Jenis Dan Ciri Itik Mule Duck-Serati Dan Tiktok

Jenis dan ciri itik mule duck-serati dan Tiktok-Itik Mule duck adalah itik hibrida pedaging unggul hasil persilangan. Contoh itik ini yaitu sebagai berikut :itik mule duck

  • Itik Tiktok

Itik Tiktok merupakan hasil persilangan antara Entok jantan asal Taiwan dengan itik Alabio betina. Kedua itik ini berasal dari jenis yang berbeda sehingga sulit dikawinkan secara alami. Perkawinannya menggunakan bantuan inseminasi buatan.

Artikel terkait.

Bibit itik tiktok ini dapat dibeli langsung di Balitnak Ciawi, Bogor. Pemeliharaan itik ini dapat dilakukan secara sederhana dan mudah dilaksanakan baik sistem perkandangan dan pakan maupun perawatan itik.

Meskipun pemeliharaan dilakukan secara sederhana tetapi pelaksanaannya harus sesuai dengan tata laksana pemeliharaan itik secara intensif. Kandang yang digunakan merupakan sistem ren dan tidak membutuhkan halaman bermain (playangan) karena kegiatan makan dan minumnya dilakukan di dalam kandang. Kelembapan kandang harus dijaga dengan cara mengatur sirkulasi udara dan cahaya matahari.itik tiktok

Lantai kandang dialas dengan sekam padi atau serbuk gergaji. Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah itik yang dipelihara dan dianjurkan populasinya tidak terlalu padat. Setiap 8 ekor menempati ruangan seluas 1 m persegi.

Pakan yang diberikan harus sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan itik dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Meskipun pakan yang diberikan berasal dari bahan baku lokal (dedak, sagu, jagung, limbah ikan, bungkil kelapa) yang diolah sendiri oleh peternak.

Jumlah pakan yang harus disiapkan sampai panen untuk satu ekor 6-7 kg. Itik umur 1-21 hari membutuhkan protein 21% dan pada umur 22-60 hari kadar proteinnya diturunkan hingga 15,5-16%. Itik tiktok dipilih sebagai itik pedaging karena mempunyai beberapa unggulan diantaranya :

  • Tahan terhadap serangan penyakit, kematian anak itik biasanya hanya disebabkan oleh terjepit di kandang atau basah tersiram air minum.
  • Mortalitas hanya 2-5%.
  • Lama pemeliharaan selama 2-2,5 bulan dengan bobot badan saat panen mencapai 2-2,5 kg per ekor.
  • Berdaging tebal, warna coklat muda dengan tekstur lembut dan bercita rasa gurih.

Meskipun itik ini mempunyai keunggulan sebagai itik pedaging, tetapi juga mempunyai kelemahan, seperti daya tetas rendah, dari 100 butir telur yang menetas hanya 30-40% dan bibit belum tersebar di setiap daerah, masih didatangkan dari Jawa.

Artikel terkait.
  • Itik Serati

Itik serati adalah hasil perkawinan silang antara Entog jantan (bebek manila atau itik muscovy) dengan itik betina lokal yang menghasilkan itik pedaging yang berkualitas tinggi. Itik serati merupakan jenis itik penghasil daging ini, telah diproduksi secara komersial di beberapa negara Asia seperti di Taiwan, dan lain sebagainya. Akan tetapi di Indonesia, itik tersebut belum dikembangkan secara komersial.

Dengan melihat perkembangan akhir-akhir ini, produksi dan permintaan akan daging itik menunjukkan peningkatan sejak para peternak mulai mengusahakan usaha penggemukan itik pedaging dan menjualnya dengan harga yang cukup baik di pasaran.Jenis Dan Ciri Itik Mule Duck-Serati Dan Tiktok

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya restoran di beberapa kota yang menyediakan menu daging itik yang telah dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu.

Di Kalimantan, itik afkir dimasak dan dijual sebagai itik panggang, di Jawa orang makan itik goreng, di Bali dikenal dengan nama masakan “betutu” yaitu masakan itik dengan bumbu yang ditaburi jeruk limau kemudian dipanggang sedangkan di daerah Minahasa (Manado) dikenal dengan menu bebek garo rica dan lain sebagainya.

Itik serati yang ada di masyarakat pedesaan merupakan hasil perkawinan silang antara itik jantan dengan entog betina yang terjadi secara alami. Hal ini kurang efisien karena produksi telur entog betina sangat rendah bila dibandingkan dengan produksi telur itik lokal.

Di samping itu, persilangan antara entog jantan dan itik betina secara alami memiliki kendala lainnya seperti rendahnya fertilitas telur tetas yang berakibat pada kegagalan dalam proses penetasan.

Oleh karena itu, diperlukan upaya lainnya untuk mengantisipasi hal tersebut. Dan salah satu solusinya adalah penerapan sistem perkawinan silang dengan memanfaatkan teknologi Inseminasi Buatan (IB).

Dengan menerapkan sistem produksi perkawinan silang antara itik dan entoq melalui program inseminasi buatan diharapkan akan mampu menghasilkan kualitas sumber telur tetas yang memiliki fertilitas yang tinggi untuk menghasilkan produksi itik serati yang lebih banyak.

Penampilan itik serati

Bila dibandingkan dengan itik jantan pedaging yang digemuukan, itik Serati memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan efisien terhadap penggunaan pakan.

Itik Serati umur 8 minggu dapat mencapai bobot badan hingga 1.8 kg sedangkan Itik jantan yang digemukan hanya dapat mencapai bobot badan seberat 1.3 kg pada umur yang sama atau itik serati tumbuh sekitar 0.5 kg lebih berat bila dibandingkan dengna itik jantan yang digemukan.

Demikian juga dengan penggunaan pakan, itik serati jauh lebih baik dibanding itik jantan yang digemukan. Itik serati hanya membutuhkan sekitar 3.29 kg pakan untuk menghasilkan 7 kg bobot badan, sedangkan itik jantan yang digemukan membutuhkan pakan sekitar 4.24 kg untuk mencapai bobot badan 1 kg.

Hasil penelitian tentang itik serati menunjukan kandungan daging pada bagian dada itik ini, lebih banyak bila dibandingkan dengan itik lokal, demikian juga dengan kualitas daging itik serati tidak berbau amis seperti daging itik lokal umumnya.

Keuntungan Usaha Itik Serati:

  1. Produktifitas lebih tinggi
  2. Pertumbuhan lebih cepat
  3. kadar lemak rendah
  4. Kadar protein tinggi
  5. Efisiensi pakan
Tulisan terkait :
loading...
Jenis Dan Ciri Itik Mule Duck-Serati Dan Tiktok | Penulis | 4.5