Kelemahan Burung Hwa Mei

Kelemahan burung hwa mei.Setiap jenis burung berkicau mempunyai kelemahan, tidak terkecuali hwa mei yang dikenal memiliki karakter keras dibandingkan dengan burung impor lain. Kelemahan yang ada pada burung umumnya tidak ssama.

Namun, burung berkicau impor asal Cina ini bisa memilki kelemahan seperti gaya salto atau bisa melompat dengan badannya. Hwa mei juga mempunyai kelemahan yang tidak dimiliki burung berkicau lainnya. Kelemahan ini bisa menjadi kendala bagi penggemar yang belum memahaminya dengan baik.

Artikel terkait.

Sulit Dijinakkan

Para penggemar burung berkicau sudah maklum, jika burung bakalan dan burung dewasa yang baru ditangkap dari alam bebas pasti liar Namun, hwa mei bakalan yang usianya relatif dewasa sangat sulit dijinakkan.

Jika ingin menjinakkan tanpa merusak fisik dan suaranya membutuhkan waktu yang relatif lama, yakni hingga 6 bulan. Itu pun jika dirawat dengan baik. Padahal, burung berkicau lain yang sudah dewasa dan masih liar, hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk membuatnya tenang di tempat yang rendah. Cara menjinakkan hwa mei liar tidak bisa disamakan dengan cara menjinakkan poksai hitam atau cucakrawa.kelemahan burung hwa mei

Liarnya hwa mei memang sangat sulit diatasi dan menjadi kelemahan yang tidak semua penggemar mampu menanganinya. Akibat buruk yang timbul jika salah dalam menjinakkannya adalah penampilan hwa mei menjadi buruk dan kicauannya seperti suara anakan yang baru belajar berkicau.

Lebih buruk lagi, hwa mei bisa mengalami cacat fisik jika penggemar terlalu memaksakan untuk cepat menjadi jinak, terutama jika tidak didukung sarana perawatan yang baik.

Memiliki Gaya Salto dan Nenggak

Artikel terkait.

Kelemahan lain dari hwa mei adalha memiliki gaya salto, yakni selalu membalikkan badan sambil melompat secara berlulang-ulang. Hal semacam ini tentunya bisa mengurangi penampilan. Di samping itu, hwa mei sering melihat ke atas atau sering disebut nenggak seolah-olah ingin mencari jalan keluar.

Hwa mei yang neggak-nya sudah terlalu sering dan sampai menekuk leher, bisa terjatuh ke belakang (telentang) karena kehilangan keseimbangan.

Perilaku semcam ini sangat sulit disembuhkan dan akan mengurangi minat penggemar lain jika akan dijual. Gaya salto atau nenggak sangat mempengaruhi penampilan dan mengurangi nilai saat dilombakan.

Kelemahan ini biasanya disebabkan perawatan pada tahap-tahap awal dan akibat ukuran sangkar yang kurang tepat. Kelemahan ini bisa pula disebabkan buruknya penanganan atau pemeliharaan saat hwa mei masih bakalan dan masih liar.

Mudah Turun Mental

Turun mental adalah suatu istilah yang dikatakan para penggemar bagi hwa mei yang tidak mau berkicau dan ketakutan saat dilombakan dengan hwa mei lain atau saat latihan di arena kontes. Jika hal semacam itu terjadi pada burung lalin, seperti murai batu, kenari, poksai hitam, atau cucakrawa, mungkin tidak akan begitu dirisaukan oleh para penggemar.

Namun, jika menimpa hwa mei dan terus dibiarkan tanpa ada pencegahan, akibatnya kurang baik. Hwa mei yang sebelumnya telah terlatih, jika sudah terlanjur turun mental, akan sulit untuk disembuhkan. Biasanya hwa mei akan takut jika melihat atau mendengar suara hwa mei jantan lainnya, baik yang sudah terlatih maupun yang belum, bahkan bisa menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan turun mental berujung pada stres dan hilangnya nafsu makan, sehingga hwa mei terserang penyakit.

Banyak hal yang bisa meenyebabkan terjadinya turun mental pada hwa mei. Penyebab pertama adalah terlalu memaksakan hwa mei yang kurang sehat atau sedang rontok bulu mengikuti kontes. Penyebab lainnya adalah hwa mei belum waktunya diikutkan kontes berskala nasional yang pesertanya sudah cukup terlatih dan sering mengikuti kontes diberbagai daerah.

Memang agak sulit untuk mengekang keinginan untuk tidak mengikutkan hwa mei dalam kontes, terlebih lagi kontes tersebut cukup bergengsi (seperti grand prix) yang hadiahnya cukup menggiurkan para penggemar. Karenanya, penggemar pemula harus memahami benar tata cara melatih hwa mei dan sebaiknya mengikutkan kontes mulai tingkat lokal atau latihan resmi di daerah.

Tulisan terkait :
loading...
Kelemahan Burung Hwa Mei | Penulis | 4.5