Kebutuhan Harian Pakan Ayam Pedaging-Petelur

Dari namanya, ayam ras pedaging merupakan unggas yang menghasilkan daging.kebetuhan harian pakan yam pedaging-petelur Di kalangan masyarakat, ayam ras pedaging lebih sering disebut ayam broiler. Dagingnya sangat digemari konsumen. Ayam ras pedaging merupakan hasil seleksi genetik yang sangat ketat yang memang dititikberatkan pada keceppatan pertumbuhan yang tinggi dengan tingkat efisiensi pakan yang tinggi pula.

Efisiensi pakan dan produktivitas ras pedaging yang tinggi merupakan faktor utama seorang ternak ingin memelihara ayam ini. Meemang, harga jual ayam broiler lebih berfluktuatif dibandingkan dengan ayam kampung. Namun, iming-iming perputaran modal yang lebih cepat dibandingkan dengan ternak lainnya menjadi faktor lainnya.

Artikel terkait.

Selain itu, ayam ras pedagin memiliki efisiensi pakan yang tinggi, dengan jumlah pakan rata-rata 1,5-1,6 kg dapat menghasilkan 1 kg daging. Produktivitasnya yang tinggi juga bisa diperoleh dalam waktu singkat, yaitu sekitar 35-42 hari. Beberapa hal inilah yang menjadi pertimbangan untuk membuka usaha peternakan ayam broiler.pakanayam pedaging dan petelur

Menurut SNI, kandungan protein kasar ransum ayam ras pedaging minimal 19% dan finisher 18%. Terdapat dua spesifikasi kebutuhan nutrisi untuk ayam ras pedaging, yaitu pakan mengandung nutrien tinggi (high nutrient density diet) dan kandungan nutrien rendah (low nutrient density diet).

Ayam Kampung Pedaging

Ayam kampung pedagin merupakan unggas yang dimanfaatkan dagingnya. Daging ayam kampung juga digemari oleh konsumen, walaupun karakteristik pertumbuhannya berbeda dengan ayam broiler. Perbedaan ayam ras pedaging dan ayam kampung pedaging terlihat dari kecepatan pertumbuhannya. Seleksi genetik yang ketat masih belum dilakukan pada ayam kampung sehingga pertumbuhannya masih sangat lambat dan efisiensi pakannya masih terbilang rendah.

Efisiensi pakan dan produktivitas ayam kampung yang rendah bukanlah penghalang bagi masyarakat yang ingin beternak ayam kampung pedaging. Hal itu karena permintaan akan daging ayam kampung cukup tinggi, terutama di kota-kota besar disertai harga yang relatif leibih stabil, lebih mahal, dan pemasaran yang mudah dibandingkan dengan ayam broiler. Berkembangnya berbagai menu masakan berbahan dasar ayam kampung yang mempunyai cita rasa berbeda merupakan faktor daya tarik yang kuat untuk beternak ayam kampung pedaging.

Efisiensi pakan yang rendah terlihat ddari jumlah pakan yang diberikan untuk menghasilkan daging lebih banyak, yaitu sekitar 3-4 kg pakan untuk menghasilkan 1 kg daging. Jangka waktu pemeliharaannya cukup lama, yaitu sekitar 3-4 bulan. Hal itu dapat diatasi dengan melakukan seleksi terhadap bibit yang digunakan. Seleksi terhadap bibit dilakukan dengan memilih ayam terbaik dari beragamnya potensi genetik ayam kampung.

DOC yang digunakan sebaiknya sebaiknya dipilih dari induk yang memiliki sifat pertumbuhan yang lebih cepat seperti ayam kedu, nunukan, dan ayam pelung. Sementara itu, besarnya biaya pakan untuk menghasilkan daging dapat diatasi dengan membuat pakan yang tepat. Pakan ayam kampung harus disesuaikan dengan kecepatan pertumbuhan agar diperoleh keuntungan yang tinggi.

Ayam Ras Petelur

Ayam ras petelur merupakan ayam penghasil telur dengan produktivitas tinggi. Telur ayam ras sangat digemari oleh konsumen dan merupakan sumber protein hewani yang murah. Potensi pasar dari ayam ras petelur sangat luas karena permintaannya tidak pernah turun dari tahun ke tahun, bahkan cenderung meningkat.

Ayam ras petelur memerlukan nutrien yang tepat untuk dapat menghasilkan produktivitas dan efisiensi pakan yang tinggi. Jadi, nutriennya dikhususkan untuk pertumbuhan dan produksi telur. Kandungan nutrien yang terdapat dalam pakan juga seharusnya disesuaikan dengan jumlah telur yang akan dihasilkan.

Ayam Kampung Petelur

Ayam kampung petelur memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan ayam ras petelur. Walaupun ayam kampung petelur mempunyai produktivitas yang rendah, tetapi telurnya lebih banyak dikonsumsi oleh golongan masyarakat tertentu yang membutuhkan bahan pangan untuk tujuan meningkatkan kesehatan. Telur ayam kampung banyak digunakan untuk campuran jamu. Harganya stabil dan mudah dipasarkan.

Produktivitas yang rendah dari ayam kampung petelur selain disebabkan oleh kemampuan genetik, juga masih adanya sifat mengeram. Untuk meningkatkan produktivitas ayam kampung petelur, perlu dilakukan seleksi terhadap bibit dan melakukan teknik penghilangan atau penurunan sifat mengeram, seperti memisahkan ayam dengan telur dengan telur yang dierami, meningkatkan pencahayaan pada sarang, memandikan ayam kampung, dan menjemurnya di bawah sinar matahari. Dengan melakukan seleksi terhadap sifat mengeram ayam, produktivitas dapat ditingkatkan sebesar 4,28% per generasi.

Kebutuhan nutrien ayam kampung berdasarkan hasil penelitian sangat bervariasi. Hal itu karena genetik ayam kampung di Indonesia juga beragam. Ayam kampung mulai bertelur pada umur 18-20 minggu.

Tulisan terkait :
loading...
Kebutuhan Harian Pakan Ayam Pedaging-Petelur | Penulis | 4.5