Jenis Itik Buff Orpington-Antona Dan Ma-2000

Jenis Itik Buff Orpington-Antona Dan Ma-2000-Itik Buff Orpington merupakan jenis itik yang pertama kali ditemukan oleh william cook dari orpington, kent, UK. Itik ini pertama kali diperkenalkan pada khalayak ramai pada pameran Dairy Show, The Agricultur Hall (q.v), Islinngton, London pada bulan oktober tahun 1897.

Itik ini dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya. Itik jenis ini menghasilkan telur sebanyak 220 butir telur per tahunnya.

Artikel terkait.

Ancona

Ancona ini merupakan salah satu jenis itik di dunia yang merupakan keturunan dari bebek Runner dari India dan bebek Huttegem dari Belgia. Itik ini dikembangkan di Inggris pada abad ke-20, dan ditemukan di Amerika, walaupun pada saat ini jumlahnya meningkat tetapi telah dikategorikan sebagai bebek yang jumlahnya langka atau sedikit.

Ancona bukan termausk jenis itik yang bisa terbang, itik ini diternakkan, sehingga tidakĀ  bermigrasi. Itik ini adalah jenis hewan yang tenang berkembang biak dengan baik di kolam, kandang peternakan.

Ancona termasuk pemburu yang baik, jenis makanan mereka adalah siput, serangga, atau jenis arthropoda dan sayuran hijau. Jenis Ancona ini biasanya dapat bertelur antara 210 sampai 280 butir per tahunnya.Jenis Itik Buff Orpington-Antona Dan Ma-2000

Ciri fisik Ancona mempunyai bentuk kepala oval atau sedikit cekung, paruhnya panjang, dengan bintik hijau dan bulu di bagian bawah mata. Itik ancona dewasa memiliki berat sekitar 6.5 pounds. Memiliki leher yang panjang dan berbentuk huruf S dengan bagian atas lebih kecil dan bagian bawah yang lebih luas.

Anak Ancona memiliki warna bulu kuning dengan bintik-bintik. Ancona dewasa berwarna putih dengan motif bulu yang tidak sama dengan lainnya.

Artikel terkait.

Motif-motif bulunya antara lain hitam dan putih, biru dan putih, coklat dan putih, silver dan white, lavender dan putih, dan 3 warna. Paling umum warna bulu ancona adalah hitam dan putih, sedangkan kakinya berwarna orannye.

MA-2000

Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi, Bogor, Jawa Barat, berhasil mengembangkan itik MA-2000 yang produktivitasnya tinggi. Rata-rata produksi telur dalam setahun 261 butir/ekor (71,5%). Itik MA-2000 memiliki kelebihan: kerabang telur hijau kebiruan; CV-2000 berwarna putih. Konsumen dalam negeri menyukai telur berkerabang hijau.

Berkat keistimewaan itu, para peternak menjuluki betina MA-2000 sebagai itik ratu. Sang ratu lahir dari persilangan alabio dan itik mojosari terpilih. Parent stock-nya berasal dari itik mojosari dan alabio yang telah diseleksi selama 5 generasi.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Itik Buff Orpington-Antona Dan Ma-2000 | Penulis | 4.5