Langkah Demi Langkah Memulai Pembenihan Ikan Gurami

Langkah demi langkah memulai pembenihan ikan gurami.pembenihan ikan gurami merupakan awal dari budidaya ggurami.hal tersebut terkait dengan telur dan benih yang di hasilkan sehingga kesiapan ketika akan memijah harus di perhatikan.

Secara garis besar,pembenihan di mulai dari pemijahan induk sampai penetasan telur sehingga di hasilkan larva induk yang telah siap dan siap untuk di pijahkan.kolam pemijahan sendiri telah di siapkan kurang lebih satu minggu sebelum induk tersebut di masukan.pemasukan induk ke dalam kolam pemijahan dapat kita lakukan setiap saat,tergantung pada kondisi kematangan gonad ikan.images (2)

Artikel terkait.

Tidak ada waktu kusus untuk memindahkan indukan,akan tetapi lebih baik di lakukan pada saat sore hari,pemandahan induk pada malam hari sangat tidak di sarankan hal tersebut di kawatirkan induk akan mudah terkejut apabila di jumpai satu titik cahaya.akibatnya induk akan meronta sehingga dapat mengakibatkan induk stres.

Selain itu,jika induk tersebut meronta saat di pegang atau jatuh akan merusak bagian tubuhnya,seperti luka atau terkelupas sisiknya.

Mempersiapkan Kolam Pemijahan.

Sebelum di gunakan,kolam pemijahan sebaiknya di persiapkan terlebih dahulu sebaik mungkin.persiapan tersebut meliputi pengeringan kolam serta pemasangan rangka serta bahan sarang sebagai tempat pembuatan sarang untuk peletakan telur induk yang sudah melakukan pemijahan.

Pengeringan kolam pemijahan do lakukan selama 2-3 hari.tujuan pengeringan kolam adalah untuk membunuh hama dan sumberpenyakit serta menghilangkan nitrit yang berada yang berada di dasar kolam.

Hama pengganggu dapat berupa keog emas,ular,cacing,sepat,mujair,mas,dan lele.sumber pentakit di kolam biasanya berupa bakteri.bakteri di dasar kolam dapat di berantas dengan cara di kurangi atau dengan penjemuran.

Rumput yang banyak tumbuh di sekitar pematang juga harus di bersihakan agar tidak di jadikan tempat penempelan sarang telur oleh induk gurami.dengan demikian,pengontrolan telur akan lebih mudah di lakukan. rumput-rumput yang di biarkan tumbuh liar di pinggiran pematang juga dapat menjadi tempat persembuyyian hama penganggu.

Selain tujuan di atas,pengeringan kolam juga bertujuan untuk memberikan suasana baru bagi ikan gurami.tanah yang kering akan memiliki bau yang khas saat kolam tersbebut terendam air.suasana seperti ini akan memacu serta merangsang proses pemijahan gurami tersebut.penciptaan suasana perlu di lakukan di lakukan agar ikan gurami selalu terangsang untuk memijah.namun membuat suasana baru bagi induk juga jangan sampai membuatnya merasa terganggu dan stres.

Setelah di keringkan kolam di isi air dengan kawalitas yang baik,yaitu jernih,tidak berwarna,tidak berbau dan terbebas dari hama serta bibit penyakit.ketinggian air kolam lebih 0,75-1m.kolam pemijahan yang telah berisi air kemudian di biarkan minimal selama 3-4 hari.selama itu pemasangan kerangka sarang di lakukan sebagai tempat untuk meletakan bahan pembentuk sarang.

Kerangka pembentuk sarang dapat berupa sosok,ranting,ranting pohon,kayu atau bambu yang cukup di tancapkan di dasar kolam sebagai tempat sarang.selain itu,dapat pula di buat lubang-lubang di dinding pematang kolam sebagai tempat peletakan di pingir dan tengah kolam.penempatan kerangka sarang di bagian tengah untuk mengantisipasi induk yang tidak ingin membuat sarangnya di pinggiran kolam.hal ini biasa terjadi karena kondisi pinggir kolam yang kurang nyaman atau banyak lalu lalang orang.

Kerangka sarang yang di pasang tidak di batasi jumlahnyasemakin banyak jumlah kerangka sarang yang di pasang,akan semakin baik karena induk gurami akan lebih leluasa memilih tempat yang di perkirakan aman serta nyaman untuk meletakan telurnya.selain itu untuk menghindari panas matahari dan air hujan secara langsung,sebaiknya sosog di tutup.

bahan pembentuk sarang di letakan di kolam sebelum induk di masukan ke kolam.semakin banyak bahan sarang yang di sediakan juga akan semakin baik.bahan sarang yang bisa di berikan bisa berupa ijuk,sabut kelapa,tali rafia atau rumput kering.bahan sarang sebaiknya di letakan begitu saja di tengan atau pinggir kolam.

Tulisan terkait :
loading...
Langkah Demi Langkah Memulai Pembenihan Ikan Gurami | admin | 4.5