Kelebihan Beternak Ayam Petelur

Kelebihan beternak Ayam Petelur.Suatu varietas ayam adalah suatu ras atau famili dari ayam yang memiliki kesamaan umum dalam hal ukuran, bentuk atau profil, dan pembawaan. Semua ayam dalam satu varietas akan memiliki karakteristik yang sama yaitu: warna kulit.

Varietas ini selanjutnya di bagi ke dalam beberapa kelas. Kelas ayam yang sudah banyak dibudidayakan pada umumnya diberi nama yang dikaitkan dengan tempat asalnya, misalnya, American, Asiatic, English, Mediteranian, dan semacamnya.

Artikel terkait.

Dalam bidang peternakan ayaam, ada tiga jenis varietas yang laizim dipilih berdasarkan tujuan pemeliharaannya, yaitu ayam petelur, ayam pedaging atau ayam potong, dan ayam berfungsi ganda untuk kedua maksud tersebut.

Pertama, ayam petelur. Ayam ini bertubuh relatif lebih kecil. Produksi telurnya antara antara 250 sampai 280 butir per tahun. Telur pertama dihasilkan pada saat berumur 5  bulan dan akan terus menghasilkan telur sampai umurnya mencapai 10-12 tahun. Umumnya, produksi telur yang terbaik akan diperoleh pada tahun pertama ayam mulai bertelur. Produksi telur pada tahun-tahun berikutnya cenderung akan terus menurun.

Ada dua pilihan untuk ayam petelur ini yang dibedakan dari warna telurnya, yaitu:

Telur berwarna putih. Ayam petelur dengan telur berwarna putih yang terbaik adalah dari jenis ras Leghorn. Hanya saja ayam ini suka terbang dan sangat berisik. Jenis ras lainnya yang menghasilkan telur putih diantaranya adalah Minorcas, Anconas, dan California White.kelebihan beternak ayam petelur

Telur berwarna cokelat. Ada pun ayam petelur dengan telur berwarna cokelat terbaik adalah dari jenis ras Production Red. Ayam hibrida ini hasil perkawinan silang dari ayam petelur Rhode Islands Red dan New Hampshire.

Sedangkan ayam ras Rhode Islands Red dan New Hampshire sendiri sudah tergolong sebagai ayam petelur yang baik dalam menghasilkan telur berwarna cokelat.

Artikel terkait.

Kedua, ayam pedaging. Ayam silangan Silangan Cornish Rock adalah ayam pedaging yang tergolong terbaik pada saat ini. Ayam ini merupakan hasil silangan dari Cornish dan Plymouth Rock. Ayam pedaging lainnya yang tergolong baik adalah dari jenis ra Brahmas, Cochins, dan Cornish.

Ayam pedaging yang terbaik adalah ayam yang mengkonsumsi dua kilogram pakan untuk menghasilkan satu kilogram berat tubuhnya. Ayam betina pada umumnya di jual ke pasar pada saat beratnya mencapai antara satu tigaa per empat kg sampai dua stengah kg, sedangkan ayam jantan antara tiga kg sampai empat kg. Ayam yang semakin cepat pertumbuhannya maka semakin ekonomis untuk dipelihara.

Ketiga, Ayam berfungsi ganda. Ayam pada jenis ini merupakan campuran antara  ayam petelur dan ayam pedaging. Dominiques, Plymouth Rocks, Sussex, Orpington, and  Wynadottes adalah beberapa ras ayam dari ayam berfungsi ganda. Ayam kampung di negara kita adalah termasuk pada jenis ini.

Telur ayam jenis ini berwarna cokelat dan mereka membesarkan sendiri anak-anaknya. Pada umumnya mereka tidak menghasilkan berat tubuh secepat ayam pedaging dan juga tidak menghasilkan telur sebanyak ayam petelur. Ayam ini berciri khas sebagai ayam yang dipelihara dihalam rumah.

Peternak akan memperoleh telur ayam untuk konsumsi sehari-hari disamping sesekali memperoleh daging ayam jantan dari kelebihan jumlah yang diperlukan dan daging ayam-ayam tua yang sudah tidak produktif lagi.

Pertimbangan lain dalam memilih jenis varietas ayam adalah kondisi cuaca lokal di tempat peternakan berada. Ayam yang berbulu tebal akan lebih cocok dipelihara ditempat yang bercuaca lebih dingin dari pada ayam yang berbulu tipis.

Orpingtons, Brahmas, Cochins. Plymouth Rock, Rode Islands Reds dan Wyandottes adalah ayam-ayam berbulu tebal yang berarti cocok pada cuaca dingin. Leghorn, Minorca, Andalusian, Hamburgs dan ayam Mediterranean lainnya akan lebih baik dipelihara di tempat-tempat yang bercuaca lebih hangat.

Untuk lebih jelasnya dalam menentukan farietas yang cocok dengan cuaca lokal ditempat Anda, sebaiknya dikonsultasikan pada Dinas Peternakan Ayam setempat atau perusahaan peternakan ayam terdekat.

Tulisan terkait :
loading...
Kelebihan Beternak Ayam Petelur | Penulis | 4.5