Jenis Sapi Bakalan Yang Cepat Untuk Digemukkan

Ada sapi jantan dan sapi betina bisa kita gunakan sebagai sapi bakalan pengemukkan.jenis sapi bakalan yang cepat untuk digemukkan banyak ragamnya.akan tetapi,sapi yang jantan lebih banyak di sukai oleh kalangan pembudidaya di badingkan sapi yang betina.

Kita bisa menggunakan beberapa jenis sapi untuk proses pengemukan baik sapi lokal indonesia,mapun sapi luar yang berasal dari impor.sebenarnya ada 3 jenis sapi yang bisa kita gemukkanmyati sapi asli lokal,sapi dari impor dan sapi yang di hasilkan dari persilangan.images (3)

Artikel terkait.

Sapi Lokal.

Banyak jenis sapi lokal yang sudah lama keberadaanya dan berkembang secara turun-temurun maka dengan itu,mereka disebut sapi lokal.banyak jenis sapi lokal yang tersebar luas di indonesia,akan tetapi banyak sapi yang tedapat di daerah tertentu saja,beberapa jenis sapi lokal antara lain.

Sapi Bali.

Jenis sapi yang berasal dari bali adalah sapi keturunan liar yang biasa orang lokal menyebutnya sapi banteng.jenis sapi bali sangat beragam serta memiliki banyak corak warna yang sangat khas.umumnya ia memiliki bulu yang halus,pendek dan mengkilap.jenis warna sapi betina yang masih mudah memiliki warna merah kecoklatan.

kaki dan perut sebelah kanan memiliki warna putih,memiliki warna pantat putih setengah melingkar.pada sapi yang jantan berumur 2 tahunan,warnanya akan memudah menjadi hitam serta akan berubah lagi setelah sapi berumur 3-4 tahun.

Pada dasarnya hanya di pulau bali sapi ini di ternakkan.namun sapi bali juga sudah banyak terdapat di daerah di seluruh indonesia.jenjs sapi bali memiliki keunggulan di banding dengan sapi dari daerah lainya.umumnya sapi bali memiliki kelebihan yaitu kehamilanya yang cukup tinggi lebih dari sapi lokal lainya.

Artikel terkait.

Jenis sapi bali juga sangat berpotensi sebagai sapi penghasil daging.sebab sapi ini akan mengalami kenaikan bobotnya dengan cepat jika di berikan pakan yang sesuai serta seimbang.

Sapi Madura.

Banyak kalangan menyatakan,kalau sapi madura berasal dari beberapa silangan dari sapi yang berasal dari india.hal tersebut bisa di katakan,sebab ada beberapa tanda yang terdapat pada sapi tersebut seperti punuknya.

Jika kita bandingkan dengan jenis sapi bali,sapi madura memiliki tubuh yang relatif kecil dan memiliki bobot tubuh sapi yang telah dewasa antara 230-350 kg.jenis sapi madura jika dalam keadaan murni hanya terdapat di pulau madura saja.akan tetapi,sejak zaman kemerdekaan,sapi madura banyak di bawa keluar dan sampai sekarang terseber di seluruh plosok indonesia.

jenis sapi ini mengiginkan pemeliharaan yang sangat teliti dan intensif.oleh sebab itu,banyak sapi madura yang berada di pulau flores dan pulau kalimantan perkembanganya kurang memuaskan.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Sapi Bakalan Yang Cepat Untuk Digemukkan | admin | 4.5