Formulasi Mencampur Bahan Pakan Ayam

Program formulasi mencampur bahan pakan ayam sudah banyak dijual seperti program formulasi pakan Brill dan WUFF. Program formulasi mencampur bahan pakan ayam akan mempercepat penyelesaian formulasi ransum dan dapat dihitung seleruh kandungan nutrien dari energi metabolis, protein kasar, seluruh asam amino, seluruh vitamin yang larut dalam lemak dan yang larut dalam air, serta mineral makro dan mineral mikro.

Selain itu, program akan mencari formulasi pakan yang paling rendah harganya. Pada prinsipnya, formulasi ransum menggunakan program membuat peternak menentukan kisaran minimal dan maksimal persentase dari penggunaan setiap bahan baku pakan.

Artikel terkait.

Mencampur Bahan Baku Pakan

Pencampuran dimulai dengan menggiling bahan baku pakan yang kasar. Bahan pakan tersebut digiling menggunakan mesin penggiling (hammer mill). bahan baku tersebut antara lain jagung dan bungkil kedelai. Penggilingan bahan baku pakan ini bertujuan agar semua bahan baku pakan dapat tercampur merata.pakan ayam segala umur,ransum pakan ayam jos

Setelah semua bahan baku pakan sudah berbentuk tepung, dilanjutkan dengan menimbang masing-masing bahan pakan sesuai dengan formula yang digunakan. Ketelitian di dalam penimbangan bahan baku pakan akan mempengaruhi kandungan nutrien dalam pakan. Bahan baku pakan yang jumlahnya sedikit memerlukan timbangan dengan skala kecil.

Proses pencampuran bahan baku pakan dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan mixer bila dalam jumlah yang besar. Pada dasarnya, prinsip pencampuran adalah mengusahakan bahan baku pakan tercampur merata (homogen) dan tidak banyak bahan baku pakan yang terbuang.

Jika bahan baku pakan dicampur secara manual, hal yang dilakukan terlebih dahulu adalah mencampur bahan baku pakan yang jumlahnya sedikit seperti premix, garam, DCP, DL-metionin, dan L-lisin dengan bahan baku pakan lainnya sedikit demi sedikit sehingga jumlahnya menjadi banyak.

Pengadukan sebaiknya dilakukan dari bawah ke atas, lalu diratakan kembali, dan diaduk lagi dari atas ke bawah. Alat yang biasa digunakan untuk mengaduk adalah tangan atau sekop (dalam jumlah besar).

Artikel terkait.

CPO atau crude palm oil dapat dicampur secara manual terlebih dulu dengan jagung atau dedak atau pollard dengan cara meletakkan minyak di tengah jagung atau dedak.

Minyak yang dicampur dengan jagung dapat cepat merata, tetapi apabila dicampur dengan dedak padi ataupun pollard, akan terjadi penggumpalan dan harus dihancurkan kembali. Namun, keuntungan dari hal itu adalah dedak padi akan terlihat basah.

Tulisan terkait :
loading...
Formulasi Mencampur Bahan Pakan Ayam | Penulis | 4.5