Jenis Dan Ciri Itik PMp Serta Itik Raja Ratu

Jenis dan ciri Pmp Serta Itik Raja Ratu- Itik PMp merupakan bibit itik tipe pedaging baru yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Ternak di Ciawi-Bogor. Bibit itik secara genetis mengandung kombinasi darah itik Peking dan itik Mojosari putih, dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari tingkat bawah sampai atas dan dapat diproduksi lokal.

Itik ini dapat digunakan untuk menghasilkan karkas ukuran sedang ataupun besar, sesuai permintaan konsumen, dengan kualitas daging itik yang tinggi. Adanya bibit itik yang baru ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan itik tipe petelur dalam penyediaan daging itik yang dapat berakibat pada terjadinya pengurasan sumber daya genetik itik telur.Jenis Dan Ciri Itik PMp Serta Itik Raja RatuSelain itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan daging itik, adanya itik PMp inni juga merupakan substitusi daging itik impor.

Artikel terkait.

Karakteristik produksi ITIK PMp:

  • Warna bulu putih, sehingga warna kulit karkas juga bersih dan cerah
  • Bobot badan 2-2,5 kg pada umur 10 minggu

Jika dikawinkan dengan entog jantan dapat digunakan untuk menghasilkan itik serati dengan:

  • Bobot badan 3 kg atau lebih pada 10 minggu
  • Umur pertama bertelur 5,5-6 bulan
  • Rataan produksi telur 6 bulan 73-78%.

Itik Raja dan Ratu

Itik ini termasuk itik unggul organik yang pertumbuhan dagingnya sangat cepat. Jika berat itik biasa atau itik lokal hanya enam ons pada usia 45 hari, pada usia yang sama berat itik unggul organik mampu mencapai 1,3 kilogram. Itik jenis betina dinamai ratu, sedangkan yang jantan dinamai raja.Jenis Dan Ciri Itik PMp Serta Itik Raja Ratu

Selain pertumbuhan dagingnya lebih cepat, produktivitas telur itik jenis ini juga lebih tinggi dibandingkan itik biasa. Presentase produktivitas telur mencapai 93 persen lebih tinggi dibanding itik biasa yang hanya mencapai 68 persen.

Setiap hari seekor itik mampu menghasilkan satu butir telur selama satu tahun penuh. Biasanya, itik lokal bertelur selama dua sampai tiga bulan, lalu berhenti sekitar satu bulan sebelum bertelur kembali.

Artikel terkait.

Secara visual, itik Raja mempunyai postur lebih besar ketimbang tetuanya. Sikap berdirinya hampir tegak seperti botol. Warna bulunya cokelat kemarahan dengan bintik-bintik cokelat hitam pada bagian dada dan perut.

Warna bulu kepala hitam dan terdapat warna putih di atas mata menyerupai alis yang akan hilang ketika dewasa. Paruh dan kakinya hitam. Sebagai pedaging, jumlah karkasnya (daging dan tulang tanpa kepala dan kaki) sebanyak 57,6%.

Konsumsi pakannya juga sangat efisien dengan rasio konversi pakan (FCR) 1,24. Bila dibandingkan itik lain, daya tahan hidupnya juga lebih tinggi dan tingkat stresnya lebih rendah.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Dan Ciri Itik PMp Serta Itik Raja Ratu | Penulis | 4.5