Kandungan Kimia Dan Asam Glutamat Sarang Walet

Kandungan kimia dan asam glutamat sarang walet.Asam 1-glutamat adalah asam amino non-esensial. Namun, dalam kondisi tertentu, asam amino ini berfungsi sebagai contingency nutrient, sehingga menjadi esensial. Asam L-glutamat berperan sebagai pengendalian neurotransmitter yang berpengaruh pada kemampuan kognisi (pengenalan mengenai sesuatu hal), dan bermanfaat untuk mencegah demisia (pikun) dan meningakatkan daya ingat.

Selain asam amino tersebut, ada 6 mineral yang sudah diketahui seperti kalsium, besi, phospor, kalium dan natrium. Di dalalm tubuh, kalsium berperan untuk pembentukan tulang.

Artikel terkait.

Sayangnya, mineral dan senyawa penting sarang walet mudah lenyap. Oleh karena itu, sarang walet tidak perlu dicuci, sebab glikoprotein akan terbuang.

Sarang burung walet berdasarkan penelitian para ahli yang lain menyebutkan, bahwa sarang walet memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat, yaitu mengandung:

  • 50-65% Protein,
  • 25% Karbohidrat, dan
  • 10% Air.

Namun, karena jenis dan lingkungan dimana walet tersebut berasal berbeda-beda, sehingga tidak semua sarang yang dihasilkan oleh burung walet mempunyai kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang berbeda, sebagai gambaran kita bandingkan komposisi antara sarang walet putih dengan sarang walet merah.Kandungan Kimia Dan Asam Glutamat Sarang Walet

Sarang walet putih mengandung N-acetylneuraminic acid. Sedangkan pada sarang merah mengandung ovotransferrin protein. Ovetransferrin adalah glikoprtein dari albumin (putih telur). Transferrins adalah protein pengikat besi.

Perbedaan asam amino yang lebih tinggi dari sarang putih, seperti serine, veline, aspatic, thereorine, isoleusine, leusine.  Kandungan lain sarang putih adalah natrium (Na) 650 ppm, kalium (K) 110 ppm, fospor (P) 40 ppm, magnesium (Mg) 330 ppm dan besi (Fe) 30 ppm.

Sedangkan sarang burung walet basah menunjukkan asam amino sebanyak 17 macam dan tertinggi terdapat Leusin (5,9%) Asam partat (5,5%), Glutamat (5,5%) dan Triosin (5,2).

Artikel terkait.

Bagi masyarakat tradisonal Cina, sarang walet merupakan bahan pengobatan penting selain ginseng. Masyarakat Cina percaya, sarang burung walet mampu memperbaiki pertumbuhan sel dan memperbaharui pertumbuhan kulit.

Penggunaan sarang burung walet secara jangka panjang akan mempercantik permukaan kulit. Sarang burung walet juga memberi manfaat kepada golongan tua dan lemah untuk mempertahankan daya ketahanan mereka terhadap penyakit.

Berdasarkan kitab penting dalam bidang pengobatan Cina, Compondium of Materia Medica, terbukti sarang burung berfungsi untuk kesehatan paru-paru, pinggang, perut dan ginjal.

Kandungan Kimia Sarang Burung

  • 9% moisture
  • 20% inorganic ash
  • 32.3% protein (Glycoprotein & 17 tyoes amino acids)
  • 38.7% carbohydrate (sialic acid, hexosamines, hexoses, deoxyexose).

Kajian pengobatan Cina di Beijing mendapati sarang burung Walet merupakan bahan pemutihan kulit dan juga baik untuk kesehatan mata. Bagi pengidap asma, sarang walet juga dikatakan merupakan bahan terbaik guna memulihkan sistem pernafasan dan memperkuatkan paru-paru.

Hasil dari berbagai macam eksperimen dan penelitan menunjukkan bahwa sarang burung walet juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Zat kolagen yang terkandung dalam setiap sarang burung Walet dapat melancarkan pembuluh darah meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan.
  • Sarang burung walet dapat mengurangkan dahak dan menyembuhkan batuk. Ini juga merupakan nutrisi bagi paru-paru dan menguatkan saluran pernafasan.
  • Sarang burung walet yang diberikan kepada ibu semasa kehamilannya dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, memperkuat paru-paru bayi yang dikandung. Juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.
  • Untuk wanita, jika sarang walet dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan daya metabolisme, memperbaiki kulit serta melambatkan proses penuaan.
  • Untuk orang tua, konsumsi sarang walet secara teratur dapat menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Untuk anak-anak, sarang burung walet dapat membesarkan daya serap nutrisi yang ada pada setiap makanan, dan memperkuat paru-paru.
  • Merupakan makanan yang amat baik untuk mencegah serangan cancer.

Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam sarang walet serta tingginya permintaan akan sarang walet oleh negara-negara lain dan masih minimnya hasil sarang walet di Indonesia memicu semakin terbukanya peluang dalam bisnis ini.

Bisnis sarang walet merupakan sebuah peluang usaha yang sangat bagus, karena burung walet dapat berkembang biak dengan baik di Indonesia.

Dari seekor burung walet, Anda memiliki banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini. Anda bisa belajar menjadi peternak burung walet, pedagang srang walet dan pemroses sekaligus exportir sarang walet.

Tulisan terkait :
loading...
Kandungan Kimia Dan Asam Glutamat Sarang Walet | Penulis | 4.5