Makanan Khas Burung Merpati

Makanan khas burung merpati.Makanan burung merpati umumnya sama. Hanya dalam usaha untuk mendapatkan prestasi terbang yang luar biasa, maka merpati pos perlu diberi makanan yang sudah tergolong khusus. Sedang untuk merpati hias cukup diberi makanan seperti yang biasa diberikan kepada merpati pada umumnya.

Pergantian bulu terjadi pula pada merpati lainnya, termasuk pada merpati hias. Pergantian bulu barulah berjalan dengan sempurna kalau keperluan akan vitamin bagi burung terpenuhi. Dan itu baru terjadi kalau kita memberi makanan yang diperlukan, termasuk pemberian gizi berupa vitamin dan mineral.

Artikel terkait.

Untuk itu perlu diingat bahwa burung yang dipelihara tidaklah selalu dapat terbang bebas mencari makanan dan keperluan gizinya. Bulu-bulu burung yang muncul dengan indah (mengkilat, kokoh) pada burung yang lincah sehat akan merupakan faktor yang manyangkut nilai keindahan merpati hias. Nilai ini menjadi nyata kalau misalnya ada pameran dan pertandingan keindahan merpati hias seperti yang dikerjakan di negara-negara tertentu.makanan khas burung merpati

Kita tidak harus meniru dengan membuat pameran seperti itu, tetapi dengan adanya pameran/pertandingan semacam itu kita mudah mersapi akan nilai keindahana burung, sama seperti kita dapat meresapi apa arti dari penanganan yang tepat bagi merpati pos yang dipertandingkan kemampuannya.

Tanpa adanya gambaran itu, maka usaha memelihara merpati hias atau merpati-merpati lain yang kita pelihara untuk dinikmati keindahannya (baik keadanya bulu dan bentuknya) akan tampak “begitu-begitu” saja, sehingga bulu tampak semakin redup atau kondisi fisik burung yang menurun dapat membuat orang semakin bosan dengan binatang peliharannya.

Padahal merpati hias ini sebenarnya masih dapat dilatih dan dididik sedemikian rupa sehingga dapat terbang dan memasuki kandang mengikuti kita, seperti pada kasus burung-burung pembantu bagi merpati pos untuk menemukan kembali tempat kandangnya dalam suatu pertandingan.

Jadi pemberian makanan yang bermutu pun tidak dapat kita abaikan. Sebab anak-anak burung yang dihasilkan tidak akan dipotong untuk dimakan tetapi masih akan dibesarkan untuk berbagai keperluan, sesuai dengan sasaran pemeliharaannya.

Merosotnya mutu keturunan burung yang dipelihara tentu tidak akan menguntungkan, sehingga kita perlu mendapatkan bibit burung yang baik. Tetapi bibit yang baik saja tidaklah menjamin menguntungkan bila kelanjutannya burung tidak mendapatkan porsi makanan dan gizi yang diperlukan.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Makanan Khas Burung Merpati | Penulis | 4.5