Jenis-jenis Mutiara di Dunia

Jenis-jenis Mutiara di dunia.Batu mutiara,hanya orang berduit yang mampu membeli jenis permata mulia ini.Banyak jenis batu mutiara di dunia ini.namun banyak pembudidaya batu permata sekarang ini,yang bisa menurunkan sedikit dari kualitas harga.jenis -jenis mutiara di dunia akan kami jelaskan di bawah.

Ketenaran batu mulia membuat banyak orang tak lagi sungkan untuk memamerkan perhiasannya yang berupa batu permata atau mulia, dari pria hingga wanita. Tak seperti pria, wanita lebih banyak mempunyai variasi perhiasan dibandingkan pria. Salah satu perhiasan mewah dan berkelas yang biasa dipakai oleh wanita adalah mutiara.

Artikel terkait.

Mutiara merupakan batu perhiasan yang didapat dari hewan berjenis moluska atau biasa kita kenal dengan kerang mutiara. Tak sembarang kerang yang bisa menghasilkan mutiara. Di dunia ini hanya ada beberapa jenis kerang yang bisa menghasilkan mutiara.jenis-jenis mutiara di dunia

Di Indonesia sendiri, daerah Lombok merupakan daerah penghasil mutiara berkualitas tinggi. Mutiara dari Lombok dikenal akan kualitas dan keawetannya dan cukup tersohor di dunia internasional. Negara lain penghasil mutiara terbesar di dunia seperti Australia, Jepang, Amerika dan juga sebagian negara Afrika.

Di dunia sendiri banyak sekali jenis-jenis mutiara. Berikut ini beberapa jenis mutiara yang ada di pasaran dan biasa dijual:

1. Big Girls Pealr

Mutiara jenis ini banyak ditemui di daerah Australia dan Indonesia. Mutiara jenis ini memiliki warna putih dan juga variasi kuning. Kerang atau Tiram penghasil Mutiara ini adalah Pinctada Maxima.

2. Akoya

Artikel terkait.

Mutiara jenis ini banyak ditemui di Jepang. Ciri utama dari Mutiara jenis ini adalah bentuknya yang buat sempurna dan memiliki warna yang bervariasi mulai dari putih, kuning dan juga merah muda. Diameter dari Mutiara jenis ini berkisar antara 2 hingga 9 milimeter.

3. Mutiara Hitam (Black Pearl)

Seperti namanya, ciri khas utama dari Mutiara ini adalah warnanya yang gelap atau hitam. Tiram atau Kerang yang bisa menghasilkan Mutiara Hitam ini bernama Black Lip. Harga dari Mutiara Hitam di pasaran cukup mahal.

4. Blister

Mutiara ini banyak ditemui di Negara Amerika Serikat, tepatnya di wilayah Tennese. Bentuk dari Mutiara ini cenderung tidak beraturan. Ciri khasnya satu sisi dari Mutiara ini berkilau, sedangkan sisi lainnya tidak.

Baca juga: Cara tes batu merah delima asli dan palsu

Itu tadi beberapa jenis Mutiara yang ada di dunia. Mutiara-mutiara yang disebutkan diatas umumnya merupakan Mutiara alami yang didapatkan dari Keang atau Tiram liar. Mutiara alami harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Mutiara budidaya yang sekarang ini banyak muncul.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis-jenis Mutiara di Dunia | Penulis | 4.5