Gejala Burung Merpati Mengalami Sakit

Banyak tanda-tanda serta Gejala burung merpati mengalami sakit.sakit burung merpati banyak faktor penyebabnya.antara lain adalah serangan lalat pembawa firus.lalat Burung merpati yang lebih kecil dari lalat yang sering ditemukan di rumah-rumah. Lalat ini bukan hanya hadir sebagai pengganggu tetapi juga sebagai pembawa penyakit.

Kalau lalat ini hinggap pada burung dan kita ganggu maka akan terbang dengan sangat lincah atau bahkan menyembunyikan diri masuk di antara bulu-bulu burung. Telur dan larva lalat ini ditempatkan di tepi sarang burng, dan umumnya dipilih sarangĀ  burung yang masih terisi anak burung.

Artikel terkait.

Cara terbaik untuk menanggulangi lalat merpati ini adalah dengan membersihkan sarang secara berkala dan membunuh larvanya, lalu semprotlah kandang dan burung dengan obat yang cocok.akibat burung merpati sakit

Selain binatang-binatang itu, kita akan menemukan beberapa penyakit pada burung merpati, antara lain:

Kanker

penyakit yang disebabkan oleh protozoa ini merupakan penyakit yang umum ditemukan pada merpati. Umumnya ini terjadi pada anak burung yang masih di sarang, tetapi burung dewasa pun dapat terserang.

Gejalanya adalah luka di mulut atau leher yang diliputi cairan kental putih kekuningan. Luka itu membesar dan akhirnya burung pun mati.

Ada beberapa cara penyembuhan yang tergolong efektif. Cara terbaik adalah menyapu luka itu dengan larutan yang terdiri dari 3 bagian glycerin dan 1 bagian jodium (iodine).

Artikel terkait.

Walaupun penyakit kanker ini dapat diobati, tetapi bila burung yang terkena penyakit ini tidak begitu berharga sebaiknya dipisahkan (atau dimatikan) saja agar kandang tidak terjangkit penyakit ini. Ada pihak yang mengatakan bahwa penyakit ini tidak menjalar. Pembersihan kandang dengan bahan desinfektan baik dilakukan.

Kurus (menjadi kurus) :

Burung tampak kurus dengan daging di dada menghilang dan burung kelihatan sakit. Umumnya ini disertai dengan mencret. Sebenarnya kurus ini bukanlah penyakit tetapi merupakan gejala dari penyakit lain.

Merawat burng yang teserang penyakit ini tak ada gunanya bila belum diketahui penyebab sebenarnya. Tetapi suatu bantuan dengan cara membiarkan tembolok burung kempis (kosong) dan kemudian burung diberi minum susu hangat dengan roti dapat menolong.

Tulisan terkait :
loading...
Gejala Burung Merpati Mengalami Sakit | Penulis | 4.5