Kemampuan Unik Mata Burung Merpati

Kemampuan unik mata burung merpati.Banyak pihak yang menilai kemampuan burung Merpati melalui keadaan matanya. Walaupun belum ditemukan bukti-bukti atas kebenaran teori ini, tetapi hal ini pantas pula kita ketahui sebab hal itu mungkin mengandung kebenaran.

Dengan kedudukan mata yang berada di sisi kepala maka dapat dikatakan bahwa merpati akan dapat melihat semua yang berada di depannya dan yang ada di belakangnya. Hanya ada suatu daerah yang cukup kecil yang langsung berada di belakang kepala yang tidak dapat dilihatnya.

Artikel terkait.

Kemampuan merpati untuk melihat memegang peran penting dalam kita mendidiknya. Sebab burung belajar melalui apa yang dilihatnya; juga untuk mampu melihat adanya makanan dari suatu ketinggian, serta mampu melihat adanya musuh sehingga burung bersiap-siap untuk mengelak. Bagi yang tahu, ia dapat melihat kondisi kesehatan burung melalui warna matanya.

Mata burung dapat dikatakan bulat, dengan biji mata berada di tengahnya. Di belakang biji mata ada lensa yang dapat mengubah bentuk objek yang dipusatkan pada bagian belakang mata. Di sini dapat retina yang peka cahaya dan meempunyai syaraf-syaraf (ribuan) yang berhubungan dengan otak dan ini akan menghasilkan penglihatan.

Di belakang bola mata ini ada tongkat kecil yang disebut pecten yang kegunaannya belum diketahui dengan pasti tetapi diperkirakan bahwa benda inilah yang membuat burung mampu melihat sesuatu gerakan pada jarak jauh.keunikan mata burung merpati

Bulatan biji mata (iris) haruslah mempunyai warna yang tegas, tak boleh tampak kabur. Dan sebaiknya hanya satu warna – yang berwarna dua disebut “mata pecah”. Di sekeliling biji mata itu terdapat suatu garis tipis sehingga membentuk suatu lingkaran di luar biji mata. Lingkaran ini disebut dengan nama lingkaran adaptasi, lingkaran kondisi mata, atau lingkaran korelasi (hubungan).

Karena orang menilai ini mempunyai hubungan dengan kemampuan burung maka orang pun membuat penilaian atas keadaan lingkaran ini. Untuk ini dibatlah 10 macam keadaan, yang diberi nomor. Nomor satu merupakan mata yang tidak memiliki lingkaran dan nomor sepuluh dianggap sempurna. Penilaian itu adalah:

  • Nomor 1 : Mata burung tidak memiliki lingkaran, yang dapat kita lihat kalau burung ditempatkan dekat sinar yang kuat. Mata dapat memiliki lingkaran ini tak ada, dan ini dianggap sebagai burung yang tak dapat dipakai untuk terbang jarak jauh.
  • Nomor 2 : Mata burung memiliki lingkaran tetapi hanya setengah dan terletak di bagian bawah biji mata. Ini dikenal dengan istilah “pandangan terbaring” (lying sight). Umumnya lingkaran mengitari 25% dari biji mata, dan ini merupakan hal yang paling umum ditemukan pada burung.
  • Nomor 3 : Mata burung seperti nomor 2 tetapi letaknya ada di bagian sebelah atas biji mata, dan ini dikenal dengan istilah “pandangan berdiri” (standing sight).
  • Nomor 4 : Mata burung merupakan kombinasi antara nomor 2 dan nomor 3 yang membuat lingkaran sebelah bawah sampai ke sebelah tas mengitari biji mata yang terkadang sampai kira-kira 75% dari bulatan biji mata.
  • Nomor 5 : Mata burung memiliki lingkaran tipis yang mengitari mata tanpa putus-putus. Ini sering disamakan dengan nomor 10 tetapi perbedaan sebenarnya terletak pada besarnya lingkaran itu. Pada nomro 5 lingkaran ini tipis bila dibandingkan dengan nomor 7 yang cukup tebal dan nomor 10 yang paling tebal.
  • Nomor 6 : Mata burung mengandung bintik-bintik seperti mata gergaji yang melingkari mata, dan ini dianggap sangat baik dan hampir dinilai sebaik nomor 10. Bentuk ini paling jarang ditemukan. Lingkaran ini berwarna hitam pekat dan dapat mengitari sampai 90% dari biji mata. Lingkaran ini sangat tebal.
  • Nomor 7 : Mata burung dilingkari oleh suatu lingkaran nyata yang memiliki warna jelas. Umumnya berwana hitam, tetapi dapat juga berwarna kuning, putih bagaikan mutiara, atau jingga tua. Warna lain ada juga tetapi sangat jarang.
  • Nomor 8 : Mata burung seperti nomor 2 tetapi ada tonjolan padanya dan hampir mengitari sampai 90% dari bijji mata. Ini sangat jarang adanya. Dengan adanya lingkaran nyata dengan tonjolan di bagian bawah, maka keadaan mata ini juga mendapat sebuatan sebagai “pandangan retak” (broken sight).
  • Nomor 9 : Mata burung memiliki suatu lingkaran kuning sepenuhnya meliputi biji mata dengan di bagian bawah terdapat keadaan seperti pada nomor 2. Kalau mata burung merah menyala maka lingkaran kuning ini akan tampak nyata sekali, tetapi warna ini cenderung menyatu dengan warna mata sehingga kita sulit membedakannya.
  • Nomor 10 : Mata burung mempunyai lingkaran berwarna hijau atau ungu dengan ketebalan cukup menyolok. Inilah bentuk, atau yang dicari-cari orang dan dianggap sebagai mata paling baik yang dimiliki burung.
Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Kemampuan Unik Mata Burung Merpati | Penulis | 4.5