Jenis Pakan Ikan Koi Kualitas

Jenis pakan Ikan koi kualitas.Makanan pada ikan koi pada umumnya dipergunakan untuk merangsang pertumbuhan, meningkatlan kualitas warna dan menjaga kesehatan ikan. Ikan koi memiliki fungsi metabolisme tubuh yang paling baik pada suhu di atas 21 derajat Celcius.

Karena itu selain makanan yang mengandung unsur-unsur penting yang dibutuhkan ikan koi, perlu mempertimbangkan juga saat-saat yang tepat untuk memberikan makanan.

Artikel terkait.

Di dalam memberikan makanan pada ikan koi harus dijaga komposisi yang seimbang dan ideal antara makanan untuk mencerahkan warna. Makanan growth stimulant (untuk perkembangan) yang terlalu banyak akan membuat warna ikan koi menjadi pudar, meski pertumbuhan ikan akan sangat cepat.

Pemberian pakan dengan color enhancher yang berlebihan juga tidak baik karena pertumbuhan aan terhambat. Membuat koi menjadi indah dan berkembang dengan baik adalah denngan mengatur makanan berikut pola makannya.

Makanan memiliki peran yang cukup penting bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan koi. Selain faktor makanan faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan koi adalah kualitas air, temperatur air, kepadatan ikan dalam kolam, luas kolam dan faktor keturunan.

Meski ikan koi dapat tumbuh dan bertambah besar seiring bertambah usianya, namun pada usia matang untuk reproduksi (kurang lebih 2 tahun) pertumbuhan ikan koi akan mengalami perlambatan. Pada masa ini makanan lebih besar dipergunakan untuk produksi telur pada Koi Betina dan produksi Sperma untuk Koi Jantan.pakan ikan koi kualitas

Makanan bagi ikan koi seperti halnya hewan lain harus mengandung beberapa elemen, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Protein

Artikel terkait.

Protein terbuat dari asam amino. Tiga belas asam amino esensial harus terkandung di dalam diet koi. Protein memungkinkan koi tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak dan menghasilkan telur atau sperma dengan baik.

Kekurangan protein atau asam amino essensial menyebabkan ikan koi tumbuh lebih lambat dan jika masalah ini berlanjut, dapat menyebabkan deformasi tulang belakang. Sangat baik memilih makanan koi dalam bentuk pellet yang memiliki prosentase protein yang tinggi (di atas 30%). Protein alami dapat diperoleh dari hewan alam seperti cacing sutera.

Lemak

Lemak merupakan sumber energi untuk ikan koi, peran penting mereka dalam menyediakan fattyacids, seperti trigliserida dan fosfolipid, komponnen vital dari membran yang mengelilingi seluruh dinding sel. Koi dapat membuat hampir semua asam lemak yang mereka butuhkan dengn pengecualian dari asam linoleat dann linolenat, yang sangat penting dan harus disediakan dalam makanan.

Asam linolenat diperlukan untuk pertumbuhan. Semua lemak yang dibuat dalam cara yang mirip dengan protein, tetapi asam lemak, daripada asam amino, terikat bersama-sama dengan gliserol. Jika asam lemak esensial dihilangkan dari makanan, gejala rusak sirip, jantung dan dapat mengakibatkan masalah hati. Lemak memiliki titik lebur yang rendah dan karena itu lebih mudah dicerna oleh ikan koi.

Lemak dapat diperoleh dari bahan makanan dari ikan, keedelai dan minyak jagung dan gandum. Asam lemak menjadi tengik jika bersentuhan dengan udara yang dikenal dengan suatu proses kimia oksidasi. Dalam koi, hati adalah organ utama untuk menyimpan lemak dan jika diberi makan makanan basi kepada mereka, dapat menyebabkan penyakit dan kematian.

karbohidrat

Karbohidrat juga membentuk energi untuk metabolisme ikan koi. Terlalu banyak karbohidrat akan sangat buruk bagi kesehatan koi, yang mengakibatkan merosotnya kemampuan hari dalam menyimpan zat-zat glikogen. Squash, roti, kacang polong, jeruk buah-buahan dan semangka adalah sumber karbohidrat yang baik.

Vitamin

Vitamin penting untuk metabolisme tubuh untuk pertumbuhan ikan koi, kebutuhan vitamin akan meningkat selama masa pemijahan. Vitamin merupakan zat kompleks terstruktur, hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil di makanan, tapi kekurangan dapat menyebabkan gangguan klinis. Vitamin dibagi menjadi dua katogori: larut dalam lemak dan larut dalam air.

Vitamin yang larut lemak yang ditemukan dalam berbagai bentuk, semua yang dimetabolisme perlahan-lahan dan dapat disimpan dalam lemak tubuh. Kelebihan vitamin yang larut dalam lemak dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hypervitaminosis, yang tergantung pada vitamin, dan menyebabkan gangguan klinis.

Vitamin yang larut dalam air dapat diserap dengan mudah dan tidak biasanya diekskresikan. Vitamin A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, Biotin, Kolin & Folic Acidd. Vitamin C. Menjaga sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan resistensi terhadap penyakit.

Mineral

Mineral, akan membantu fungsi metabolisme dasar, serta melakukan tugas-tugas mereka sendiri, yang mencakup struktur kerangka bangunan, Osmoregulasi, pembangunan saraf, dan menjaga efisiensi pertukaran gas dalam sistem darah.

Sedikit yang diketahui tentang kekurangan mineral pada ikan, mungkin karena kebanyakan mineral diserap dari air sekitarnya. Biasnaya 12 persen dari diet terdiri dari mineral, yang terkandung dalam makanan ikan dalam bentuk abu.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Pakan Ikan Koi Kualitas | Penulis | 4.5