Kandang Postal-Ren-Baterai Untuk Ayam Petelur

Kandang Postal-Ren-Baterai Untuk ayam petelur.Merupakan kandang yang tidak disertai dengan halaman umbaran yang beralaskan litter, sehingga dalam pemeliharaannya ayam tidak lepas dan selalu terkurung sepanjang hari di dalam kandang.

Kebutuhan luas kandang per meter persegi adalah untuk 4-5 ekor ayam. Kelebihan menggunakan model postal adalah lebih menghemat tempat karena tanpa halaman umbaran, menghemat biaya, dan pembuangan kotoran lebih mudah.

Artikel terkait.

Kelemahannya adalah pemeriksaan kesehatan terhadap ayam sakit lewat kotoran menjadi sulit, jika ada ayam yang sakit dapat menular cepat, sering timbul perkelahian, bila liter dalam keadaan lembap dapat menimbulkan penyakit.

Kandang Ren

Kandang yang dibangun sebagian merupakan tempat yang tertutup untuk tempat bertelur dan berteduh, dan sebagian lain adalah tempat yang terbuka yang dibatasi oleh pagar yang merupakan halaman umbaran. Kepadatan populasi per meter persegi adalah untuk 1 ekor ayam. Kelebihan model ini adalah dapat memperoleh sinar matahari pagi.Kandang Postal-Ren-Baterai Untuk Ayam Petelur

Kelemahannya adalah kurang ekonomis, produktivitas masing-masing ayam sulit diketahui. Bila ada ayam yang sakit dapat menular dengan cepat.

Kandang Baterai

Ini merupakan kandang yang berbentuk sangkar empat persegi panjang yang disusun berderet-deret memanjang bertingkat dua ataupun bertingkat tiga, dan setiap sangkar (ruangan) hanya menampung satu ekor ayam yang ditata secara bersambungan satu sama lain, sehingga membentuk unit-unit memanjang yang mampu menampung ayam hingga ratusan dan bahkan ribuan ekor.

Artikel terkait.

Lantai kandang merupakan bilah-bilah bambu atau pun kawat yang disusun tidak rapat agar kotoran ayam dapat langsung jatuh ke tanah. Ukuran luas sangkar kandang satu ekor ayam adalah panjang 45 cm, lebar 25-30 cm, dan tinggi 40-45 cm.

Pintu kandang terletak di bagian muka, pada sisi yang berukuran 40-45 cm x 25-30 cm. Model kandang ini paling sesuai dan efektif untuk daerah tropis yang panas dan lembap seperti di Indonesia, serta cocok untuk lahan yang sempit.

Kandang baterai ini memiliki sistem ventilasi yang sangat baik, karena udara leluasa masuk ke dalam setiap sangkar. Udara dapat bertiup pada setiap ekor ayam, baik dari samping maupun bawah, karena baterai ditempatkan minimal 40 cm dari permukaan lantai.

Kondisi ventilasi pada kandang baterai yang baik, memungkinkan kandang mampu menampung populasi ayam lebih banyak daripada lantai litter dengan luas kandang yang sama. Disamping memiliki segi-segi yang menguntungkan bagi peternak, kandang baterai ini juga memiliki kekurangan-kekurangan yang harus diantisipasi.

Beberapa keuntungan kandang model ini adalah sebagai berikut:

  • Lebih menghemat tempat dan dapat dibuat bertingkat.
  • Produktivitas masing-masing ayam mudah diketahui.
  • Pengawasan kesehatan ayam lebih terjamin.
  • Penyebaran atau penularan penyakit secara luas dapat dicegah.
  • Energi yang dikeluarkan lebih sedikit, sehingga ayam dapat berproduksi maksimal.
  • Mencegah terjadinya kanibalisme.
  • Memudahkan pemeliharaan seperti pemberian pakan, minum, dan lain-lain.
  • Memudahkan dalam pengambilan telur.
  • Ventilasi alamiah berlangsung lancar, sehingga memungkinkan ayam merasa lebih nyaman.

Beberapa kelemahan pada kandang model ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya yang dikeluarkan untuk membuat kandang lebih besar.
  • Persentase telur pecah lebih tinggi bila alas kandang tidak diberi bahan yang empuk.
  • Sering banyak lalat bila kandang sempit dan tertutup, serta terlambat membuang kotoran.
  • Jika penyusunan ransum kurang baik, ayam akan cepat menderita penyakit defisiensi.
  • Mudah terjadi kelumpuhan, jika ayam yang dimasukkan dalam kandang baterai tersebut belum waktunya, karena uratnya masih lemah.

Sebelum kandang baterai dipasang, terlebih dahulu harus dibangun kandang utama yang terdiri atas tiang dan atap, yang berfungsi melindungi kandang baterai tersebut. Kandang baterai ini sebenarnya termasuk kandang yanag paling sederhana karena yang diperlukan hanyalah tiang-tiang dan atap.

Lantai kandang cukuplah dari tanah saja tanpa adukan pasir dan semen, sehingga mudah meresap kotoran cair. Kandang bisa dibuat tanpa dinding, karna ayam berada di dalam baterai terus menerus.

Tulisan terkait :
loading...
Kandang Postal-Ren-Baterai Untuk Ayam Petelur | Penulis | 4.5