Jenis Pakan Burung Parkit Beserta Kandungan gizinya

Berikut ini jenis pakan untuk burung parkit beserta kandungan gizinya yang baik untuk burung parkit.yang pertama Dari jenis Beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat. Beras merah yang dikenal sejak tahun 2.800 SM ini, oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai.

Meski, dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru diatas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).

Artikel terkait.

Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik.images (2)

Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut, menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

Jagung Manis

Karbohidrat merupakan zat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk menghasilkan dan sebagai pertumbuhan. Jagung manis yang diberikan juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga dalam penyediaan air minum untuk penangkaran bisa dikurangi agar tidak terjadi water bloating yang menyebabkan burung parkit menderita diare.

Alangkah baiknya jika jagung manis diberikan dengan cara dicuci terlebih dahulu, agar residu pestisida yang digunakan oleh petani untuk membasmi hama pada jagung hilang dan tidak menyebabkan keracunan pada burung parkit.

Tulang Sotong

Artikel terkait.

Kebutuhan makhluk hidup terutama burung parkit akan mineral dan kalsium dapat disediakan dalam bentuk bubuk maupun berupa benda padat. Salah satu bahan pakan burung parkit yang banyak mengandung mineral dan kalsium adalah berupa tulang sotong.

Tulang sotong ini kaya dengan sumber kalsium, sodium klorida, kalsium fosfat dan garam magnesium yang bisa memberi manfaat kepada burung dan sebagai sumber yang amat penting dalam proses pembentukan tulang dan cangkang telur, serta membantu dalam proses membangun sistem saraf dan otot-otot.

Sumber kalsium dari tulang sotong ini juga penting untuk burung betina apabila akan bertelur. Zat yang terkandung dalam tulang sotong ini sebagian besar terdiri atas karbonat (85%). Zat inilah yang dapat membantu dalam pembentukan cangkang telur lebih kuat dan menjamin kehidupan janin didalam telur, dan membantu pergerakan telur yang baik keluar dari rahim burung betina.

Tulang sotong akan dilarutkan oleh asam lambung dan kemudian masuk kedalam sistem pencernaan di mana kalsium dan garam magnesium diserap ke dalam aliran darah. Ketika burung betina hampir bertelur, kalsium dikeluarkan dari aliran darah ke saluran telur sebagai pelindung telur yang masih lunak.

Dianjurkan untuk memberikan tulang sotong ini selama masa pengeraman karena secara logika burung betina membutuhkan kalsium untuk melengkapi kembali kebutuhan untuk tulang dan darah setelah bertelur.

Cara penyajiannya adalah tulang sotong diletakkan dengan cara digantungkan dekat dengan tenggeran agar burung parkit bisa memakannya. Tulang sotong digantung dengan menggunakan kawat.

Dalam satu kandang penangkaran bisa diberikan tulang sotong sebanyak mungkin, karena burung parkit ini suka menggiggit-gigit suatu benda terutama tulang sotong dan kayu. Atau dengan cara lain, yaitu dengan menyisir menggunakan pisau sehingga menjadi bentuk bubuk. Bubuk tulang sotong tersebut diletakkan dalam suatu wadah dengan pakan bijian.

Tauge

Kecambah dari butiran kacang hijau ini mengandung nilai gizi tinggi, murah dan mudah didapat. Kacang hijau termasuk dalam kelas Leguminosae merupakan tanaman dikotil (memiliki dua keping biji) yang kaya akan zat gizi sebagai cadangan makanan bagi embrio selama germinasi (proses berkecambah). Sayuran tunas kacang hijau ini memang telah diakui secara tradisi turun-temurun menjadi ikon lambang kesuburan.

Ini terbukti karena kandungan vitamin selama proses berkecambah dipercaya sangat berpengaruh terhadap fertilitas. Kandungan vitamin dalam tauge terdiri atas:

Vitamin B

Tauge mengandung vitamin B. Kadar vitamin B akan meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat, yang dapat membantu proses pencernaan glukosa ketika glukosa telah dihasilkan maka akan memberi masukan pada sel-sel saraf termasuk sel saraf pada organ-organ kesuburan.

Vitamin C

Vitamin C mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15 mg per 100 gram setelah 48 jam. Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan (fertilitas), jika kekurangan dalam mengonsumsi vitamin C ini dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket yang akan mengganggu pada waktu pembuahan sel telur.

Vitamin E

Vitamin E akan mengalami peningkatan selama berkecambah dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Vitamin ini dikenal untuk kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan hormon testoreon. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Selama proses berkecambah juga terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kenaikan kadar asam amino (unsur-unsur yang membentuk protein) di dalam kecambah. Dalam penelitian mengatakan bahwa tauge merupakan sumber asam amino esensial yang sangat potensial dengan komposisi yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai. S

ehingga tauge ini memposisikan selain sebagai vitamin juga sebagai sumber lemak, mineral, dan serat pangan (dietary fiber). Kadar serat pada tauge mempunyai peran penting untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit yang mengiringi proses penuaan.

Tauge dapat dibuat sendiri yaitu menggunakan bahan 100 gr kacang hijau, wadah berlubang -lubang (bisa pakai bakul bambu, bakul pelastik, kukusan, saringan, dsb), baskom, serbet bersih/tisu dapur, dan air.

Sedangkan cara membuat tauge yaitu dengan cara mencuci kacang hijau sampai bersih. Kemudian merendam kacang hijau semalam, lalu masukkan serbet berseih/tisu dapur sebagai alas dalam wadah berlubang. Kemudian tebarkan kacang hijau diatas serbet. Lalu, siram dengan air sampai keseluruhan serbet alas menjadi basah.

Menutup wadah dengan serbet bersih lainnya dan meletakkan wadah tersebut dalam baskom agar airnya tidak menetes kemana-mana. Menyiram biji kacang hijau dalam serbet tadi sebanyak 3 sampai 5 kali sehari (saat menyiram, angkat wadah dari baskom). Setelah 2 sampai 3 hari sudah tumbuh kecambah, setelah hari ke-5 sudah menjadi tauge yang cukup panjang dan siap panen.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Pakan Burung Parkit Beserta Kandungan gizinya | Penulis | 4.5