Kandungan Gizi dan Protein Telur Ayam

Kandungan gizi dan protein telur ayam.Dalam kebanyakan burung dan reptilia, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga emrbrio. Telur-telur reptilia dan burung diselimuti kerak pelindung, yang memiliki lubang yang sangat kecil agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernapas.

Sebenarnya hampir semua jenis telur yang dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh.

Artikel terkait.

Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Gizi Telur Ayam

Telur merupakan bahan makanan yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging ayam, tahu, tempe, dan lain-lain. Telur mempunyai citarasa yang enak sehingga digemari oleh banyak orang.

Telur juga berfungsi dalam aneka ragam pengolaha bahan makanan. Selain itu, telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan. Hampir semua orang membutuhkan telur.kandungan gizi dan protein telur ayam

Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandungan lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Kandungan kolesterol di dalam 100 gram telur adalah sekitar 424 mg.

Padahal kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg per hari. Jadi, mengkonsumsi telur sebaiknya cukup sekitar 2 butir per minggu. Selang-selingi lauk hewani dengan bahan makanan lain untuk meningkatkan variasi makanan.

Artikel terkait.

Setidaknya ada 7 alasan kenapa kita mesti mengkonsumsi telur:

  1. Sumber protein. Telur sumber protein yang alami, bahkan merupakan satu dari protein berkualitas tertinggi. Bahkan makanan ini menyediakan semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh kita.
  2. Sumber energi. Butuh sarapan kilat? Ambil saja telur rebus. penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk sarapan, seperti telur, bisa membantu Anda merasa lebih berenergi dan lebih kenyang sepanjang hari. Manfaat sarapan sendiri juga untuk memperbaiki memori dan meningkatkan konsentrasi.
  3. Telur itu ekonomis. Bila dirata-rata, per butir telur harganya hanya Rp. 1.200 – Rp. 1.400. Artinya, jauh lebih murah daripada bahan makanan berprotein tinggi lain per porsinya.
  4. Telur baik untuk jantung. Penelitian yang telah dilakukan selama lebih dari 30 tahun menyimpulkan bahwa orang dewasa yang sehat bisa menikmati telur tanpa memengaruhi risiko penyakit jantung.
  5. Gampang dimasak. Hanya dengan direbus, dibuat telur mata sapi, atau telur dadar, Anda bisa mendapatkan sarapan yang lezat. Waktu memasaknya tak lebih lama daripada jika Anda membuat sereal atau oatmeal.
  6. Baik untuk perkembangan janin. Telur merupakan sumber koli, nutirisi penting untuk perkembangan janin dan bayi. Ibu hamil yang mnedapatkan cukup kolin dalam menu makanannya bisa membantu meengurangi risiko cacat lahir tertentu pada bayi, dan mendukung perkembangan otak dan memorinya.
  7. Mengandung vitamin dan mineral. Sebutir telur memiliki 13 vitamin dan mineral penting dalalm jumlah yang bervariasi. Sebutir telur juga hanya mengandung 70 kalori. Jadi selama tak dikonsumsi berlebihan, telur aman dikonsumsi setiap hari.
Tulisan terkait :
loading...
Kandungan Gizi dan Protein Telur Ayam | Penulis | 4.5