Hama Dan Penyakit Sering Menyerang Burung Merpati

Banyak jenis hama dan penyakit yang sering menyerang burung merpati.selain hama dan penyakit,burung merpati juga rentan terhadap serangan hewan kecil seperti kutu dan tungau.Kutu merpati cukup besar untuk dillihat dengan mata telanjajng, dan kita dapat melihatnya sewaktu mengamati burung. Binatang ini tidak mengisap darah tetapi hidup dari bulu-bulu atau sisik kulit.

Binatang ini hidup dan mati di badan burung tanpa meninggalkan badan burung sekejap pun. Kalau jumlahnya telah banyak, kehadirannya akan mengganggu burung, dan dalam hawa (suhu udara) yang panas perkembangbiakannya menjadi sangat cepat.

Artikel terkait.

Terhadap kutu ini ada pihak yang menyarankan agar burung disemprot pestisida khusus untuk burung. Yang termurah adalah menggunakan sodium klorida dalam bentuk bubuk yang ditaburkan di bawah bulu-bulu burung.binatang penyerang burung merpati

Atau bubuk ini dilarutkan ke dalam air, kemudian burung dicelupkan ke dalam larutan tersebut. Atau memasukkan bubuk ini ke dalam air mandi bagi burung-dalam hal ini larutan yang ada agar benar-benar encer. Melalui cara mandi ini kita perlu memberikannya sekali dalam dua minggu untuk 3 sampai 4 kali pemberian.

Tungau 

Tungau ini sama dengan tungau ayam. Berbeda dengan kutu, tungau lebih sulit ditangani bila jumlahnya sudah banyak di badan burung. Binatang ini akan hidup di celah-celah kandang atau kotak sarang, dan keluar dimalam hari hanya untuk mencari makan. Setelah puas mengisap darah burung, mereka akan bersembunyi di tempat semula.

Untuk mengatasinya tergolong sulit. Oleh karena itu tempat-tempat yang diperkirakan ada tungaunya perlu disemprot degan obat pebasmi tungau ini – belum tentu ada di pasaran. Selain tempat, burung juga perlu dibedaki dengan bubuk obat tungau ini.

Kalau jumlah burung kita sedikit cara demikian tidaklah sulit untuk dilakukan. Tetapi kalau burung kita banyak sekali maka penanganan semacam itu tentu akan sulit dilaksanakan. Pemakaian minyak tanah yang dikuaskan pada celah-celah kandang atau kotak sarang juga dapat mengurangi, bahkan meniadakan tungau ini.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Hama Dan Penyakit Sering Menyerang Burung Merpati | Penulis | 4.5