Jenis Tepung Hijauan Yang bagus Untuk Pakan Ternak

Jenis tepung hijauan yang bagus untuk pakan ternak-Hijauan merupakan sumber nutrien yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan bahan pakan alternatif. Sebelum digunakan dalam formula pakan, umumnya hijauan tersebut harus dijadikan tepung terlebih dahulu.

Peranan tepung hijauan dalam pakan itik lebih banyak sebagai sumber karotenoid, yaitu pigmen warna yang dapat meningkatkan kepekatan warna kuning telur.

Artikel terkait.

Penggunaannya lebih optimal pada penyusunan pakan yang tidak menggunakan jagung kuning dalam formulanya. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tepung hijauan sangat terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi dan zat antinutrien.Jenis Tepung Hijauan Yang bagus Untuk Pakan Ternak

Tepung daun singkong

Daun singkong (Manihot utilissima) dapat digunakan sebagai sumber karotenoid untuk meningkatkan kepekatan warna kuning telur itik.  Selain itu, daun singkong merupakan sumber asam amino metionin.

Kelemahannya, daun singkong mengandung serat kasar tinggi dan terdapat kandungan asam sianida yang bersifat toksik terhadap itik jika digunakan dengan dosis berlebih. Dapat ditambahkan dalam pakan sebanyak 9%, menghasilkan warna kuning telur dengan skor 9.

Tepung daun lamtoro

Leucaena leucocephala atau lamtoro atau petai cina merupakan tanaman yang belakangan ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, termasuk itik. Daun lamtoro dikenal sebagai sumber karotenoid, tetapi kelemahannya mengandung zat antinutrien yang bernama mimosin. Mimosin atau mimosine atau  asam C-3-hidroksi-4 piridon amino adalah senyawa alkaloid yang merupakan asam B-amino.

Artikel terkait.

Senyawa ini bersifat toksis dan pertama kali diisolasi dari tumbuhan putri malu (Mimosa pudica). Kandungan mimosin dalam lamtoro dapat diturunkan dengan melakukan perendaman. Caranya, rendam 200 g daun lamtoro segar dalam 1.000 ml air. Biarkan pada suhu kamar selama 12 jam, kemudian saring dengan kain dan keringkan.

Tepung enceng gondok

Eceng gondok atau enceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah jenis tumbuhan air mengapung. Eceng gondok banyak tumbuh di danau-danau atau kolam sebagai tamana gulma.

Eceng gondok mengandung protein kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) sebesar 11,2% dan 20%. Namun, pemanfaatan eceng gondok sebagai pakan juga memiliki kelemahan, antara lain kadar airnya tinggi, kecernaan protein rendah, dan kadar hemiselulosanya tinggi. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan eceng gondok sebelum digunakan yakni dengan proses fermentasi.

Tepung kayambang

Kayambang atau dapat disebut juga duckweed, apu-apu, atau mata lele, merupakan tanaman air yang dianggap gulma dan menimbulkan kerugian terhadap usaha pertanian dan lingkungan hidup. Kayambang banyak dijumpai di kolam, danau atau waduk, serta daerah persawahan padi pada saat masih tergenang air. Kini, kayambang sudah dikenal potensinya sehingga banyak dibudidayakan.

Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai sumber karotenoid alternatif bagi ternak itik. Namun, penggunaannya terbatas karena serat kasarnya cukup tinggi.

Tepung kulit pisang

Bagian lain dari tanaman pisang yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan itik adalah kulit pisang. Kulit pisang dapat digunakan sebagai bahan pakan sumber energi dan sekaligus sumber beta karoten. Kandungan beta karoten dalam tepung kulit pisang mencapai 5,127 mg/100 g. Penggunaannya bisa sampai 205 untuk menggantikan jagung kuning. Potensi ketersediaannya cukup tinggi, terutama di daerah yang banyak pabrik pengolahan pisang menjadi selai atau keripik pisang.

Tepung daun pisang

Daun pisang bermanfaat sebagai sumber karotenoid yang dapat meningkatkan kepekatan warna kuning telur itik. Namun, penggunaannya terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi dan terdapat kandungan zat antinutrien.

Tepung daun katuk

Daun katuk dapat digunakan sebagai bahan pakan, terutama untuk mengahasilkan produk khusus, seperti telur rendah kolesterol. Pasalnya, ffitosterol yang terkandungan dalam katuk dapat menurunkan kolesterol pada telur maupun daging itik yang diberi tepung daun katuk.

Penggunaan daun katuk 5-15% dalam pakan itik dapat menurunkan kandungan kolesterol kuning telur (21,74-19,92 mg/g kuning telur). Katuk juga merupakan sumber karoten sebesar 10.020 ug/100 g dalam daun katuk segar. Penggunaan katuk sebanyak 5% dan 15% dalam pakan menghasilkan skor kuning telur 11. batas penggunaan daun katuk yakni kurang dari 15% dalam formula pakan itik.

Tepung daun beluntas

Daun beluntas (Pluchea indica) sering digunakan sebagai tanaman pagar. Sifat antimikroba daun beluntas telah dilaporkan oleh banyak hasi penelitian. Berkhasiatnya daun beluntas diduga diperoleh dari beberapa kandungan kimia seperti alkaloid, minyak asiri, dan flavonoid.

Daun beluntas banyak digunakan untuk mengurangi aroma amis daging itik. Selain itu, tanaman ini juga berperan sebagai sumber antioksidan dan sebagai sumber karotenoid yang akan meningkatkan kepekatan warna kuning telur yang diproduksi itik.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Tepung Hijauan Yang bagus Untuk Pakan Ternak | Penulis | 4.5