Jenis Walet Yang Bagus Untuk Di budidaya

Jenis Walet yang bagus untuk di budidaya.Walet berasal dari famili Apopidae, penyebarannya hampir ke seluruh dunia, famili Apopidae terdiri dari dua kelompok, kelompok pertama adalah walet ekor duri (genus Chaetura), kelompok walet gua (genus Colocalia), dan walet hitam dari Amerika Utara (genus Cypseloides).

Kelompok yang kedua hanya satu genus, yaitu Apus. Namun, dari sekian banyak spesies, hanya dua spesies yang namanya terkenal dalam dunia bisnis walet, yaitu Colloocalia Fuciphaga dan Collocalia Maxima. Sarang walet dari kedua spesies inilah yang banyak diburu sejak ratusan tahun lalu.

Artikel terkait.

Collocalia Fuciphaga banyak ditemukan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan juga di beberapa pulau di Nusa Tenggara, sedangkan Collocalia Maxima banyak terdapat di Kalimantan dan Sumatera.

Kedua spesies itu oleh para ahli walet dibedakan lagi kedalaman beberapa jenis kelompok atau ras. Sehingga, Collocalia Fuciphaga yang berada di Jawa dan Kalimantan belum tentu berasal dari ras yang sama.Jenis Walet Yang Bagus Untuk Di budidaya

Namun, pengelompokan genus dan spesies walet sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Beberapa literatur yang diterbitkan sekitar tahun 1990-an menyebutkan Indonesia memiliki tiga spesies walet yang sarangnya dikategorikan edible-nest swiflets atau bisa dimakan, yaitu Collocalia Fuciphaga alias Aerodramus Fuciphagus, Collocalia Maxima alias Aerodramus Maximus, dan Collocaia Germani alias Aerodramus Germani.

Sedangkan menurut penelitian lainnya pada tahun 1995, Germani dari spesies Collocalia Fuciphaga tidak tergolong spesies, tetapi hanya merupakan ras dari Fuchiphaga. Selain itu, dalam peta penyebarannya, germani tidak ditemukan di Indonesia, ras ini hanya bisa ditemukan di Pulau Hainan di selatan China, pesisir Vietnam, pesisir Kamboja, Kepulauan Mergui-Birma, selatan Thailand, semenanjung Malaysia, dan selatan Flipina.

Klasifikasi burung walet adalah sebagai berikut:

Superorder : Apomorphae

Artikel terkait.

Order           : Apodiformes

Family         : Apodidae

Sub Family : Apodenae

Tribes          : Collacaliini

Genera         : Collacalia

Species         : Collacaliafuciphaga

Walet mempunyai hubungan kekerabatan dekat dengan burung klibri. Kedua kelompok burung tersebut termasuk dalam, satu ordo Apodiformes. Semua jenis walet mempunyai bentuk tubuh yang hampir sama. Burung ini sering dikicaukan dengan burung kepinis, padahal secara taksonomi sama sekali tidak mempunyai hubungan.

Identifikasi walet bisa berdasarkan bentuk ekor dan ukuran tubuhnya. Apabila bentuk ekor meruncing atau terbelah dalam, ukuran kepala dan badan sekitar 16 cm dengan gaya terbang berputar-putar, diduga spesies Hydrochaous gigasi.

Namun, lain degan spesies Collocalia esculenta, Aerodramus fuciphagus, Aerodramus vanikorensis, Aerodramus brevirostris, dan Aerodramus maximus, meskipun bentuk ekor dan cara terbangnya sama dengan Hydrochaous gigas, ukuran tubuh mereka relatif lebih kecil.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Walet Yang Bagus Untuk Di budidaya | Penulis | 4.5