Jenis-jenis Formula Dan Ransum Pakan Ayam

Melihat potensi dari bahan baku alternatif sebelumnya, dapat dibuat beragam formulasi pakan yang bisa diaplikasikan. jenis dan formula ransum pakan ayam Masing-masing jenis ayam berbeda formulasinya. Oleh karena itu, peternak ayam atau peramu pakan harus memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan nutrien ayam. Ayam ras berbeda kebutuhannya dengan ayam kampung, baik ayam petelur maupun pedaging.

Formulasi dapat dibuat menggunakan program atau secara manual dengan teknik trial and error. Ragam formulasi tersebut disusun berdasarkan persentase dari setiap bahan baku yang berbeda, tergantung kebutuhan proteinnya. Dengan demikian, kandungan nutrien dari setiap bahan baku yang digunakan juga harus diketahui.cara membuat ransum pakan ayam

Artikel terkait.

formula pakan ayam ras pedaging

  1. Formula pakan yang menggunakan energi dan protein lebih tinggi akan menghasilkan efisiensi pakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pakan yang mengandung nutrien lebih rendah. Namun, harga pakan lebih mahal.
  2. Formula pakan yang mengandung serat kasar lebih rendah akan menghasilkan efisiensi pakan yang lebih tinggi.
  3. Formula pakan yang rendah energi metabolis atau tinggi protein akan menghasilkan lemak abdomen (perut) lebih rendah.
  4. Formula pakan yang menggunakan protein lebih tinggi, tetapi kandungan protein metabolis sesuai standar, akan menghasilkan karkas yang lebih baik dan penurunan lemak karkas. Namun, pakan jenis ini menjadi mahal harganya karena banyak menggunakan sumber protein yang harganya juga mahal.
  5. Formula pakan yang menggunakan herbal pada dosis tertentu dapat menghasilkan daging rendah kolesterol.
  6. Formula pakan yang menggunakan bahan baku pakan sumber omega tiga seperti minyak ikan lemura pada dosis tertentu dapat menghasilkan daging yang kaya omega 3.

AFormula Ayam Ras Pedaging

Formula pakan ayam ras pedaging dapat dikatakan baik bila menghasilkan efisiensi pakan yang tinggi dan memberikan keeuntungan yang tinggi bagi peternak. Pakan ayam ras pedaging sebaiknya menggunakan bahan baku pakan yang berserat kasar rendah dan berkualitas baik untuk dapat memanfaatkan potensi genetik secara maksimal. Peternak juga dapat membuat formula pakan untuk menghasilkan pakan dengan rendah lemak, rendah kolesterol, dan kaya omega 3 dengan teknik manipulasi pakan.

Formula Ayam Ras Petelur

Telur pada ayam ras dapat diproduksi menjadi lebih spesial dengan menambahkan beberapa bahan baku khusus ke dalam pakan.

1. Telur omega 3 (omega 3 PUFA)

Artikel terkait.

Telur omega 3 dihasilkan oleh ayam yang diberikan pakan dengan bahan baku yang mengandung sumber omega 3 tinggi, misalnya minyak ikan. Penggunaan minyak ikan yang tinggi dalam pakan akan memudahkan pakan menjadi tengik sehingga perlu digunakan antioksidan seperti vitamin E, selenium, dan pigmen karotinoid.

2. Telur kaya karotinoid

Untuk menghasilkan kuning telur yang berwarna kuning, dapat digunakan bahan baku yang mengandung karotinoid tinggi seperti jagung kuning dan corn gluten meal (CGM). Dapat pula digunakan ekstrak pigmen herbal seperti karopil dan tepung hijauan. Tepung limbah udang sering digunakan untuk menghasilkan kuning telur berwarna orange.

3. Telur herbal

Telur herbal diproduksi dengan menambahkan herbal ke dalam pakan. Umumnya dosis herbal yang digunakan dalam pakan antara 3-10 kg/ton ransum. Di dalam herbal terdapat zat bioaktif yang berfungsi sebagai antikarsinogennik, antioksidan, antidiabetes, rendah kolesterol, dan meningkatkan kesehatan,.

4. Telur rendah kolesterol

Telur ini mengandung kolesterol 10-15% lebih rendah dari telur normal. Terdapat berbagai cara untuk menghasilkan telur rendah kolesterol, antara lain dengan pakan berserat kasar tinggi, herbal tertentu, atau menggunakan campuran herbal yang disebut jamu.

5. Telur bebas residu obat (green egg)

Beberapa konsumen menginginkan telur yang bebas residu sehingga aman bagi kesehatan. Produksi telur ini dihasilkan dengan menghindari penggunaan antibiotik dan obat-obatan lainnya dalam pemeliharaan ayam seperti anthelmentics atau larvicides. Penggunaan antibiotik sebagai pemacu pertumbuhan atau pencegah penyakit dapat digantikan dengan penggunaan herbal.

6. Telur organik

Telur organik juga banyak disukai oleh konsumen dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Telur organik diproduksi dengan menggunakan bahan baku pakan yang ditanam di dalam tanah. Bahan baku tersebut tidak menggunakan pupuk anorganik dan bebas dari zat kimia. Penggunaan air minumnya bebas klorin dan pakannya bebas antibiotik, koksidiostat, residiu pestisida, dan suplemen asam amino.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis-jenis Formula Dan Ransum Pakan Ayam | Penulis | 4.5