Kandungan Gizi Dan Zat Pada Sarang Walet

Kandungan gizi dan zat pada sarang walet.Kandungan asam aminonya yang lengkap menjadikan protein sarang walet dapat diserap tubuh dengan sempurna.

Setiap jenis asam amino yang terdapat dalam sarang walet mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu:

Artikel terkait.

LEUSIN

Leusin adalah asam amino esensial alifatik yang penting dari tubuh hewan. Salah satu perannya adalah terlibat dalam siklus glutamat-glutamin di dalam otak. Glutamat adalah salah satu neurotransmiter yang terlibat dalam konsolidasi memori pada proses belajar dan mengingat. Jadi, Leusin berguna bagi Kecerdasan otak dan memperkuat daya ingat.

VALIN

Valin diperlukan dalam pertumbuhan dan penampilan, terutama berfungsi dalam sistem saraf dan pencernaan. Beberapa ahli menyebutkan manfaat valin untuk tubuh adalah membantu menyembuhkan gangguan saraf  otot, mental, emosional, insomnia, dan keadaan gugup.

TREONIN

Beberapa ahli telah menemukan manfaat dari Treonin untuk tubuh manusia diantaranya untuk mencegah dan mengobati gangguan mental. Sebenarnya asam amino ini bekerja pada sistem pencernaan, dan melindungi hati.Kasiat Mengkonsumsi Sup Sarang Burung Walet

Artikel terkait.

FENILALANIN

Asam amino ini bertugas mengontrol berat badan, karena efeknya dalam mengatur sekresi kelenjar tiroid, dan menekan nafsu makan.

LISIN

Asam amino ini bertugas untuk menghambat pertumbuhan virus. Bersama dengan vitamin C, A, dan Seng, Lisin membantu mencegah infeksi.

ISOLEUSIN

Isoleusin ini diperlukan dalam produksi dan penyimpanan protein oleh tubuh dan pembentukan hemeglobin. Juga berperan dalam metabolisme dan fungsi kelenjar timus dan kelenjar pituitari.

METIONIN

Metionin adalah suatu asam amino dengan gugusan sulfur yang diperlukan tubuh dalam pembentukan asam nukleat dan jaringan serta sintesa protein. Juga menjadi bahan pembentuk asam amino lain (sistein) dan vitamin (kolin). Metionin bekerja sama dengan vitamin B dan asam folat dalam membantu tubuh mengatur pasokan protein berlebihan dalam diet tinggi protein.

Selain itu, fungsi penting lain metionin adalah membantu menyerap lemak dan kolesterol. Karena itu, metionin merupakan kunci kesehatan bagi hati yang berhubungan banyak dengan lemak. Defisiensi metionin dapat berakibat rematik kronis, pengerasan hati (sirosis), gangguan ginjal.

ARGININ

Arginin adalah asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk pembuatan cairan seminal (air mani), dan memperluat sistem imun. Sebagai suplemen, biasanya digunakan bersama asam amino lain, misalnya lisin.

HISTIDIN

Asam amino ini diperlukan pada saat pertumbuhan untuk memperbaiki jaringan tbuh dan mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang diproses di dalam hati. Histidin dikonversi tubuh menjadi histamin, yang merangsang pengeluaran asam lambung.

Tetapi juga sering diperlukan suplementasi histidin sendiri pada usia lanjut, karena terjadi gangguan sintesa dan penyerapannya oleh tubuh. Defisiensi histidin dapat berakibat rasa nyeri pada sendi, dan urine yang mengandung histidin menunjukkan adanya gejala artritis reumatoid.

SISTEIN

Sistein yang merupakan asam amino yang mengandung sulfur, diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah putih yang berfungsi sebagai salah satu fungsi imun. Asam amino ini termasuk tidak esensial, karena di dalam tubuh diproduksi dari metionin. Namun, menjadi esensial bila tubuh membutuhkannya dalam jumlah lebih besar, misalnya pada mereka yang baru menjalani operasi.

Tulisan terkait :
loading...
Kandungan Gizi Dan Zat Pada Sarang Walet | Penulis | 4.5