Kendala Saat Melakukan Pembenihan Ikan Gurami

Seperti pada pembenihan ikan-ikan lainya,pada pembenihan ikan Gurami banyak kendala saat melakukan pembenihan ikan gurami.munculnya kendala disebabkan oleh faktor salah satunya adanya serangan penyakit sehingga bisa mengakibatkan kerugian besar bila pembenih tidak dapat segera mengatasinya.

Kendala yang disebabkan oleh pengelolahan yang kurang tepat seperti sumber daya manusianya yang kurang berhati-hati dan kurang terampil,pakan yang di gunakan tidak sesuai atau tidak di berikan perlakuan sebelum di gunakan.images (28)

Artikel terkait.

Agar kelangsungan hidup larva sesuai yang kita inginkan,faktor yang perlu di perhatikan adalah air,pakan dan kondisi induk sendiri.selain itu,sangat di sarankan agar induk jangan di kawinkan secara inbreeding.salah satu permasalahan yang sering muncul saat kita budidaya ikan gurami adalah berikut.

Induk ikan gurami susah memijah.

Induk ikan gurami yang telah kita pelihara di dalam kolam pemijahan kadang kala tidak segera memijah atau bertelur.hal tersebut biasanya di sebabkan oleh kondisi lingkungan sekitar tempat pemijahan.

Penyebabnya antara lain disekitar kolam pemijahan kurang tenang serta banyaknya orang yang berlalu lalang.penyebab lain di perkirakan karena induk itu sendiri belum siap pojah atau gonad belum matang,kolam pemijahan kurang dalam,jumlah induk di kolam pemijahan terlalu banyak dan padat,serta kondisi air kolam pemijahan yang kurang baik dan kurang tenang.

Berikut Cara mengatasi dan solusi induk gurami yang susah memijah.

  1. Kedalaman kolam pemijahan di perdalam sekitar 1 meter.
  2. Kolam pemijahan sebaiknya di buat dari tempat yang jauh dari lalu lalang orang dan sumber kebisingan.
  3. Usahakan suasana kolam selalu baru seperti halnya kita saat menyiapkan kolam pemijahan,yaitu melalui tahap pengeringan terlebih dahulu,tanah yang kering terandam air akan mengeluarkan bau yang khas sehingga dapat memicu induk tersebut untuk segera memijah.
  4. Induk ikan gurami yang tidak subur sebaiknya di ganti dengan indukan yang subur serta telah siap untuk pijah.
  5. Kepadatan induk dalam kolam sebaiknya di perhatikan.
  6. kondisi serta kwalitas air dalam kolam sebaiknya selalu di jaga kualitasnya.air yang masuk kedalam kolam pemijahan sebaiknya tidakboleh membawa zat pencemar seperti bahan kimia serta selalu di jaga kejerniahanya.

Pematang kolam ikan juga jangan sampai kotor sebab proses pemijahan ikan gurami juga membutuhkan suasana air yang tenang serta tidak bergelombang.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Kendala Saat Melakukan Pembenihan Ikan Gurami | admin | 4.5