Jenis Bebek Mandarin – Aix galericulata Dan Swedia Biru

Bebek Mandarin atau bebek China Dan Bebek swedia biru termasuk dalam genus Aix (Aix galericulata), jenis jantan bebek ini memiliki penampilan yang sangat menarik dan memiliki kaitan yang erat dengan bebek kayu (wood duck) Amerika Utara.

Sebutan bebek jantan yang paling cantik merupakan penghargaan yang pantas diberikan pada ke dua genus aix ini.

Artikel terkait.

Tubuh bebek jantan ini, mulai dari kepala hingga bulu ekornya memiliki penampilan warna yang elok dan menarik dengan perpaduan warna yang bervariasi antara coklat putih dan abu-abu atau cokelat kehijauan sedangkan bebek perempuan terlihat biasa.

Unggas elok ini berasal dari negeri China tetapi kini dapat dijumpai di Jepang, Taiwan, sebelah tenggara Rusia, sebelah barat Inggris dan Siberia. Negara-negara di belahan dunia barat mengenalnya lewat burung-burung yang dibawa ke kebun binatang atau induk yang diimpor untuk dipelihara.Jenis Bebek Mandarin - Aix galericulata Dan Swedia Biru

Bentuk tubuh mandarin duck berukuran sedang dengan bobot badan antara 0.5 – 0.7 kg/ekor. Di negeri asalnya, bebek ini disebut sbagai Yuan-yangan. Bebek ini juga melambangkan kebahagiaan dan kesetiaan.

Di alam liar, bebek ini berkembang biak di daerah-daerah padat berhutan rawa serta di dekat danau dan kolam air. Mereka bersarang di rongga-rongga dahan pohon dengan sumber air dan pada musim dingin bebek meletakkan telurnya di dalam rongga pohon setelah kawin.

Itik Swedia Biru

Bebek ini berjenis Swedia biru dimana jenis ini merupakan bebek peliharaan. Jenis bebek ini memiliki berat antara 12 sampai dengan 15 kg, dan bebek jantan memiliki bobot yang lebih berat dibanding dengan betina.Jenis Bebek Mandarin - Aix galericulata Dan Swedia Biru

Artikel terkait.

Bebek Swedia biru memiliki karakter yang tenang serta menyukai areal yang luas dan bebas meskipun terkadang sering terlihat berdiam diri di beberapa titik. Warna biru pada bulu bebek jenis ini disebabkan heterosigositas dalam warna gen.

Tulisan terkait :
loading...
Jenis Bebek Mandarin – Aix galericulata Dan Swedia Biru | Penulis | 4.5