45% kulit kerang yang dihancurkan dalam ukuran sedang,

35% berupa pecahan kecil-kecil dari batu gamping/kapur atau batu granit,

10% pecahan kecil dari arang kayu (dari kayu-kayu yang keras),

5%   tepung tulang,

5%   tepung kapur,

4%   garam,

1%   apa yang disebut sebagai “venetian red”.

Memberi makan burung hendaknya dilakukan dua kali sehari. Memberi makan burung sampai kenyang memang tidak berbahaya, tetapi jangan sampai kenyang memang tidak berbahaya, tetapi jangan sampai membuatnya kegemukan-kegemukan selalu membawa akibat buruk bagi kesehatan, baik itu bagi burung maupun bagi manusia. Oleh karena itu burung janganlah disodori makanan setiap waktu. Sebab hal ini dapat membuat burung segan makan karena selalu tersedia, dan burung juga mudah menjadi gemuk.

Air minum memegang peran penting. Burung dapat tahan tidak makan untuk beberapa hari tanpa memberi tanda-tanda pengaruh buruk pada kesehatannya. Tetapi kalau burung tidak minum dalam 24 jam boleh jadi keadaannya akan rusak sehingga tidak dapat kita pulihkan kembali. Hendaknya air minum diganti dua  kali sehari.

Karena air minum merupakan media yang mempermudah penyebaran penyakit, maka para peternak burung yang ada sampai merebus tempat minum burung sebulan sekali – mencuci tempat minum setiap kali air diganti baru merupakan suatu praktek yang bailk. Perlu diingat sekali lagi bahwa merpati, terutama merpati pos, memerlukan banyak minum.

Tulisan terkait :
loading...
Makanan kusus Burung Merpati Pos | Penulis | 4.5