Kebersihan Kandang Modal kesehatan Burung Merpati

Kebersihan kandang merupakan modal kesehatan burung merpati.Oleh karena itu hendaknya kandang burung merpati benar-benar selalu bersih dan selalu dibersihkan dengan jadwal yang ketat – pembersihan kandang burung merpati sehari dua kali boleh jadi perlu.

Perlu disadari bahwa kesehatan burung yang baik tidaklah dapat digantikan, sehingga semua burung yang lemah, sepantasnya bahkan seharusnya dibuang dari kandang.

Artikel terkait.

Air minum sering merupakan sumber penyebaran penyakit.

Burung sakit kandang juga muntah dan burung lain kadang memakan bijian yang telah terkena penyakit dalam muntahan itu. Penyebaran penyakit melalui cara seperti ini sulit dicegah, sehingga langkah terbaik adalah menyapu bijian yang tidak dimakan oleh burung dan secepat mungkin kita memisahkan burung yang kita perkirakan sakit.Membersihkan kandang burung merpati

Penyebab utama penyebaran penyakit dalam kandang adalah terlalu banyaknya burung dalam kandang.

  1. Penyebab utama dari penyebaran penyakit adalah karena kandang banyak terisi burung. Dengan demikian kita mempunyai alasan kuat untuk mengurangi jumlah burung dalamkandang menjadi sesedikit mungkin.
  2. Kekacauan selalu terjadi pada kandang yang terlalu padat penghuninya. Akan terjadi banyak perkelahian, dan burung yang lemah akan tersudutkan. Sekali burung menjadi pemurung, boleh jadi burung ini akan mati karena menderita.
  3. Lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada kandang yang padat isinya, karena kandang lebih cepat kotor. Dan kalau kegemaran memelihara burung ini sudah berubah menjadi keharusan/kewajiban, maka kadang langkah “potong-jalan” terpaksa dilakukan, sehingga dapat menggagalkan semua rencana semula.
  4. Pada saat bertelur, burung betina akan lebih sering diganggu oleh burung lain di luar pasangannya. Untuk menjaga perencanaan semula maka pengawasan terpaksa dilakukan dengan lebih ketat dan benar-benar dikuasi.
  5. Kalau suatu ketika burung dilepas – seperti halnya memelihara merpati pos – boleh jadi kita akan membuat jengkel tetangga, karena banyak burung yang terbang di sekeliling rumah mereka.
  6. Memelihara burung merpati dalam jumlah banyak memerlukan biaya tinggi. Ini dapat menjadi penyebab kericuhan dalam keluarga burung sampai berkait dengan dana keperluan keluarga. Juga tingginya biaya itu dapat menjadi alasan, sehingga kita menurunkan anggaran untuk membeli makanan burung bermutu rendah.
Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Kebersihan Kandang Modal kesehatan Burung Merpati | Penulis | 4.5