Jenis Pakan Untuk Burung Merpati

Jenis pakan untuk burung merpati.Merpati mesti diberi Pakan/makanan berimbang. Yang dimaksud makanan berimbang adalah makanan yang mengandung unsur-unsur yang paling diperlukan oleh burung dalam jumlah sedemikian rupa sehingga keperluan makanan dan gizi dipenuhi tetapi burung tidak menjadi gemuk oleh kelebihan makanan.

Kadang kita memberikan makanan kepada burung dengan mutu yang rendah, tetapi burung tidak menunjukkan akibatnya. Makanan yang buruk nilai gizinya tidak selalu memberikan pengaruh secara langsung.

Artikel terkait.

Tetapi kekurangan gizi yang berlarut-larut dapat mengakibatkan burung menjadi lemah dan kehilangan daya tahan tubuh, sehingga penyakit akan mudah menyerang. Kekurangan gizi juga mengurangi mutu peneluran dan kemampuan terbangnya.jenis pakan untuk burung merpati

Kita belum menemukan makanan khusus untuk merpati. Namun makanan untuk unggas dalam berbagai bentuk (yang halus, butiran dan bentuk pellet besar dan kecil) telah di temukan di pasaran. Ini dapat diberikan kepada merpati pula, sebab makanan ini pun dibuat darii biji-biji an yang dihaluskan dan kemudian diproses.

Namun selain makanan tersebut orang pun masih memberikan makanan berupa bijian yang masih utuh. Bijian utuh yang diberikan dapat berupa gabah, jagung, beras merah (atau beras biasa0, kacang hijau.

Ada yang memberikan bijian itu dalam perbandingan yang berubah-ubah, dan ada pula yang memusatkan pada pemberian biji jagung sebagai makanan utamanya, di samping pemberian kacang hijau yang melebihi biasanya bagi burung yang akan bertelur.

Biji-bijian itu harus dalam keadaan baik. Jangan sampai bijian itu disimpan terlalu lama sejak pemanenan. Bijian yang sudah mati intinya (ditanam tidak akan tumbuh) tidak sebaik bijian yang masih hidup intinya (ditanam masih tumbuh). Kalau sampai bijian itu berdebu, basah, atau mengandung cendawan, jangan diberikan kepada burung.

Memberikan makanan kepada merpati konsumsi tentu berbeda memberi makan merpati pos. Lebih-lebih kepada merpati pos yang akan diadu atau setelah terbang jauh. Di sini mutu gizinya perlu benar-benar diperhatikan, dalam bentuk pellet misalnya, maka perlu burung ini dilatih untuk memakan makanan yang memiliki bentuk khusus ini.

Artikel terkait.

Tapi umumnya memberikan makanan seperti ini tidaklah terlalu sulit. Sebab burung akan menerima makanan yang dapat dimakannya melalui nalurinya daripada mati kelaparan. Dan sekali burung menyadari makanan tersebut tidak mengganggunya, maka mereka pun akan menyukainya secara bertahap.

Di samping makanan bijian, sebenarnya merpati perlu mendapat makanan hijauan. Hijauan ini tidak perlu diberikan setiap hari, melainkan sekali-sekali saja. Seminggu sekali cukup. Ini pun diberikan kepada burung yang sepenuhnya dikurung, sebab burung yang diberi kesempatan terbang bebas dapat mencari hijauan di lapangan.

Umumnya peternak memberi makan merpati dua kali sehari, yaitu pagi hari dan lepas siang hari. Hingga banyak orang berkesimpulan bahwa merpati sebaiknya dibiarkan sedikit kelaparan daripada kekenyangan, sebab banyak burung-burung peliharaan yang mati karena kekenyangan daripada mati kekurangan makan.

Untuk menambah eratnya hubungan antara si pemelihara dengan burung yang dipelihara, selah satu cara yang ditempuh adalah dengan memberikan makanan kepada burungnya melalui tangannya. Makanan ditebarkan di lantai kandang, sedikit-sedikit, sambil memperhatikan keadaan burung (sehat atau sakit). Dengan cara ini burung akan segera mengenal si pemberi makanan dan cenderung menjadi jinak.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Pakan Untuk Burung Merpati | Penulis | 4.5