Kandungan Gizi Pada Pakan Ransum Ternak

Kandungan Gizi Pada Ransum Pakan Ternak-Gizi adalah zat-zat yang terkandung dalam ransum ternak yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Karbohidrat, lemak dan protein akan membentuk energi sebagai hasil pembakar.

1. Karbohidrat

Artikel terkait.

Karbohidrat adalah sumber tenaga dan energi ynag dipakai dalam setiap aktivitas di dalam tubuh dan gerak itik. Sumber karbohidrat antara lain terdapat dalam jagung, beras, sogum dan dedak padi.

2. Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber tenga serta mengandung vitamin A, D, E dan K. Kelebihan karbohidrat ditimbun di bawah kulit tubuh sebagai lemak. Jadi kekurangan lemak bisa diisi oleh karbohidrat. Tetapi lemak yang berlebihan dapat menyebabkan terganggunya saluran reproduksi. Adapun sumber bahan ransum yang mengandung lemak adalah jagung, kedelai dan minyak ikan.Kandungan Gizi Pada Pakan Ransum Ternak

3. Protein

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, mengganti jaringan-jaringan yang  rusak serta berproduksi. Kebutuhan protein kasar tergantung pasa fase hidup itik. Selain persentase total kandungan protein di dalam makanan, perlu juga diperhatikan keseimbangan asam amino yang membentuk protein tersebut.

Untuk menjaga keseimbangan asam aminio tersebut, penyusunan ransum dianjurkan terdiri dari berbagai macam bahan baku. Dengan demikian kekurangan suatu asam amino dapat ditutupi oleh asam amino yang diperoleh dari bahan baku lainnya. Berdasarkan sumbernya, protein dapat digolongkan menjadi dua, yaitu protein yang berasal dari hewan dan protein yang berasal dari tanaman.

Artikel terkait.

Protein hewan  Protein yang berasal dari hewan mempunyai nilai hayati yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang berasal dari tanaman. Sumber protein hewani antara lain terdapat dalam tepung ikan, hasil ikutan daging dari tempat pemotongan hewan dan susu bubuk kering.

Protein nabati Protein nabati berasal dari tanaman seperti jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kacang hijau dan bungkil kacang tanah. Akan tetapi kelebihan protein dapat mengakibatkan penurunan pertumbuhan ringan, penurunan penimbunan lemak tubuh dan kenaikan tingkat asam urat di dalam darah. Selain itu dapat pula mengakibatkan litter menjadi basah yang disebabkan ternak mengkonsumsi air yang berlebihan.

4. Mineral

Mineral merupakan zat pembangun pertumbuhan dan produksi. Kebutuhan mineral relatif sedikit tetapi kekurangan mineral relatif sedikit tetapi kekurangan mineral dapat mengakibatkan efek yang tidak menguntungkan pada ternak itik. Sumber mineral adalah dari makanan hijauan dan dari hewan.

5. Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan dalam metabolisme kalsium dan fosfor yang berfungsi sebagai pembentukan tulang dan kulit telur.

Energi

Energi merupakan hasil dari proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak di dalam tubuh dengan satuan pengukur kalori.

Energi diperlukan untuk semua kegiatan fisiologis dan produksi itik termasuk aktivitas pernapasan, sirkulasi darah, pencernaan makanan dan sebagainya. Karbohidrat dan lemak merupakan bahan makanan sumber energi metabolisme adalah sebagai berikut:

Fase starter    : 2800 – 3000 kkal/kg

Fase grower    : 2500 – 2700 kkal/kg

Fase layer        : 2600 – 2800 kkal/kg

Tulisan terkait :
loading...
Kandungan Gizi Pada Pakan Ransum Ternak | Penulis | 4.5