Jenis Dan Ciri Burung Merpati Unggul

Jenis dan ciri burung merpati unggulan.Untuk mengutarakan jenis-jenis burung merpati satu per satu tidaklah mudah, sebab ditemukan lebih dari 200 macam burung dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna bulunya. Dengan begitu maka langkah yang baik untuk kita lakukan adalah dengan memilih burung yang menarik perhatian, sehingga kita terdorong untuk memelihara dan mengembangbiakkannya.

Ada yang beranggapan, bahwa burung yang begitu banyak ragamnya itu sebenarnya berasal dari satu macam merpati liar. Orang telah mengembangkannya sedemikian rupa sehingga menjadi jinak, mudah dipelihara, menampilkan warna bulu yang indah, dan memiliki keistimewaan-keistimewaan lainnya yang sangat menarik perhatian orang.

Artikel terkait.

Kombinasi warna, bentuk, dan ukuran pada kepala, tubuh, kaki, paruh, dan bagian-bagian lain dari burung ini telah ikut menentukan keragamannya. Dengan demikian pula kemampuan terbang juga sering dijadikan alasan mengapa orang harus memilih burung tertentu. Dari beragam ragam merpati itu, telah menawarkan kesempatan kepada penggemarnya untuk memilih merpati mana yang patut dipelihara.burung merpati unggulan

Mungkin kita pernah melihat burung dengan paruh kecil panjang, atau kakinya tidak berbulu. Begitu pula ada burung yang kepalanya memiliki ciri-ciri warna yang mantap sehingga seolah bertopi putih atau hitam. Juga bentuk jambul dan bulu-bulu di sekitar kepala dan leher dapat berbeda-beda sehingga memberikan variasi penampilan yang menarik.

Dengan demikian pula variasi pada badan burung, kita akan melihat adanya perbedaan yang sangat mencolok. Ada burung yang gemuk dengan kaki pendek dan ada pula yang langsing dengan kaki panjang. Ada burung yang mempunyai tombolok mengembang begitu besar sehingga kita melihatnya seolah burung dibuat sengsara karenanya.

Dan dengan adanya bulu-bulu yang muncul sebagai ciri khusus maka kita akan melihat adanya burung yang seolah tersiksa oleh bulu-bulunya yang panjang di sekitar leher, atau burung menjadi susah bergerak karena ekornya mengembang bagaikan kipas.

Dilihat dari kemampuannya, ternyata ada merpati yang tidak dapat terbang sama sekali – ini sebagai hasil dari usaha manusia untuk mendapatkan burung dengan bulu khusus – dan ada yang hanya mampu terbang rendah. Dengan adanya kemampuan terbang yang berbeda itu maka orang pun mengenal istilah burung yang mempunyai kemampuan untuk terbang tinggi dan yang hanya terbang rendah.

Oleh karena nama-nama merpati yang banyak itu belum dikenal dalam bahasa Indonesia maka nama-nama yang disebutkan diambil dari bahasa inggris atau nama yang sudah dikenal. Di sini disajikan pengelompokan merpati dilihat dari besarnya (ukurannya), bentukya, warnanya, danĀ  jenis yang dikenal dengan nama merpati pos dan burung yang sedang digemari orang (tenar).

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Jenis Dan Ciri Burung Merpati Unggul | Penulis | 4.5